Percobaan yang Kedua

Gemblengan 4 hari

Setelah aku menjalani OKI 2009, aku ada job ke Jember lagi. Kali ini bukan untuk lomba maupun olimpiade tetapi untuk pembekalan materi Olimpiade kimia. Pembekalan materi dilakukan di UNEJ selama 4 hari. Pembekalan ini ditujukan untuk menghadapi OSK 2011. Aku bersama dengan rombongan dari SMAku dan SMA lain di asramakan di daerah UNEJ. Aku dan 3 temanku mewakili SMA N 2 Lumajang dalam bidang kimia untuk mendapat pembekalan ini. 3 temenku lain adalah nur, lukita, dan nike. Dan banyak temanku dari SMA N 2 Lumajang yang mewakili bidangnya masing masing antara lain : alfi ester, elisabet, nella (biologi) dan TIK anak kelas 10 semua.

Aku dan teman teman berangkat dari Lumajang menggunaan mobil taman dan mobil sekolah. Aku sampai di asrama sore hampir maghrib. Aku langsung check in. Na’asnya aku adalah satu satunya cowok diantara temen temen ku yang kelas 11. Ini yang membuat aku terpencar dari temen temenku yang lain. Aku sendirian diantara temen temen SMA lain dalam satu kamar. Sedangkan temenku kelas 10 berada di kamar sebelah.

Awalnya aku merasa enjoy dengan mereka di kamarku. Aku banyak mengambil hikmah diantara mereka. Aku banyak belajar dengan mereka. Apalagi temen temen dari SMA N 1 Probolinggo dan SMA N 1 Bondowoso serta dari Glagah banyuwangi. Temen baruku memiliki cara belajar sendiri. Dan aku melihat mereka semua adalah siswa rajin. Belajar sampai larut malam. Aku yakin mereka semua hebat. Namun ada juga yang bermain terus tidak belajar. Aku tidak tahu apa yang mereka pikirkan mengapa mereka kesini hanya bersenang senang saja. Namun lama kelamaan mereka mengejekku karena aku tidur sore dan kedinginan tanpa teman. Aku sangat risih dengan ejekan itu. Aku bangkit dari tidur dan belajar sampai malam dan keluar untuk bermain daripada di dalam kamar tidak ada yang kenal.

Setiap pagi sampai sore aku dan temen temen belajar kimia dengan dosen. Disaat itulah aku kenal berbagai macam temen hebat dari SMA lain missal dari kencong. Mereka memiliki minat dan power disetiap materi yang disampaikan dosen pembimbing. Materi materi yang di sampaikan dosen bervariasi tergantung dosen yang member materi. Aku dan temen temen juga diberi latihan soal yang menantang dan sesui dengan materi olimpiade. Itulah hari hariku ketika belajar disana.

Selain aku belajar dengan dosen dan teman teman. Aku juga bermain bersama teman baru. Aku dan temen temen sempat berfoto foto disepanjang jalan dan di daerah belakang Matematika FMIPA (aku sudah lupa gedung apa itu ahahah).

Ketika malam tiba, kami teman teman dari lumajang suka main bareng dan belajar bareng. Kami biasanya main ke kampus dan mencari makan disana. Meskipun kami sudah dijammin makan di asrama namun kami ingn menikmati masakan berbeda. Padahal di asrama sudah sangat enak asalkan pandai memilih waktu karena biasanya kalau terakhir terakhir bisa tidak kebagian. Kami hanya ingin merasakan indahnya malam di Jember. Kami makan di lalapan depan kampus dan berjalan jalan hingga ke gramed. Kami sangat senang sampai di gramed karena maklum lah di Lumajang tak ada toko buku sebesar gramed. Aku pun membeli buku Olimpiade kimia kala itu. Kami pun pulang ketika malam sudah mulai larut.

Selain bermain di daerah kampus kami juga biasa berkumpul kumpul di depan asrama untuk belajar dan ngobrol. Perkumpulan itu kalau tidak salah pada malam ke tiga. Acara tersebut awalnya hanya ingin belajar dan ngobrol saja. Namun lama kelamaan kami curhat dan saling berbagi satu dengan lain. Dan akhirnya kami bermain suatu permainan yang digunakan untuk mengetahui rahasia teman kita. Akhirnya kami semua (aku nur ester nella lukita) saling mengetahui rahasia masing masing. Malam itu sangat berarti bagiku.

Selama 4 hari aku ada disana banyak ha yang membuatku termotivasi dan terinspirasi misalnya :

“Belajarlah apapun lebih cepat dari perkiraan orang lain.”

–Hafidh Frian Perdana 03-02-2013

Terinspirasi oleh salah satu temen yang telah menguasai biologi lebih cepat dari teman temannya. Dia adalah anak OSN biologi SMP. Dia sudah mengikuti OSN biologi di medan. Keren bukan? Bahkan dia ingin mengikuti OSN SMA ketika dia masih SMP.

Semoga bermanfaat

Nantikan kronologi berikutnya

Sambungan cerita “Kisah yang Begitu Berarti”

Happy writing all

2 thoughts on “Percobaan yang Kedua

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

