8 Aspek Kehidupan Manusia

Manusia adalah makhluk tuhan yang paling sempurna karena mereka diciptakan dengan akal sehat untuk berpikir dan dengan hawanafsu. Manusia akan memiliki tingkat derajat lebih tinggi dari malaikat jika mereka menggunakan akalnya dan meninggalkan hawanafsunya untuk beribadah di jalan Allah. Namun Manusia akan memiliki derajat yang lebih rendah dari setan ketika mereka menggunakan hawanafsunya dan meninggalkan akalnya untuk berbuat kemungkaran dan kemaksiatan. Tinggal bagaimana kita mengaturnya sendiri. Apakah kita bisa melengkapi kesempurnaan yang Allah berikan kepada kita? ataukah mlah kita akan terjerumus kearah yang sesat dengan hawanafsu kita? Semuga tergantung kita sendiri.

Dalam hidup manusia terdapat berbagai macam aspek yang pasti ada dalam diri manusia. Aspek tersebut lebih kearah akal dalam otak kita yang telah kita terima dari Allah. Aspek aspek tersebut adalah salah satu bukti kecerdasan otak manusia. Namun aspek tersebut belum pasti telah muncul dalam diri seseorang. Maka dari itu, saya akan mencoba mendefinisikan setiap pengalaman dan pancaindra saya untuk mengetahui aspek aspek dalam diri manusia itu sendiri.

Menurut saya aspek dalam kehidupan manusia ada 8, yaitu :

1. Agama

Aspek ini tentu tidak lepas dari hidup manusia. Semua manusia pasti memiliki hasrat untuk mencari kebenaran dalam hidupnya. Hasrat ini mengarahkan manusia kearah hidup yang nyaman dan tentram. Tentu manusia ingin tentram tidak hanya secara fisikal saja namun jauh dari itu mereka ingin hati yang tentram pula. Itulah fungsi agama sebagai pedoman hidup dan penunjuk kearah yang benar.  Orang tidak beragama sekalipun, mereka pasti ingin memiliki ketentraman hati dan ketenangan hari. Untuk mengetahui ketenangan hati yang sebenarnya dapat di baca disini.

Manusia juga cenderung mencari cari penciptanya. Mereka merumuskan berbagai macam teori agar dapat mengetahui penciptanya. Sebenarnya yang mereka cari adalah tuhan mereka. Mereka cenderung mencari ajaran tuhan yang benar. Manusia memang diciptakan memiliki hasrat seperti itu.

Dalam mengetahui sedikit pengalaman saya dalam mencari kebenaran agama yang sebenarnya ada disini.

2. Akademik

Kemampuan akademik ini mengacu pada intellegence seseorang. Akademik adalah segala sesuatu yang mengacu pada kemampuan seseorang menerima ilmu dalam kehidupannya. Namun dalam kenyataannya, Ilmu dalam bidang akademik ini hanya terbatas pada ilmu eksakta, ilmu sosial dan ilmu terapan lain. Akademik ini terbatas hanya itu karena apa? karena ada ilmu yang dalam lingkup bakat. Jadi seperti seni menggambar, seseorang yang tidak punya bakat maka tidak bisa menggambar dengan baik. Meskipun bisa dipelajari namun butuh waktu yang sangat lama.

Setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda. Namun hal ini bukan berarti orang yang tidak cerdas tidak bisa lebih baik daripada orang yang cerdas. Caranya sangat mudah. orang yang cerdas akan cenderung meningkatkan kecerdasannya dalam bidang tertentu. Jadi bagi anda yang kurang dalam bidang yang sama dengan orang cerdas tersebut maka silakan mencari bidang lain dan tingkatkan kemampuan anda dalam bidang itu.

3. Olahraga

Olahraga ini salah satu bidang dalam hidup manusia yang tidak tergantung pada bakat ataupun kecerdasan. (Olahraga yang saya bicarakan ini bukanlah olahraga yang biasa dilakukan orang hanya untuk kepentingan kebugaran tubuh. Namun bidang olahraga yang saya tulis disini adalah bidang olahraga yang harus ditekuni dan menjadi juara olimpiade.) Olahraga ini merupakan bidang yang hanya butuh latihan sangat keras. Cukup dengan latihan yang sangat keras maka anda akan bisa menguasai olahraga yang anda inginkan.

Maka olahraga ini juga merupakan alat bagi anda yag ingin melatih kerja keras anda. Selain itu, untuk dapat menguasai semua olahraga juga anda butuh keberanian.

