Crystallography

Bismillahirahmanirahim

Wah puasa puasa gini gimana rasanya? Meskipun udah sore gini masih semangat kan? Meskipun udah agak kelihatan loyo tapi semangat untuk mempelajari ilmu dan berbagi terhadap sesama masih tetap tinggi nih. Youuhhuu semoga kalian juga ngerasaain nikmatnya beribadah di bulan ramadhan ini. Yang pasti yang sampek terpaksa deh dalam melakukan sesuatu yang bernilai ibadah di bulan suci ramadhan. Dan semoga aku menuliskan pengetahuanku disini juga tidak sia sia. Amin..

Hhe sedikit ngebacot lah dikit biar blog kelihatan banyak wkakak J

Eh ngomong ngomong tentang ilmu. Kini kita akan masuk disemester 3. Semua matakuliahnya udah menanti kita lho. Sayangnya aku belum sempat copast apa aja matakuliah kita semester tiga nanti. Duh duh apes banget deh pokoknya.

Tapi tenang aja, aku akan sedikit membocorkan materi nih. Bisa buat bahan referensi. Meskipun pembahasannya sedikit meluas tetapi paling tidak kita udah tau gambarannya apa aja sih yang akan kita pelajari kedepan.

Yang pertama aku akan mendeskribsikan satu persatu istilah istilah yang umum dalam bidang material khususnya nanti di matakuliah metalurgi 1 bab kristalografi.

Nah mungkin kita juga sama sama baru mengenah ilmu material kan? Jadi mungkin aja kita bertanya tannya apa sih manfaatnya belajar kristalografi di dunia material?

Well, aku jawab ya sangat penting. Ya pentingnya apa? *eits sabar dong. Pentingnya adalah ketika kita ingin mendeskribsikan sifat dari material tersebut maka kita harus tahu dulu struktur kristalnya. Apakah material itu kristalin, non kristalin. Jadi ketika kita tahu sifat kristalisasinya maka kita akan juga tahu mengapa pada material yang sama tetapi memiliki sifat yang berbeda. Sebagai contoh aja deh tahu kabon kan? Karbon banyak jenisnya. Jenis karbo salah satunya adalah diamond, grafit, dan graphene. Semua jenis itu memiliki sifat yang berbeda beda misalnya diamond sangat keras, grafit sangat britle, dan graphene sangat kuat. Itu yang dinamakan fenomena polymorphism yang sering kita dengar di dunia metal yaitu allotropik. Yang membedakan keduanya adalah hanya sekopnya aja kalau polymorphism itu untuk semua material kalau allotropik itu fenomena pada logam saja.

Wah setelah kita tahu pentingnya maka diharapkan kalian menjadi tertarik sama bab ini ya hhe.

Ini adalah sedikit istilah dan beberapa penjelasan mengenai dunia kristalografi.

Crystalline materials adalah material yang dapat dikristalkan menjadi bentuk padat sehingga membentuk struktur kristal.

Crystal structure adalah struktur dari material yang telah dikristalkan dalam bentuk padatan (Solidition)

Unit cell adalah bagian terkecil dari suatu struktur kristal yang secara berulang akan membentuk sebuah struktur kristal tertentu. Unit cell ini terdiri atas atom atom yang saling terikat dalam suatu ikatan dan membentuk struktur tertentu dan struktur itu adalah struktur terkecil yang berulang dalam suatu sistem kristal dalam suatu material.

Space Lattice adalah seuah koordinat dalam suatu struktur kristal yang membentu sumbu x, y, dan z terhadap atom tertentu (biasanya atom pusat). Fungsinya pemberian sumbu space lattice adalah untuk memberikan koordinat termpat tertentu dalam struktur kristal sehingga akan memudahkan kita dalam menentukan deformasi yang terjadi misal torsional section.

Polymorphism adalah fenomena material secara umum yang memiliki lebih dari satu struktur kristal.

Allotropik adalah fenomena dimana suatu logam memiliki lebih dari satu truktur kristal. Seperti hanya contoh diatas.

Yeee udah dulu ya mau maghrib nih, ntar lanjut posting berikutnya J

Semoga bermanfaat

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s