Disela-sela kesibukan, tetap ingat Allah

Ketika kita beranjak dewasa kita dihadapkan dengan berbagai macam kesibukan kan pastinya? Semakin dewasa semakin sibuk dengan aktivitas sehari hari. Misal ketika siswa dulu kerjaannya Cuma main dan belajar tapi sekarang ketika mahasiswa kerjaannya main pes, ngerjakan laporan, ngerjakan tugas organisasi, dan banyak yang lain. Apalagi nanti kalau udah dewasa pasti tambah sibuk lagi ngurus keluarga, kerja dan beribadah.

Disini aku ingin berbagi ilmu tentang bagaimana kita tetep bisa fit dan tetep bisa multifungsi dan waktu kita benar benar bermanfaat.

Sebenarnya ini untuk apa sih? Aduh jangan dibuat ribet deh, kita tentu tidak ingin waktu kita sia sia dan tidak berdasarkan ibadah karena Allah. Tentu tidak ingin waktu kita senantiasa dikuasai oleh setan. Nah aku ingin memberikan tips bagaimana pengaturan waktu sesuai yang diajarkan Rasulullah sebagai perantara firman Allah.

Allah berfirman :

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli1476. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS Al-Jumu’ah  62:9)

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (QS Al-Jumu’ah  62:10)

Jadi kalau kita ingin mendapatkan rizki yang memang benar benar dikaruniai Allah jangan sampai melupakan sholat khususnya sholat jum’at. Dengan kita tetap pada tiang agama yaitu sholat maka segala aktivitas kita baik bekerja berdagang belajar ataupun perbuatan baik lainnya maka kita akan mendapatkan tujuan sesuai dengan niat kita.

Aku nulis ini bukan tanpa sebab. Aku nulis ini karena melihat rusaknya moral rakyat kita yang lupa akan Allah ketika beraktivitas. Contoh kecil:

”ketika aku beli sate di depan kosku sekitar jam 18.30 beberapa hari yang lalu, aku bertemu tukang sate yang sedang berjualan. Aku pesan sate dan sempat ngobrol sedikit. Kemudian adzan isya terdengar. Aku mengingatkan pada tukang sate yang memang sama sama umat islam untuk sholat dahulu dan meninggalkan segala aktivitasnya. Malah beliau menolak dan melanjutkan bakar sate. Aku pun sholat ke musholah dekat kosku dulu dan kemudian makan sate dengan termenung”

Nah itu kenyataan yang sangat memperihatinkan. Betapa memang mungkin ketika seseorang telah disibukkan urusan dunia maka godaan untuk beribadah sangat banyak. Mungkin takut ada orang yang beli ketika sholat sehingga kalau tidak dilayani akan merugikan diri sendiri. Tapi aku tidak habis pikir. Kenapa kok tidak memikirkan masa depan yang lebih jauh diakhirat kelak. Malah mementingkan kepentingan dunia yang sesaat akan musnah ini.

Dan jangan lupa pula untuk mengingat Allah disetiap waktu apapun agar kita termasuk orang yang beruntung.

Nasihat yang terakhir ini memang sangat susah. Ketika kita fokus terhadap sesuatu maka kita sering melupakan Allah sebagai Yang Maha Mengetahui. Ini adalah sikap yang tercela. Betapapun sibuknya kita hendaknya kita niatkan segala aktivitas kita karena Allah agar aktivitas kita bernilai plus ibadah.

Semoga bermanfaat

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s