Alur kehidupan yang dinamis (contoh dalam ranah akademik)

Assalamualaikum,
Bismillahirahmanirahim

Hidup manusia tidak statis, ada kalanya kita senang ada kalanya kita sedih, ada kalanya kita menang ada kalanya kita kalah, ada kalanya kita mendapat baik adakalanya kita mendapat yang buruk. Semua itu tidak lemas dari dinamika hidup. Namun aku akan membatasinya dengan ranah pembahasan dalam tulisan ini.

Ranah pembahasan

Aku akan banyak bicara mengenai kecenderungan manusia yang tidak statis dalam hal kemampuan akademik. Aku banyak membicarakan kemampuan akademik karena aku adalah seorang akademisi sejati.

Pentingnya

Pentingnya mengetahui dinamisnya kehidupan akdemik adalah mempersiapkan diri menuju berbagai keadaan yang akan terjadi. Sehingga kita akan tahu cara menyikapi ketika kita dalam kondisi apapun misalnya baik ataupun keadaan susah. Semua itu menyebabkan kita kita akan bersikap bijaksana dalam kondisi apapun

Perjalanan Manusia dalam Science

Adapun perjalanan hidup manusia itu bagaikan lingkaran pada persamaan parametrik.

X2 + Y2 = R2

lingkaran2

Dengan X merupakan fungsi waktu dan Y juga merupakan fungsi waktu.

Ini juga telah diisyaratkan bahwa kehidupan ini merupakan getaran baik statis maupun dinamis. Adakala berada diatas ada pula waktu kita berada dibawah. Maka dari itu jangan mudah mengejek orang yang ada dibawah karena suatu saat kita akan berada dibawah pula.

Perjalanan hidup dimulai dari titik nol kemudian berjalan searah jarum jam seiring dengan berjalannya waktu. Kemudian kita memasuki dinamisnya kehidupan dengan keadaan yang berbeda dengan awal. Inilah yang dinamankan perubahan. Perubahan dalam kehidupan itu pasti tetapi arahnya saja yang menentukan kita semakin baik atau semakin buruk. Perubahan itu ternyata dapat dianalisa dengan menggunakan titik nol awal kita berjalan dalam kehidupan. Selanjutnya kita akan tahu seberapa jauh kita akan melangkah dengan analisa resiko pula. Analisa ini berdasarkan sejauh apa R yang kita inginkan untuk memainkan peran dalam kehidupan akademik. Ketika kita menentukan R yang panjang maka kita harus siap dengan resiko terjatuh sejauh 2R dari titik tertinggi kita.

Kabar Nabi Muhammad SAW

Analisa titik nol yaitu dengan mengetahui kemampuan awal kita. Kemampuan awal kita bisa jadi baik maka kita harus mempersiapkan untuk kemampuan yang buruk. Analisa ini benar adanya sesuai dengan hadist Nabi yaitu :

“Masa muda sebelum tua, sehat sebelum sakit, kaya sebelum miskin, luang sebelum sibuk, hidup sebelum mati” (HR.Al-Baihaqi)

Jadi hendaknya kita tidak bersantai santai dalam menjalani hidup. Hendaknya kita senantiasa bersemangat meskipun dalam keadaan sempit atau lapang. Ketika kita berada diatas udara maka kita tidak boleh sombong dan riya karena kita akan jatuh dengan cepat setinggi apa yang telah kita capai.

Penelitian secara empirik

Ini telah terbukti juga dalam penelitianku selama SD hingga saat ini. Aku menemui fakta bahwa kebanyakan orang memiliki kemampuan yang dinamis.

Misalnya

(M, Aw, Dc, Ku) Ketika SD hebat dalam bidang akademik tetapi ketika SMP turung dan terus turun hingga sekarang.

(Ad, N, N) Ketika SD tidak hebat namun ketika SMP dan seterusnya terus meningkat kemampuan akademiknya.

(H) Ketika SD biasa saja tetapi SMP luar biasa dan ketika kuliah biasa saja.

(P) Ketika SD luar biasa SMP lumayan sedangkan SMA mampus hingga kuliah biasa saja mulai naik.

Sebenarnya perubahan tersebut adalah perubahan yang cepat adapula yang berjalan dalam waktu yang sangat lama misalnya untuk mencapai kemampuan akademik yang tinggi butuh 1 atau lebih generasi keturunan. Penelitian ini aku lakukan dengan cara historis keturunan. Contoh tidak aku sertakan karena aku masih mencari data yang lebih lama untuk memastikannya.

Itu sedikit data yang aku dapat mulai dari SD hingga sekarang dan masih akan berlanjut untuk menemukan validnya data yang aku dapatkan.

Sebenarnya aku masih memiliki penjelasan yang banyak mengenai ini tapi aku pending dulu karena waktu menunjukkan sholat dhuhur.

Sholat dulu ya!

Semoga bermanfaat.

Kalau ada yang tidak sesuai, aku sangat terbuka terhadap saran anda.

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s