Cara Belajar ala Penulis Part 2

Assalamualaikum

Bertemu lagi dengan aku, hafidh. Aku masih ingin bercerita banyak tentang cara belajarku.

Mungkin anda belum mengerti pentingnya cara belajar untuk menggapai nilai maksimal dalam bidang akademik. Ketika anda masih merasa kesulitan mempelajari sesuatu, masih merasa susah dalam mengerjakan soal ujian baik ujian semester ataupun UN, masih merasa bahwa belajar adalah hal yang susah untuk dijadikan kebiasaan maka anda perlu banyak ngobrol dengan saya. Saya akan menjelaskan bagaimana mengenali karakter belajar yang menyenangkan dan sesuai dengan  diri anda sendiri. Alhamdulillah saya telah lama menelaah berbagai cara belajar yang menyenangkan dan tidak menjenuhkan. Dan kini waktunya saya berbagi kepada sesama untuk membantu menyelsaikan problem belajarnya.

Kalau diposting sebelumnya saya banyak bercerita bagaimana saya menganalisa sesuatu maka kini saatnya saya akan banyak membahas mengenai cara menghafal.

Aku tidak memiliki cara khusus dalam menghafal. Aku sama seperti kebanyakan orang dalam menghafalkan sesuatu. Aku biasanya menulis hal hal penting dalam belajar. Aku menuliskan poin poin yang menjadi inti dari meteri tersebut. Tetapi sebelum itu aku membaca materi dengan hati hati. Intinya aku merangkum semua materi yang perlu dihafal.

Ini sangat baik untuk soal essay.

Namun ini sangat tidak cocok diterapkan pada soal pilihan ganda.

Untuk mengerjakan soal pilihan ganda, aku memiliki tips khusus yaitu :

Sebenarnya sama saja sih ditulis tapi yang ditulis adalah hal yang penting ( misalnya langkah, proses, tanggal ataupun nama lain ) dan bukan ide pokok dari materi tersebut.

Sedikit hal yang mungkin bisa jadi referensi teman teman. Bisa diterapkan langsung lho, semoga bermanfaat.

Semangat ya untuk temukan cara belajar terbaikmu.

2 thoughts on “Cara Belajar ala Penulis Part 2

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

