Sukses SBMPTN 2013

Sukses SNMPTN 2013 merupakan impian anda kan? sudah pasti siswa SMA ingin melanjutkan ke PTN yang favorit. 500.000 siswa saat ini telah bersiap siap menuju jalur masuk PTN. Persaingan masuk PTN terkenal sangat ketat. Jalur masuk PTN sangat banyak salah satunya adalah SBMPTN 2013. (informasi jalur masuk PTN 2013 disini)

Berikut tips sukses SBMPTN 2013 :

Carilah jurusan yang sesuai

Carilah minat dan bakat temen temen terlebih dahulu. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui passion temen temen. Passion ini yang dijadikan tolak ukur pertama dalam menentukan jurusan. Kemudian setelah tahu itu konsultasikan dengan orang tua dan guru BK yang terkait. Hati-hati dalam memilih jurusan, kenali benar benar jurusan yang anda pilih. Jangan sampai salah jurusan seperti saya ya! 🙂

Menjaga kesehatan jasmani

Kesehatan adalah hal yang paling penting dalam menghadapi ujian apapun. Tanpa adanya jasmani yang sehat ujian menjadi tidak konsen sama sekali. Maka dari itu, jagalah kesehatan anda mulai saat ini. Sering olah raga dan atur pola makan sehat. Jangan terlalu memforsir diri sendiri misal dengan belajar terus menerus tanpa istirahat. Jangan belajar hingga larut malam karena hal itu hanya akan mengurangi daya ingat anda.

Menjaga mental

Mental juga tak kalah penting dengan sehat. Mental kuat adalah cerminan diri yang bersih dan jernih. Mental ini harus anda bangun sejak dini. Mental yang seperti apa yang dibutuhkan ketika ujian berlangsung? Mental yang harus disiapkan adalah tidak mudah down ketika mendapatkan cobaan sebelum, ketika atau sesudah ujian. Pasalnya jika ketika ujian kita berlangsung mental kita down karena soal terlalu sulit maka kita akan gugup dan tidak bisa mengerjakan soal mudah sekalipun.

Mencari teman yang ikut ujian

Apa hubungannya mencari teman dengan kesiapan siswa menjalani ujian? Banyak, antara lain anda dapat berdiskusi dengan teman untuk belajar bersama, anda juga dapat mengajaknya bertukar pikiran mengerjakan soal susah. Selain itu anda juga dapat mencari bantuan saat anda dalam keadaan terjepit. Misal ketika anda ujian lupa tidak membawa alat tulis, dengan adanya teman anda dapat meminjam alat tulis teman anda. Itu adalah salah satu guna teman saat ujian.

Latihan soal sebanyak mungkin

Nah ini adalah hukumnya wajib. Tanpa persiapan materi dengan baik, ujian akan menjadi kacau balau. Belajar yang baik ketika akan mempersiapkan SBMPTN adalah latihan soal. Sudah tidak sesuai lagi jika anda membaca materi menguasai materi dan menghafal materi. Itu bukan waktunya lagi. Menurut pendapat saya, anda lebih baik banyak banyak latihan soal. Menurut pengalaman saya bimbel disalah satu lembaga bimbel, bimbel itu lebih menekankan saya untuk banyak latihan soal. Saya rasa di semua bimbel pun sama seperti itu. Mengapa latihan soal? Karena dengan latihan soal anda akan tahu pola soal yang akan keluar dan dapat mengantisipasi atau memperkirakan soal apa yang akan keluar saat SBMPTN nantinya. Latihan soal tidak dibatasi sekat apapun, anda dapat belajar soal dengan teman, buku panduan bimbel, buku suplemen di toko buku banyak, atau meminjam senior anda yang telah lulus SBMPTN.

Mengikuti bimbingan belajar dengan sungguh-sungguh

Banyak teman teman saya yang ikut bimbel asal asalan. Hasilnya pun asal asalan. Jadi jangan sia siakan kesempatan bimbel anda baik disekolahan maupun di luar sekolah. Serius dan sungguh sungguhlah ketika bimbel. Karena ilmu terbanyak adalah ketika menyerap ilmu itu di bimbingan belajar anda.

Cek lokasi ujian

Mengecek lokasi ujian sebelum ujian berlangsung sangat berguna bagi siswa yang akan melakukan ujian. Hal ini dikarenakan anda dapat mengetahui letak ujian, tempat duduk dan jarak dengan rumah anda. Dengan mengetahu itu anda dapat memperkirakan kapan anda harus berangkat tanpa anda telat. Karena ketika anda telat anda terla rugi besar.

Isi biodata dengan teliti

Biodata dalam LJK adalah hal yang paling sensitif ketika ujian. Pasalnya tidak lucu jika anda mengerjakan soal dengan baik dan benar tapi biodata salah. Anda tidak akan berhasil. Jadi jangan sampai salah dalam menuliskan biodata dan kode yang tertera.

Hati-hati dalam menjawab soal-soal SNMPTN

Perhitungkan nilai dan kemampuan anda. Jangan serta merta menjawab soal yang anda anggap ragu dalam SBMPTN. Pasalnya jika anda salah anda akan mendapat nilai minus. Jadi ukurlah kemungkinan peluang anda benar jika anda ingin menjawab soal.

Istirahat

Istirahatlah sejenak sebelum ujian SBMPTN berlangsung. Istirahat ini berfungsi untuk mengurangi tegangan otak dan merefresh otak anda agar dalam mengerjakan soal SBMPTN anda tidak jenuh

Doa

Doa adalah hal penunjang kesuksesan kita. Usaha tanpa doa itu adalah sombong. Minta doa kepada orang tua, kerabat saudara agar bisa sukses SBMPTN.

Meskipun saya dahulu tidak mengikuti SNMPTN tulis saya ingin membagi pengalaman belajar saya. Paling tidak pengalaman ini dapat dijadikan motivasi sekaligus tips sukses SBMPTN tahun ini.

Semoga bermanfaat

dan

Semoga sukses masuk PTN yang diinginkan.

Advertisements

2 thoughts on “Sukses SBMPTN 2013

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s