Struktur Atom

Setiap atom memiliki sebuah inti atom yang tersusun atas proton dan elektron dan dikelilingi oleh elektron. Muatan proton dan elektron sama yaitu 1,6 x 10-19 Culoumb namun terdapat perbedaan pada tanda positif untuk proton dan negatif untuk elektron. Sedangkan massanya sangat kecil, proton memiliki massa 1,6 x 10-27 kg sedangkan elektron memiliki massa lebih kecil daripada proton, massanya elektron adalah 9,1 x 10-31 kg.

Setiap unsur kimia memiliki karakteristik tersendiri. Karakteristik secara kuantitatif biasanya ditunjukkan pada jumlah proton setiap unsur tersebut. Jumlah proton pada setiap unsur merujuk pada nomor atom Z. Di dalam keadaan dasar suatu unsur memiliki jumlah proton dan elektron yang sama. Sedangkan massa suatu unsur merupakan jumlah massa proton dan massa neutron pada nukleus. Massa proton semua unsur sama, namun neutron mungkin sebuah variabel. Oleh karena itu, terdapat satu atau lebih unsur berbeda namun memiliki jumlah proton sama biasanya dinamakan isotop. Sedangkan satu atau lebih unsur berbeda yang memiliki jumlah massa yang sama dinamakan isobar dan satu atau lebih unsur berbeda yang memiliki jumlah jumlah neutron sama dinamakan isoton. Unsur yang terdapat di alam kebanyakan terdapat sebagai campuran isotop. Massa atom relatif (Ar/Mr) dari suatu unsur dapat dicari dengan menjumlahkan persentase masing-masing isotop dari atom terhadap nomor massanya. Karena setiap isotop mempunyai massa yang berbeda, maka harga massa atom setiap unsur merupakan harga rata-rata seluruh isotopnya. Kelimpahan isotop dialam dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut :

Massa 1 atom X rata-rata = {(%X1.massa X1) + (%X2.massa X2)}

Dimana :

% X              =     persentase atom

Massa X1    =     massa isotop ke-1

Massa X2    =     massa isotop ke-2

Massa Atom relatif adalah perbandingan relatif massa atom unsur tertentu terhadap massa atom unsur lainnya. Satuan Massa Atom disingkat sma.

1 sma =  x massa atom C-12

Jika massa atom Karbon (C) adalah 12,01115 » 12 maka perhitungan massa atom relatif dilakukan dengan cara sebagai berikut :

Karena massa atom C-12 sama dengan 1 sma, maka

Yang berarti :

Ar X = massa rata-rata 1 atom unsur X » Ar X = pembulatan massa rata-rata 1 atom unsur X

Massa Molekul Relatif adalah perbandingan massa 1 molekul unsur atau senyawa terhadap massa atom C-12 dan dirumuskan sebagai berikut :

atau

Mr = jumlah total Ar unsur-unsur penyusun senyawa

Atau

  Mr = S Jumlah Atom. Ar.b 

Jumlah Atom adalah hasil perkalian antara indeks dan koefisien. Indeks menyatakan jumlah atom masing-masing unsur yang ada didepannya. Jika terdapat indeks ganda (indeks didalam kurung dan indeks diluar kurung), maka terlebih dahulu dilakukan perkalian antar indeks untuk mendapatkan indeks yang akan dikalikan dengan koefisien nantinya.

Penulisan indeks dan koefisien dilambangkan sebagai berikut

dimana,

Slide1

a     =     koefisien

b     =     indeks

X    =     lambang unsur

Jadi biasnya dalam ilmu kimia massa sebuah atom dituliskan dalam satuan amu atau sma. Pengajian ulang menunjukkan bahwa mole adalah satuan universal dalam perhitungan kimia. Dalam satu mole molekul terdapat 6,02 x 1023 partikel. Angka tersebut dinamakan bilangan avogadro karena yang mendefinisikan jumlah partikel adalah Avogadro.

Model atom

sepiamodelatom

Model atom klasik tidak mampu menjelaskan banyak mengenai banyak fenomena elektron. Permasalahan yang dihadapi kimiawan klasik adalah tentang keberadaan elektron dan energi dalam elektron. Dengan adanya gebrakan dari konsep atom bohr sebagai awal kimia modern, titik terang mengenai fenomena elektron semakin terbuka lebar. Bohr menjelaskan dalam eksperimennya tentang prilaku elektron pada atom hidrogen. Bohr menyatakan bahwa elektron berputar mengelilingi inti atom dengan energi tertentu. Elektron mampu melepaskan atau menerima energi ketika elektron berpindah kulit. Bohr juga menambahkan bahwa elektron tidak mampu ditetapkan secara pasti keberadaannya. Bohr hanya menjelaskan tentang kemungkinan besar elektron ditemukan. Tempat dimana kemungkinan terbesar ditemukannya elektron adalah orbital.

orbit_2

Orbital juga sering disebut awan elektron

neils-bohr-model-atom

Ini adalah sedikit review sejarah model atom.

Bilangan Kuantum

improved-bohr-2

Tabel Periodik Unsur

periodic table of elements - hmpublishing.com

Konfigurasi Unsur

view.php

Aturan Aufbau

    ptqm1  

Semoga Bermanfaat Review Pendek Ini

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s