Motivasi Hidup

Bismillahirahmanirahim,

Kita terkadang membutuhkan motivasi hidup dalam menjalani hidup ini. Jalan hidup kita tentu tidak semulus dengan apa yang kita harapkan. Tentu saja idealnya hidup ini tidak pernah kita capai dan malah naik turunnya mood menjadi keseharian kita. Kadang kita sedih, marah, senang, semangat, down, sumpek atau kecewa. Banyak orang tidak tahu tentang cara mengendalikan diri mereka ketika senang atau sedih. Ketika orang sedih dan down, mereka sering kesulitan dalam normalisasi emosi mereka agar bisa kembali bersemangat untuk hidup. Kadang hal itu membuat kita berpikir bagaimana cara kita mengendalikan diri kita di saat-saat tertentu. Tidak mudah bagi seseorang untuk mengendalikan emosi untuk tetap pada garis datar kehidupan.

Disini aku tidak akan mengulas banyak tentang cara mengendalikan diri karena aku masih belum bisa mengendalikan diriku sendiri. Aku akan mengulas banyak tentang motivasi diri.

Motivasi adalah dorongan dalam diri kita akibat aspek internal atau eksternal yang membuat kita bersemangat melakukan sesuatu itu.

Apa pentingnya tahu motivasi diri itu?

Motivasi sangat penting untuk membuat kita lebih bersemangat dalam menjalankan suatu aktivitas. Motivasi sangat diperlukan ketika kita sedang down sedih susah kecewa alau malas. Motivasi akan memunculkan impuls-impuls yang mendorong gairah dalam hidup. Motivasi juga akan membantu kita memaksimalkan aktivitas dengan tujuan tertentu. Selain itu, motivasi juga dapat memaksimalkan hasil yang bergerak menurut fungsi waktu sehingga menghasilkan limit waktu yang lebih pendek.

“Ketika anda mendapatkan hasil yang kurang memuaskan dalam bidang tertentu maka anda akan dilanda kekecewaan. Kekecewaan itu akan berimbas pada aktivitas anda selanjutnya karena rasa itu akan membuat anda tidak semangat. Oleh kerena itu diperlukan motivasi diri dalam menyelsaikan masalah itu.”

Kenali datangnya motivasi

Motivasi bisa datang dari manapun baik dari luar maupun dari dalam.

Motivasi dalam misalnya :

Berbicara dalam diri sendiri tentang hal yang positif

Tidak dapat dipungkiri bahwa motivasi ini adalah motivasi yang mengambil peran besar dalam mengendalikan motivasi diri. Sugesti positif dalam otak pada hati kita untuk tetap tegar menjalani hidup, untuk tetap bersemangat dalam hidup, dan untuk merasakan beratnya kehidupan adalah hal yang ampuh dalam mengatasi low motivation. Mengembalikan semuanya pada tujuan hidup juga salah satu alternatif memunculkan motivasi. Dengan kita tahu tujuan hidup ini maka gairah untuk mencapainya akan semakin terasa pula.

Dorongan alami

Dorongan alami ini memang sudah tercipta dalam diri manusia. Manusia diciptakan Allah memiliki kecenderungan baik karena adanya akal dan kecenderungan buruk akibat adanya nafsu. Itu telah dikodratkan Allah. Allah menyerahkan semua pilihan terhadap kita. Kita diberi kebebasan untuk memilih menggunakan akal atau hawa nafsu kita. Namun dalam kenyataannya, ketika kita telah memilih salah satu maka dorongan hati kecil itu sebenarnya masih ada.

“Ketika seseorang melakukan keburukan maka hati kecil sebenarnya telah bilang pada diri kita bahwa itu adalah perbuatan salah dan jangan dilakukan. Sebaliknya demikian pula ketika kita melakukan keburukan kita akan selalu dibayang-bayangi dengan kesenangan hawa nafsu sehingga kebaikanpun menjauh.”

Hal itu hanya tentang bagaimana kita mengendalikan keduanya dengan segala potensi yang ada

Motivasi luar misalnya

Orang terdekat

Nah, ini yang paling ku suka. Teman dekat memberikan kita pandangan lain kehidupan ini. Mereka memiliki pemikiran yang berbeda beda dengan watak yang beda pula. Mereka yang tahu kita lebih dalam akan banyak mempengaruhi cara berpikir kita. Ketika kita sedang low motivation, maka teman terdekat yang akan membawa pengaruh semangat lagi. Mereka memberikan aura semangat ketika kita nyaman bersamanya. Tentu tidak semua orang mampu memaksimalkan peran orang terdekat dalam hidup kita.

Terkadang hikmah dari pengalaman, kejadian, masa lalu kita dan teman dekat kita akan menjadi motivasi tersendiri untuk memberi semangat dalam hidup. Ketika misalnya teman kita mendapatkan sesuatu yang menurutnya luar biasa kita akan cenderung termotivasi untuk bisa melakukan lebih daripada dia. Meskipun cara ini sedikit terkesan ingin bersaing namun sebenarnya ini adalah kesempatan kita untuk show up terhadap mereka. Selain itu, masa lalu yang indah juga mempengaruhi timbulnya motivasi dalam hidup. Misalnya ketika masalalu kita indah, maka kita cenderung ingin mengulanginya lagi.

Setelah kenal dengan datangnya motivasi. Maksimalkan potensi itu!

Kenapa aku begitu bersemangat menuliskan orang yang dekat sebagai motivasi hidup?

Ya karena hari ini aku mendapat banyak ilmu sehingga aku bersemangat untuk lebih memaknai hidup ini.

Adapun hikmah yang aku peroleh hari ini adalah :

  1. Jadikan apapun dalam hidup sebagai pelajaran yang dapat diambil hikmahnya
  2. Jangan menyalahkan orang lain terus
  3. Instropeksi diri lebih banyak
  4. Sholat tepat waktu
  5. Dosen muda dan pengusaha muda
  6. Sebenarnya manusia itu sama yang membedakan hanya amal dan ibadahnya saja

Semoga bermanfaat

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s