Mata Kuliah Semester 2 Teknik Material dan Metalurgi ITS

Sehubungan adanya permintaan dari salah seorang teman yang ingin tahu mata kuliah di semester 2 ini. Saya akan menuliskan deskribsi singkat perjalanan kita di semester 2 nanti.

Berdasarkan kurikulum belajar tahun 2009-2014, Teknik material dan metalurgi sudah tercantum beberapa mata kuliah wajib yang harus diambil di semester 2. Adapun mata kuliah wajib tersebut antara lain :

1. Mekanika Teknik

Matakuliah mekanika teknik memiliki kode matakuliah MM091321. Artinya apa kode tersebut, artinnya matakuliah ini berada dalam naungan jurusan Teknik Material dan Metalurgi. MM merupakan kode matakuliah jurusan Teknik Material dan Metalurgi. Mata kuliah ini memiliki 3 SKS artinya dalam 1 minggu terdapat 3 jam mata kuliah. 1 jam mata kuliah berdurasi 50 menit. Jadi setiap minggu alokasi waktu matakuliah mekanika teknik ini adalah 150 menit.

Matakuliah Mekanika Teknik ini mempelajari tentang beberapa aspek mekanika dalam dunia engineering. Aspek yang ditinjau berupa Statika, Kinematika, dan Dinamika. Ketiga aspek ini tidak lepas dalam dunia engineering. Misalnya Mekanika Statika, Ini mempelajari tentang benda teknik yang diam atau setimbang. Mekanika Kinematika ini mempelajari tentang gerak suatu benda teknik tanpa meninjau penyebab geraknya. Sedangkan Mekanika Dinamika kebalikan dari mekanika kinematika yaitu mempelajari tentang gerak suatu benda teknik dengan meninjau penyebab geraknya.

Untuk mempelajarinya lebih lanjut silakann download bukunya dibawah ini

Buku mekanika teknik english version

Buku mekanika teknik indonesian version

2. Kalkulus II

Matakuliah kalkulus II memiliki kode matakuliah SM091202. Matakuliah ini memiliki kode SM apa artinya kita tidak berada dalam naungan jurusan kita. Berarti matakuliah ini adalah matakuliah bersama terintegrasi seluruh jurusan di ITS. Mata kuliah ini memiliki 3 SKS artinya dalam 1 minggu terdapat 3 jam mata kuliah. 1 jam mata kuliah berdurasi 50 menit. Jadi setiap minggu alokasi waktu matakuliah kalkulus II ini adalah 150 menit.

Matakuliah kalkulus II ini mempelajari tentang semua metode pendekatan untuk mendapatkan suatu nilai luasan yang biasa disebut integral. Mata kuliah ini lebih kearah metode metode yang digunakan misalnya reinmen, McLauren, pendekatan limit aturan L’Hopital, metode numerik misal aturan taylor, aturan dalam penerapan luasan atau volume bidang dalam diagram karesius dan lain sebagainya. Selain itu, Kalkulus II juga mempelajari teori teori fundamental kalkulus I, kalkulus II dan teorema dasarnya.

Untuk mempelajarinya lebih lanjut silakan download bukunya dibawah ini

Diktat kalkulus II

Latihan kalkulus II

Materi esensial kalkulus II

3. Fisika Dasar II

Matakuliah fisika dasar II memiliki kode matakuliah MM091202. Artinya apa kode tersebut, artinnya matakuliah ini berada dalam naungan jurusan Teknik Material dan Metalurgi. MM merupakan kode matakuliah jurusan Teknik Material dan Metalurgi. Mata kuliah ini memiliki 3 SKS artinya dalam 1 minggu terdapat 3 jam mata kuliah. 1 jam mata kuliah berdurasi 50 menit. Jadi setiap minggu alokasi waktu matakuliah fisika dasar II ini adalah 150 menit.

Matakuliah Fisika Dasar II ini terdapat banyak topik bahasan. Namun didalamnya terkandung inti bahasan yang sebenarnya dapat dirangkum dalam 3 topik saja. 3 topik bahasan dalam matakuliah ini antara lain : Kemagnetan, Kelistrikan, dan Optik atau Cahaya (optional). Namun dalam kenyataan dilapangan nantinya, akan dibagi menjadi beberapa bab yang sangat kompleks. Kita lihat saja nanti bab apa saja yang akan mucul. Namun setidaknya kita sudah punya gamparan secara garis besar. Itu lebih baik daripada tidak tahu sama sekali tentang apa yang akan kita pelajari di Fisika Dasar II nanti.

Perlu digaris bawahi juga nantinya dalam matakuliah ini, kita akan bertemu dengan praktikum. Dengan kata lain kita akan berjumpa dengan sesuatu yang sangat mengacaukan manajemen waktu kita yaitu lapres.

