Kebohongan bagai Narkoba

Assalamualaykum

Bismillahirahmanirahim,

Bohong adalah proses memalsukan, menutupi, atau memberi keterangan yang tidak sesuai terhadap sesuatu untuk keperluan tertentu.

Jujur sangat susah dicapai untuk sebagian orang,  sedangkan

Bohong sangat susah dicapai oleh kebanyakan orang.

Apa pentingnya kita tahu mengenai kebohongan?

Mengetahui kebohongan dapat mendorong kita untuk intropeksi diri dan terus berbenah dalam hidup untuk mendekati akhlak yang baik (khusnulkhotimah). Mengetahui kebohongan juga dapat membuat kita lebih berhati-hati lagi dalam bercakap dan memberikan keterangan kepada orang lain. Pasalnya kebiasaan berbohong akan menjadi susah dihindarkan ketika sudah coba seperti halnya narkoba yang telah menjerat penggunanya hingga sakaw ketika tidak menggunakannya.

Lantas setelah kita tahu tentang kebohongan yang telah kita lakukan itu salah,

Apa langkah selanjutnya?

Langkah selanjutnya adalah mengetahui penyebab kita berbohong. Dengan kita tahu penyebab kita berbohong maka kita akan tahu cara menjegah dan mengatasi kebiasaan berbohong.

Penyebab orang berbohong adalah kebiasaan dari orang itu sendiri. Banyak orang berbohong untuk menutupi sesuatu agar reputasinya dan hal yang dirahasiakan tetap terjaga. Orang biasanya berbohong untuk menutupi kebohongan yang pernah dilakukan.

Ibarat air bocor pada bendungan, maka kita cenderung ingin menutupinya. Dan ketika terjadi kebocoran lagi maka kita akan menutupinya lagi dan lagi. Begitu pula bohong ketika sudah bohong satu kali maka kita akan mencoba menjaga kebohongan itu hingga tetap terjaga agar kebohongan kita terbongkar. Rasa takut akan terbongkarnya kebohongan masa lalu menjadi dorongan yang sangat kuat untuk kita tetap berbohong lagi dan lagi.”

Ini adalah penyebab susahnya menghilangkan kebiasaan berbohong. Orang juga susah meninggalkan kebiasaan berbohong karena orang suka melebih lebihkan cerita. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika kita cerita mengenai sesuatu tanpa ada tambahan atau parafrase maka cerita tersebut akan datar saja. Namun ketika cerita tersebut dibungkus dengan sedikit tambahan maka cerita tersebut lebih hidup. Kebiasaan manusia pada umumnya senang melebihkan keterangan atau cerita yang telah ia terimanya.

Kebiasaan berbohong memang susah untuk dihentikan. Namun bukan berarti tidak bisa dihilangkan. Terlebih ketika kita telah berbohong untuk banyak hal dan kita mencoba untuk menutupinya lagi. Lantas untuk mencapai kehidupan yang indah tanpa berbohong maka kita hendaknya menyiapkan trik khusus untuk mencegahnya dan trik khusus untuk mengatasi kebiasaan bohong.

Tips untuk mencegah kebohongan :

Tanamkan jiwa berani menanggung resiko atas apa yang telah diperbuat.

Menanamkan karakter tanggung jawab memang tidak mudah. Butuh waktu yang lama untuk bisa bersikap tanggung jawab terhadap semua perbuatan. Tetapi dengan kita tahu hikmah dari tanggung jawab yaitu memperoleh label jujur, hendaknya kita terdorong untuk tanggung jawab. Tetapi kalau ada yang tanya hubungan antara tanggung jawab dengan jujur apa? Maka jawabanya mudah saja jika kita tanggung jawab maka kita akan berani menanggung resiko yang akan diambil ketika kita jujur. Biasanya bohong akan menimbulkan hal yang enak. Tetapi hal yang menyenangkan tersebut hanyalah sesaat karena ketika kebohongan kita terungkap maka kesengsaraan yang sesuangguhnya akan mendekat.

Tips untuk mengatasi kebiasaan berbohong :

Tegas

  1. Tegaskan dalam diri anda bahwa bohong itu buruk dan harus segera ditinggalkan.
  2. Tegaskan dalam diri anda bahwa anda berani untuk menanggung resiko akibat kebohongan anda selama ini dan bersegera untuk menata hidup dengan indahnya kejujuran.
  3. Tegaskan dalam diri anda bahwa akhir dari kebohongan adalah hal yang indah yaitu kejujuran

Dimanapun dan kapanpun, kejujuran akan selalu menjadi hal utama.

Jujur adalah permata hidup. Kehidupan hancur, pemerintahan hancur, aspek sosial hancur, peradaban hancur akibat pemain didalamnya tidak jujur. Maka kita hendaknya sama sama mendekatkan diri pada Allah dan berdoa agar senantiasa diberikan kekuatan untuk jujur dan menanggung resikonya karena lahaula walakuwwata illabillah (tiada daya dalam diri kita selain daya dari Allah)

Semoga bermanfaat

Advertisements

One thought on “Kebohongan bagai Narkoba

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s