4. Seni Musik

Seni musik juga dapat digolongkan bidang manusia yang butuh bakat tersendiri. Pasalnya biasanya orang musik akan dapat menguasai musik tanpa adanya suatu kerja keras. Hanya butuh ketelatenan awal untuk menguasainya. Namun bukan berarti orang yang tak punya bakat musik tidak bisa menguasai musik tertentu. Mereka tetap bisa. Namun ada perbedaan didalamnya, misalnya : Orang yang berbakat musik akan mudah memunculkan insting mereka sedangkan orang yang tidak berbakat cenderung meniru alunan musik dari para pencipta musik. Intinya terletak pada kreativitas mereka. Kreativitas ini yang menurut saya susah untuk dipelajari.

5. Seni Garis (Lurus) / Teknik

Seni teknik berada dalam range arsitek, abstrak lurus, mesin dan lain sebagainya. Ini butuh sebuah ketelitian dan mengandalkan bakat tersendiri. Ketelitian tersebut yang dimiliki seseorang tidak akan mampu mengalahkan bakat dalam bidang ini.

6. Seni Non Teknik

Seni non teknik ini misalnya lukis, rupa, drama, dan benda hidup. Seni ini membutuhkan bakat bukan ketelitian. Disini, tidak ada yang membuat kemampuan ini meningkat selain bakat dari seseorang itu sendiri.

7. Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang dalam hal organisasi setiap elemen pendukung. Kepemimpinan saat ini menjadi sangat penting. Pasalnya orang yang bisa memimpin akan mampu mengarahkan dan mempengaruhi orang lain. Selain dari bakat, kepemimpinan juga dapat dipelajari melalui organisasi.

Orang yang bisa memimpin akan dapat menjadi atasan orang yang sangat cerdas.

8. Sosial

Kemampuan sosial ini tergantung dari watak seseorang. Aspek sosial ini adalah salah satu bentuk kepekaan manusia terhadap sesamanya. Keamampuan ini sangat berharga karena hakikat manusia memang makhluk sosial. Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Pencapaian manusia yang terbesar bukan terletak dari ketujuh poin diatas, namun puncaknya ada di bidang sosial. 7 poin pertama itu adalah bekal manusia untuk mencapai hakikat manusia sebenarnya. Tanpa adanya aspek sosial, 7 poin yang sudah dibangun maka akan sia sia.

Sekarang sudah tau kan aspek dalam hidup manusia.

Untuk apa sih mengetahui bidang dalam hidup manusia? jawabanya adalah utnuk mengetahui bidang kita. Sebenarnya bidang apa yang diberikan Allah kepada kita. Selanjutkan kita akan tahu bidang kita. Kita akan mengembangkannya untuk menjadikan bidang tersebut  luarbiasa. Inilah tujuan saya menuliskan aspek hidup manusia ini.

Hakikat keahlian manusia

Manusia diciptakan dengan dua pilihan yaitu :

1. Menjadi orang yang luarbiasa

Orang yang luarbiasa adalah orang yang memiliki kemampuan hebat disalah satu bidang yang saya sebutkan diatas. Orang ini akan memaksimalkan bidang mereka untuk menciptakan hal yang luarbiasa dalam dirinya. Orang ini memiliki kelebihan diluar batas manusia lain karena mereka lebih fokus terhadap satu bidang saja. Mereka yang sangat ahli dalam satu bidang saja akan dikenal orang.

Kelebihannya : salah satu bidang akan maksimal sehingga akan dikenal luas di dunia.

Kekurangan : bidang yang lain sama sekali tidak dimiliki atau minimal sekali.

Klik disini untuk mengetahui cara menjadi orang hebat

2. Menjadi orang multi talenta

Orang yang biasa adalah orang yang memiliki kemampuan merata dalam segala aspek kehidupan. Orang ini tidak dikenal orang karena tidak ada yang luarbiasa dalam dirinya. Namun semua bakat dan kemampuan dalam orang ini merata. Semua bidang mereka kuasai. Namun bidang yang dikuasai tidak dapat maksimal. Tingkat keahliannya adalah dalam tingkat sedang, tidak maksimal atau tidak minimal.

Kelebihannya : Mereka menjadi multi tanlenta

Kekurangannya : Mereka bisa semua bidang tapi tidak ada maksimal

Klik disini untuk mengetahui cara menjadi orang multi talenta

Sekarang tinggal kita milih, ingin jadi orang luarbiasa atau multi talenta.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s