Ideals of the Past

Jember is ideals of the past

Tour pertama kenanganku, aku mulai dengan Jember.

Alasanku memilih Jember adalah karena Jember memiliki banyak cerita hidupku. Aku hanya ingin mengingatnya kembali dalam sebuah tulisan kecil ini. Semoga nanti kelak aku dewasa, catatan kecil ini masih ada dan membuatku teringat kembali ke masa laluku.

Kenanglah sesuatu yang baik dan membuatmu lebih baik daripada memikirkan masa depan yang belum pasti keadaannya.

–Hafidh / 03 Februari 2013

Ketika aku SMA, aku sering mengikuti lomba kimia. Aku sangat suka dengan ilmu kimia. Karena sangking sukanya, disetiap lomba yang diadakan oleh universitas ataupun swasta aku mengikutinya. Aku juga jarang melewatkan kompetisi kimia jika tidak ada halangan. Bagiku langkah demi langkah mengikuti lomba kimia sangat berarti. Dengan mengikutinya aku memiliki wawasan kimia lebih daripada teman temanku disekolah. Olimpiade kimia dan ilmu kimia adalah semangatku untuk belajar disaat kuliah.

Namun sebenarnya aku tidak begitu  suka dengan bidang kimia awalnya. Aku hanya terpaksa menyukai kimia karena sesuatu yang mendesak. Sesuatu tersebut adalah ambisi. Dalam benakku kimia adalah ilmu baru di SMA. Oleh karena itu ini aku jadikan motivasi untuk mempelajari kimia lebih dalam. Tentu saja teman teman SMA juga tidak akan mengerti kimia terlalu dalam. Jadi ketika aku mempelajarinya lebih dalam maka kemungkinan menang untuk lomba kimia akan semakin besar.

Aku sadari memang ketika awal mengikuti olimpiade kimia berat rasanya. Olimpiade kimia terasa sangat susah karena ilmu ketika aku kelas 1 sangatlah minim. Namun, aku yakin ini adalah awal dan aku yakin nantinya seiring dengan bertambahnya ilmu kimiaku aka nada hasilnya. Kemenangan lomba kimia menjadi tujuanku kala itu.

Perjuangan ketika di Jember merupakan salah satu awal aku dalam mengikuti lomba kimia. OKI adalah kegiatan Olimpiade Kimia Indonesia yang diadakan UNEJ dan terintegrasi seluruh Indonesia. OKI tahun 2009 adalah even kimia tim. Jadi kala itu aku 1 tim dengan mas ghulam. Aku pilih mas ghulam sebagai partnerku karena kepandaiannya yang aku akui sejak SMP. Ketika aku ke jember bersama rombongan dengan SMAku, aku belajar maksimal berharap paling tidak aku lolos olimpiade tahap penyisian. Aku belajar sampai menjelang olimpiade dimmulai. Aku belajar bersama satu rombongan dari SMADA, antara lain (seingatku) : mas ghulam, mas rama, mbak oca, lukita, yasa, dll yang aku lupa siapa aja ahahah.. Mas Rama adalah salah satu anak OSN tingkat nasional bidang kimia. Mas Rama dan Mbak Oca adalah tim yang diunggulkan untuk menang. Mereka sudah kelas 3.

Ketika mengerjakan soal, soal olimpiade terasa sangat susah. Soal yang diberikan sedikit materi kelas 1 sehingga aku sangat kesulitan mengerjakannya. Aku juga kala itu sedang tidak fit dan flu. Namun aku sangat bersemangat mengerjakannya. Setelah selesai mengerjakan soal, ada sedikit brifing mengenai jurusan kimia UNEJ dan UNEJ sendiri dan tentang olimpiade ini. Setelah itu, aku dapat snack dan diperkenankan untuk meninggalkan ruangan. Waktu waktu ini adalah waktu yang sangat menegangkan karena pengumuman akan segera diumumkan siapa yang berhak maju ke babak berikutnya.

2 jam berlalu aku menunggu. Pengumuman pun akhirnya ditempel di daerah lab kimia belakang. Aku melihat ternyata timku kalah. Dengan sedikit kecewa aku meninggalkan kertas pengumuman. Namun teman temanku tetap disana dan rebut. Mereka rebut karena tidak percaya bahwa tim yang kami unggulkan dari SMADA tidak lolos. Kemudian kami rombongan SMADA bergegas mencari panitia untuk mengajukan protes. Akhirnya panitia menyanggupi protes tersebut untuk diadakan penghitungan ulang. Ternyata dugaan kami benar, terjadi kesalahan data. Akhirnya mas Rama dan mbak Oca menjadi satu satunya tim yang lolos. Kemudian kami menunggu brifing untuk babak selanjutnya. Sembari menunggu brifing, aku beli cilok di dekat kampus itu. Setelah selesai brifing kami pun bergegas pulang karena hari sudah sore.Ketika pulang aku berada dalam kol dan menghadap kebelakang. Hal ini mengakibatkan aku sedikit pusing karena jauhnya perjalanan.

Ini adalah awal ceritaku di jember.

Jember, Kampus Utama Gedung Matematika FMIPA Universitas Jember

Nantikan kelanjutan ceritanya di posting berikutnnya

Cerita sambungan “Gemblengan 4 Hari”

Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Ideals of the Past

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

