Berpikir sebelum bertindak

Bismillahirahmanirahim

Aku lagi lagi menyinggung masalah niat yang berarti tujuan hati untuk melakukan sesuatu itu apa dan bagaimana. Aku menulisnya berulang ulang karena aku tahu tentang pentingnya berpikir sebelum bertindak.

Bacalah dengan teliti setiap perkataan yang aku tulis ini. Perbuatan kita selama hidup ini akan sia sia kalau kita diniatkan ibadah lillahirabbil alamin. Kita sering lalai bukan tentang berdoa sebelum bertindak minimal bismillahirahmanirahim atau doa yang dianjurkan nabi Muhammad SAW. Kita sering melakukan apapun yang menurut kita menyenangkan tapi lupa akan esensi dari perbuatan tersebut. Kita sering gegabah dalam memutuskan sesuatu tanpa berpikir panjang. Kita juga sering melakukan sesuatu tanpa memikirkan akibatnya. Alhasil itu semua lambat laun waktu lah yang akan membuktikan kepada kita tentang kabar penyesalan hidup kita. Entah itu di dunia maupun di akhirat nanti.

Maka dari itu, pikirkanlah baik baik apa yang kita lakukan.

Pertanyakan ini dalam hidup kita.

Apa yang sedang aku lakukan sekarang?

Apa tujuan kita melakukan pekerjaan ini?

Apa esensi dan seberapa besar kebermanfaatan perbuatan ini bagi kita maupun orang lain?

Apa akibat atau resiko yang akan kita peroleh ketika melakukan perbuatan ini?

Sungguh pertanyaan itu akan membawa kita kepada niat yang benar benar nyata. Dalam hadist arbain yang pertama telah jelas bahwa :

Innamal a’malu bin niat

Sesungguhnya amal perbuatan tergantung pada niatnya

Kalau niat kita memang benar benar baik maka kita akan mendapatkan kebaikan itu pula. Tetapi jika kita tidak meniatkan sesuatu itu maka kita tidak akan mendapat kebaikan dari niat yanng baik itu.

Bahkan ada suatu riwayat hadist tentang keutamaan niat baik adalah

81. Ibnu Abbas r.a. berkata: Nabi saw. dari apa yang diriwayatkan dari Allah azza wa jalla, bersabda:  Sesungguhnya Allah menetapkan kebaikan dan keburukan kemudian menjelaskan keduanya, maka siapa yang niat akan berbuat kebaikan (kebaikan) lalu tidak dikerjakannya dicatat untuknya satu kebaikan, dan bila dikerjakannya dicatat oleh Allah sepuluh kebaikan, dapat bertambah hingga tujuh ratus kali, dan dapat berlipat lebih dari itu.  Sebaliknya, jika niat akan berbuat keburukan (dosa) lalu tidak dikerjakan, dicatat untuknya satu kebaikan yang cukup (sempurna), dan bila niat lalu dilaksanakan maka dicatat satu dosa.  (Bukhari, Muslim).

Yuk selagi akan dimulainya bulan suci ramadhan perbaiki niat kita selama puasa, apakah kita hanya ikut tradisi, ataukah kita ingin dipuji orang, ataukah kita ingin kenikmatan dunia, ataukah jauh dari itu kita ingin ridho dari Allah.

Dan satu lagi, bahwa niat itu ada dihati bukan di ucapkan saja. Niat yang sesuangguhnya akan mencerminkan perbuatan yang dilakukan.

Jangan sampai terkecoh dengan setan yang memiliki tiada batas tipu daya hingga menyesatkan kita pada alih alih niat yang baik tapi sebenarnya tidak begitu kenyataan dalam perbuatannya. Semoga kita diberikan kejernihan pikiran dan kejernihan jiwa untuk berpikir cerdas menghadapi perang yang lebih ganas dari perang badar yaitu perang dengan hawa nafsu.

Aminnn…

Advertisements

One thought on “Berpikir sebelum bertindak

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s