Untuk mempelajarinya lebih lanjut silakann download bukunya dibawah ini

Bab Potensial Listrik

Bab Hukum Ohm

Bab Medan dan Gaya Magnet

Bab Induksi Elektromagnetik

Bab Cahaya

Bab Geometri Optik

Bab Optika Fisis

 

4. Teknologi Pengolahan Material

Matakuliah teknologi pengolahan material  memiliki kode matakuliah MM093322. Artinya apa kode tersebut, artinnya matakuliah ini berada dalam naungan jurusan Teknik Material dan Metalurgi. MM merupakan kode matakuliah jurusan Teknik Material dan Metalurgi. Mata kuliah ini memiliki 2 SKS artinya dalam 1 minggu terdapat 2 jam mata kuliah. 1 jam mata kuliah berdurasi 50 menit. Jadi setiap minggu alokasi waktu matakuliah Teknologi Pengolahan Material ini adalah 100 menit.

Mata kuliah teknologi pengolahan material ini akan terasa panjang karena dari mengolah batuan menjadi barang useful itu butuh proses yang panjang sekali. Jadi mungkin nantinya kita akan menelaah lebih lanjut metode pengolahan ekstrasi material, blast furnace, metode pembuatan baja atau paduan, sampai pengolahan material manufaktur. Pengolahan yang tidak jarang dibutuhkan dunia kerja sekarang adalah manufaktur dan material advanced karena perkembangan makin pesat teknologi yang digunakan juga akan semakin advanced juga.

5. Kimia Analitik

Matakuliah kimia analitik  memiliki kode matakuliah MM091323. Artinya apa kode tersebut, artinnya matakuliah ini berada dalam naungan jurusan Teknik Material dan Metalurgi. MM merupakan kode matakuliah jurusan Teknik Material dan Metalurgi. Mata kuliah ini memiliki 3 SKS artinya dalam 1 minggu terdapat 3 jam mata kuliah. 1 jam mata kuliah berdurasi 50 menit. Jadi setiap minggu alokasi waktu matakuliah fisika dasar II ini adalah 150 menit.

Matakuliah kimia analitik ini terdapat berbagai macam bahasan. Secara garis besar bahasan dalam kimia analitik ini adalah Analisa data hasil praktikum, Tritrasi, Kromatografi dan Spektrometri. Titrasi adalah pengukuran suatu konsentrasi dengan menggunakan larutan primer yang diketahui konsentrasinya. Sedangkan Kromatografi adalah Kromatografi adalah metode pemisahan yang berkaitan dengan perbedaan dalam keseimbangan distribusi dari komponen-komponen sampel di antara dua fase yang berbeda, yaitu fase bergerak dan fase diam. Sedangkan Spektometri adalah metodde analisa energy cahaya dalam suatu atom, molekul atau gelombang. Didalam matakuliah ini mahasiswa diharapkan teliti dalam mempelajarinya karena ketelitian suatu praktikum kimia sangat penting. Misalnya praktikum titrasi, kesabaran dan ketelitian harus digunakan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Analisa terhadap hasil praktikum juga akan ditelaah didalamnya.

Sudah pasti di matakuliah ini akan ada praktikum. Keep Smile guys 😀

Untuk mempelajarinya lebih lanjut silakann download bukunya dibawah ini

Buku kimia analitik dan praktikumnya

6. Pengantar TIK

Matakuliah Pengantar TIK memiliki kode matakuliah IG091310. Matakuliah ini memiliki kode IG apa artinya kita tidak berada dalam naungan jurusan kita. Berarti matakuliah ini adalah matakuliah bersama terintegrasi seluruh jurusan di ITS. Mata kuliah ini memiliki 2 SKS artinya dalam 1 minggu terdapat 2 jam mata kuliah. 1 jam mata kuliah berdurasi 50 menit. Jadi setiap minggu alokasi waktu matakuliah kalkulus II ini adalah 150 menit.

Pokok bahasan dalam pengantar TIK ini adalah pengimplementasian program computer yang dapat membantu para engineer melakukan tugasnya. Misalnya analisa terhadap korosi dan kegagalan material. Kita membutuhkan teknologi komputasi didalamnya.

7. Bahasa Indonesia

Matakuliah Bahasa Indonesia memiliki kode matakuliah IG091307. Matakuliah ini memiliki kode IG apa artinya kita tidak berada dalam naungan jurusan kita. Berarti matakuliah ini adalah matakuliah bersama terintegrasi seluruh jurusan di ITS. Mata kuliah ini memiliki 2 SKS artinya dalam 1 minggu terdapat 2 jam mata kuliah. 1 jam mata kuliah berdurasi 50 menit. Jadi setiap minggu alokasi waktu matakuliah kalkulus II ini adalah 100 menit.

Bahasan matakuliah ini ya tentu saja tentang kaidah kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Didalamnya pasti terdapat banyak materi tentang penulisan karena nantinya kita akan melakukan TA yang mana harus menguasai kaidah penulisan dengan baik. Mungkin titik berat pada matakuliah ini adalah tentang penulisan EYD.

Tetap semangat menjalani kuliah ya teman teman. Semoga Semester 2 nanti menjadi perjalanan yang indah. InsyaAllah dengan niat yang bulat, usaha yang keras, dan doa yang terus menerus akan menjadikan ilmu di semester 2 nanti dapat terserap dengan baik dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Semoga bermanfaat. Keep Spirit 🙂

#jangan pernah puas dengan apa yang kita dapat di semester kemarin

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s