Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Bismillahirahmanirahim,

Manusia pasti memiliki benak ingin menghilangkan kebiasaan buruk dalam dirinya. Baik itu orang yang jahat, buruk, keterlaluan buruk, maupun yang baik pasti memiliki kecenderungan seperti itu. Biasanya orang yang memiliki sifat buruk terlintas dalam pikirannya :

Kenapa aku lakukan ini?

Kenapa aku bisa memiliki sifat seperti ini?

Kenapa aku bisa setega ini mendholimi orang lain?

Pertanyaan iitu adalah kata hati yang munculnya dari akal sedangkan firasat buruk yang muncul adalah akibat dari fungsi nafsu yang belum bisa dikendalikan. Oleh karena itu, aku disini ingin berbagi pengalaman untuk mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan buruk yang sering anda lakukan secara umum.

Tipsnya adalah :

Kenali dulu penyebab keburukan tersebut datang

Tidak dapat dipungkiri bahwa pennyebab keburukan datang ini sangat penting untuk diketahui. Penyebab ini akan membuat kita mengulang keburukan itu lagi. Dengan mengetahui penyebab keburukan maka kita diharapkan mampu menghindari dan membuang jauh jauh penyebab terjadinya keburukan itu misalnya :

“ketika kita minum khamer penyebabnya adalah kita terpengaruhi oleh teman, maka kenali itu dan mencoba menguatkan diri dan keluar dari pergaulan buruk itu”

Pikirkanlah tujuan dan akibat dari perbuatan itu

Ada anjuran dalam islam mengenai niat yaitu :

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

Sesungguhnya setiap amal itu tergantung dari niatnya.” hadist arba’in pertama

Niat itu sebenarnya apa sih? niat itu mengacu pada tujuan kita melakukan sesuatu dan menelaah akibatnya. Ketika kita sebelum melakukan sesuatu hendaknya kita pikirkan dahulu niatnya. Tujuan melakukannya dan manfaatnya. Kita seharusnya berpikir sedemikian hingga kita menunjukkan rasa syukur kita pada Allah atas nikmat akal yang Allah berikan pada kita.

Carilah cara menghindarinya dengan menghambat jalannya fungsi penyebab

Ketika kita sudah tahu apa penyebab keburukan itu datang maka langkah selanjutnya adalah menghambat penyebab itu berjalan. Hindari hal hal yang menyebabkan keburukan datang. Mungkin ini adalah yang paling susah dalam menghilangkan kebiasaan buruk. Pasalnya kita senantiasa memiliki penyebab yang berjalan dalam fungsi waktu. Jadi penyebab terjadinya keburukan itu berubah ubah seiring berjalannya waktu. Saran dari aku sih, hendaknya setiap hari menelaah penyebab keburukan dan kesalahan sebelum tidur.

Tegaskanlah konsekuensi ketika anda melanggar dan melakukan keburukan itu lagi

Nah tips terakhir yaitu membuat konsekuensi diri sendiri ketika melakukan keburukan itu. Jangan biarkan sedikit toleransi ketika anda melakukannya. Ketegasan dalam hal ini sangat berperan untuk menghilangkan keburukan datang lagi. Ikatlah diri anda baik baik dengan aturan yang anda mainkan.

Carilah hal yang lebih baik dari kebiasaan itu

Ketika kebuntuan untuk meninggalkan kebiasaan buruk, maka tips yang satu ini sangat cocok. Intinya gantilah kebiasaan itu dengan kegiatan yang lebih bermanfaat misalnnya olahraga atau membaca buku.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

One thought on “Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s