Hikmah tidur ala Rasulullah

Tidur memiliki makna tersendiri dalam islam. Tidur memiliki beberapa anjuran dari rasulullah sebagai teladan kita. Rasulullah sangat suka tidur tidak terlalu malam. Rasulullah melalukan tidur tidak terlalu malam pasti memiliki hikmah. Hal ini dikarenakan semua perbuatan Rasulullah dibimbing oleh Allah dalam wahyunya. Jadi pasti setiap perbuatan Rasulullah akan senantiasa ada manfaatnya.

Sekarang saya akan membahas hikmah anjuran Rasulullah tentang larangan tidur tidak terlalu malam.

Ibnu Qayyim berkata, “Barangsiapa yang memperhatikan pola tidur dan bangun beliau, niscaya mengetahui bahwa tidur beliau tersebut paling proporsional dan paling bermanfaat untuk badan, organ, dan kekuatan.”

Menurut pengalaman saya, salah satu hikmah tidur tidak terlalu malam adalah kita bisa bangun pagi untuk sholat shubuh tepat waktu. Selain itu, kita akan merasa fresh dan fit ketika bangun pagi pagi. Kita juga mendapatkan manfaat kesehatan jika tidak tidur telalu malam. Bahkan kita akan dapat memanfaatkan waktu pagi kita untuk hal yang positif. Pasalnya pagi merupakan hal yang paling efektif untuk belajar dan kerja otak sedang powerful. Kita yang belajar ketika pagi hari akan mendapat materi yang banyak karena memori otak kita mudah menyerap materi. Selain belajar, sholat kiyamul lail dan membaca Al-Qur’an ketika pagi hari.

“Kemarin saya mencoba membuktikan pernyataan ini. Saya menolak banyak permintaan untuk begadang dari teman teman. Saya sangat suka begadang setiap hari. Namun untuk hari kemarin saya coba untuk tidak begadang dahulu. Saya bersiap siap tidur mulai jam 8 malam. Saya mempersiapkan tidur dengan wudhu terlebih dahulu. Saya juga gosok gigi terlebih dahulu. Hal ini saya lakukan demi mengatur hidup sesuai dengan teladan Rasulullah. Saya tidur tepat jam 9 dengan bacaan do’a. Saya tertidur lelap tanpa mimpi. Dan akhirnya luar biasa, saya bisa bangun jam 4 dan bisa sholat berjamaah di mushola. Saya sangat bahagia dapat bangun dengan fresh”

Hal ini saya perkirakan dapat terjadi karena kita tertidur dalam keadaan fit tanpa capek. Jika kita tidur dalam keadaan fit maka tidur kita menjadi efektif dan bermanfaat. Tidur dalam keadaan capek maka tidur kita menjadi kurang bernilai istirahat. Karena didalam Al-Qur’an tersebut dalam An-Naba’ ayat 9-10 tersebut bahwa :

“dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat,”

“dan Kami jadikan malam sebagai pakaian[1546],”

Namun anjuran ini memilii batasan tersendiri. Batasannya berupa waktu tidur yang tidak terlalu malam bukan berarti setelah sholat maghrib langsung tidur. Tidur yang paling dibenci Nabi adalah ketika tidur sebelum isya’. Sesuai dari sabda beliau yaitu :

“Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘allaihi wasallam membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” [Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647 (235)]

Ini merupakan himbauan yang nyata dari Allah yang telah menciptakan malam untuk tidur kita. Dan Allah membiarkan untuk manusia istirahat diwaktu tidur malamnya. Jadi kita harus memanfaatkan malam tersebut untuk istirahat bukan malah begadang. Begadang tidak berguna bagi kehidupan manusia. Menurut saya begadang malam hari memiliki efek buruk antara lain :

1. Hidup tidak sehat ketika kita begadang malam hari

Kenapa tidak sehat? karena udara malam adalah udara yang minim oksigen. Udara yang sedikit oksigen sangat buruk bagi kita. Tubuh kita butuh oksigen untuk metabolisme dalam tubuh. Jadi ketika udara minim oksigen maka metabolisme tubuh kita terganggu dan kesehatan tubuh pun terganggu.

2. Penyakit pada datang

Malam hari adalah waktu yang digunakan tubuh kita untuk detoksifikasi racun. Detoksifikasi ini terjadi ketika tubuh kita tertidur pulas. Namun ketika kita begadang maka racun tidak terdetoksifikasi. Jadi penyakit akan datang dari racun tersebut.

3. Darah tinggi, paru paru basah, kanker paru paru, kanker otak, tulang keropos, dan osteoporosis

Ketika kita menghirup udara malam yang mengandung banyak uap air maka paru paru kita terisi air. Hal ini menyebabkan paru paru basah. Tulang keropos juga akan terjadi ketika kita mandi malam hari. Osteoporosis adalah konsekuensi dari sebuah panyakit tulang keropos.

4. Bangun tidak fresh

Kita akan capek ketika kita tidur terlalu malam. Badan serasa remuk ketika kita begadang larut malam.

5. Management waktu kacau balau

Ketika tidur terlalu mlaam maka pagi hari akan tersita untuk tidur jadi jadwal keesokan harinya akan kacau.

6. Waktu sholat shubuh terlambat

Maka dari itu, memang benar dalam Al-Qur’an dinyatakan bahwa kita harus tidur ketika malam hari. Dan kita sebenarnya diberi waktu sendiri untuk beraktivitas yaitu siang hari. Sesuai surat An-Naba’ ayat 11 yaitu :

“dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan”

Jadi kesimpulannya dalam islam telah diatur aturan yang baik bagi kita. Saya yakin bahwa islam ini teratur dan adil bagi kita. Kita semua diatur dalam lingkup yang sesuai. Yang saya tekankan disini. Jika tidak terlalu penting untuk begadang, jangan begadang. Ketika malam kita harus tidur tidak terlalu malam dan pagi digunakan untuk bekerja mencari penghidupan.

Semoga Bermanfaat.

Advertisements

4 thoughts on “Hikmah tidur ala Rasulullah

  1. Yang harus diperhatikan bukan tidur malamnya. Tapi kecukupan tidurnya. Kebutuhan tidur orang adalah 8 jam sehari. Sedangkan di usia 20an adalah 8,25-9,25 jam. Pada usia ini juga wajar kalau baru mengantuk setelah lewat tengah malam. Ini disebabkan oleh jam biologis yang sedang menyesuaikan diri. Kurang tidur akan mengakibatkan daya tahan tubuh rendah, kemampuan mental dan kognitif yang menurun serta resiko penyakit-penyakit berbahaya seperti hipertensi dan diabetes.

  2. ya, selain waktu tidur, memang banyak yang perlu diperhatikan dan di kontrol untuk menjaga pola hidup yang sehat. salah satunya dengan durasi / yang anda maksud sebagai kecukupan tidur itu. Thanks ^_^

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s