Perspektif Pendidikan

Berbicara mengenai pendidikan di Indonesia merupakan hal menarik. Pendidkan dalam arti yang kompleks serta semua hal mengenai fakta yang terjadi di lapangan akan saya ungkap disini. Mohon kritik dan saran disini.

ilustrasi keren pendidikan di Indonesia (sumber gambar)
ilustrasi keren pendidikan di Indonesia (sumber gambar)

Aku rasa pendidikan di Indonesia sangat tidak efektif karena siswa seakan dipaksa untuk memahami semua konsep ilmu padahal kemampuan setiap siswa berbeda. Pemerintah seakan tidak mau tahu keadaan generasi muda, yang penting standar yang tinggi dalam ujian nasional. Pemerintah ingin mendapatkan image yang baik di dunia internasional tentang standar pendidikan Indonesia. Tapi dalam hal ini, pemerintah enggan melihat kenyataan dilapangan yang menyatakan lain.

Padahal yang saya tahu semua orang itu pandai, tapi pandai dalam bidangnya sendiri. Semua orang diciptakan sempurna. Jadi mestinya setiap siswa tidak dibebankan untuk mempelajari semua pelajaran yang sangat kompleks tapi belajar pelajaran tertentu sesuai dengan kemampuannya. Hal ini tentu sangat efektif dengan begitu siswa akan belajar sesuai dengan kebutuhan( tidak melampaui batas ) # otak juga memiliki batasan untuk berfikir dan berkerja. Siswa akan lebih mudah menyerap pelajaran yang mereka sukai atau bakat. Selain itu siswa juga akan lebih mudah mengembangkan bakatnya jika mereka mempelajarinya sendiri tanpa tekanan. Sehingga siswa tidak tertekan dan merasa ditekan untuk mempelajari hal yang merupakan bakat minor dari siswa tersebut. Semua ini tentu agar tenaga ahli di Indonesia ini banyak dan tidak lagi mendatangkan ahli asing.

Namun aku juga tahu maksud pemerintah untuk mengajarkan hal yang umum pada setiap jenjang mulai dari SD yang mengajarkan hal dasar dan kompleks sampai perguruan tinggi yang mengejarkan ilmu khusus untuk mencetak tenaga ahli itu hanya untuk memberikan dasar untuk hal yang lebih khusus. Namun, Disisi lain aku juga tidak habis pikir, tanya saja pada para ahli tentu mereka tidak akan lagi tahu mengenai hal / pengetahuan yang ada di SD atau SMP dulu. Mereka tidak akan lagi membutuhkan hal itu. Jadi aku pun turut bingung kenapa hal itu di ajarkan, kenapa tidak dari dahulu saja belajar mengenai hal yang ingin didalami setiap individu.

Jadi kesimpulannya pemerintah itu tidak boleh memaksa setiap siswa untuk dapat memenuhi standar toh semua itu hanya akan membuat siswa stress untuk memikirkan bagaimana cara lulus standar yang diberikan pemerintah. Setiap siswa hendaknya mempertajam bakat yang dimiliki dengan demikian pendidikan di Indonesia akan diwarnai berjuta orang pandai dalam bidangnya sehingga banyak orang ahli dalam bidangnya.

semoga dapat menjadi bahan pikir kita semua.

silahkan komentar dibawah

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s