Tentang mimpi di esok hari

Bismillahirahmanirahim

Ya, kini mungkin setelah lama aku memutar otakku dan memusatkan pemikiranku hanya untuk memilih masa depan yang terbaik bagiku, sekarang waktunya menuliskan semua pemikiranku itu. Aku berusaha semaksimal mungkin mencari dan mengenali diriku sendiri. Aku juga telah berusaha mencari minat dan bakatku. Dan ternyata semua itu mengantarkan pada tingkah lakuku sekarang dan masa depan.

Aku telah mengenali diriku dengan menuliskan semua kepribadian dalam diriku. Mungkin ini adalah hal yang tidak mudah karena mungkin saja apa yang aku pikirkan berbeda dengan kenyataan dilapangan. Sejatinya kepribadian yang aku punya hanya dapat dilihat oleh orang lain karena apa? karena subjektivitas dalam diri setiap manusia untuk menilai dirinya sendiri jauh lebih besar daripada orang lain yang menilai seseorang.

Dimulai dari mengenali diri sendiri

  1. Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran/ target
  2. Mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat
  3. Terdorong oleh tantangan dan tantangan
  4. Tidak begitu perlu teman
  5. Sangat memperhatikan orang lain
  6. Kalau sudah mulai, dituntaskan
  7. Analitis, mendalam, dan penuh pikiran
  8. Mau mengorbankan diri dan idealis
  9. Suka bicara
  10. Ceria dan penuh rasa ingin tahu
  11. Menyukai hal-hal yang spontan
  12. Berhati tulus dan kekanak-kanakan

  • Tidak sabar dan cepat marah (kasar dan tidak taktis)
  • Senang memerintah
  • Terlalu kaku dan kuat/ keras
  • Tidak menyukai air mata dan emosi tidak simpatik
  • Tidak suka yang sepele dan bertele-tele / terlalu rinci
  • Sering membuat keputusan tergesa-gesa
  • Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain
  • Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan
  • Amat sulit mengaku salah dan meminta maaf
  • Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if..)
  • Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan
  • Hidup berdasarkan definisi
  • Sulit bersosialisasi
  • Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan)
  • Mengingat yang negatif & pendendam
  • Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah
  • Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan
  • Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah
  • Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar)
  • Terlalu pemalu dan pendiam
  • Humor kering dan mengejek (Sarkatis)
  • Menunda-nunda / menggantungkan masalah.
  • Membesar-besarkan suatu hal / kejadian
  • Konsentrasi ke “How to spend money” daripada “How to earn/save money”.
  • Egoistis
  • Dalam bekerja lebih suka bicara dan melupakan kewajiban (awalnya saja antusias)
  • Mudah berubah-ubah
  • Susah datang tepat waktu jam kantor
  • Prioritas kegiatan kacau

Gali potensi diri

Yee setelah lama mencari kepribadian yang cocok aku beranjak pada minat dan bakatku. Aku berminat dalam mengerjakan suatu projek penelitian. Tetapi aku tidak berminat untuk mencari idenya. Penelitian yang aku lakukan ingin selalu berhubungan dengan pengaplikasian teori. Aku sangat suka itu daripada penelitian yang hanya sebagai simbol saja tetapi tidak dapat dimanfaatkan secara langsung di kehidupan sehari hari. Bagiku itu buruk. Tetapi minatku ini masih belum kesampaian semoga semester depan hingga aku tua nanti aku bisa menjadi aplikator setiap teknologi yang ada. Semoga saja bisa lancar projek kedepanku. Aku sekarang tidak lagi memikirkan uang untuk bisa mengerjakan projek karena semua pasti sudah ada dananya di MTC. ahahahah nice ^_^

Kemudian kalau berbicara bakat. Aku berbakat untuk setiap kegiatan akademisi yang menuntut pemikiran dan analisa. Daya nalarku aku rasa sangat tinggi. Aku mampu mengerjakan soal tanpa mengerti pelajarannya sekalipun. Ini bakat yang sangat aku syukuri dan datang dari Allah. thanks ya Allah. Selain analisa yang kuat aku juga suka berlatih dengan keras. Ini berlaku dalam hal olahraga. Aku menghabiskan banyak waktu bermain di lapangan olahraga karena memang dengan olahragalah aku bermain, bercanda, dan ada didalam komunitas. Ya memang aku sangat suka olahraga. Kekuatan hafalanku juga sangat tinggi kalau menurutku karena aku memang sudah mengerti cara belajar terbaik untukku. yeah. Tetapi gampang lupa. Gampang ingat dan besoknya lupa. Maka dari itu aku kalau ada kuis atau ujian hafalan pasti belajar 1 hari sebelum ujian wkakaka contoh tidak baik.

Ya setelah semua siap dan amunisi sudah cukup maka tataplah masa depan berdasarkan sifat, minat, dan bakatmmu dimana.

Inilah mimpiku kedepan.

Aku akan kuliah di Cambridge University for Postgraduate S2

Aku akan menuntut ilmu agama selama 1 tahun sembari menunggu SK dosen negeri

Aku akan menikah setelah lulus S2 dan telah berstatus menjadi dosen tetap.

Aku akan membawa istriku ke Amerika untuk ikut kuliah di MIT for S3

Aku akan menjadi dosen yang baik di Institut terbaik negeri ini

Aku akan mengabdi pada masyarakat dengan bantuan proyek pemerintah

Aku akan menjadi pengusaha profesional di umur 30 nanti

Aku akan hidup bahagia dengan menuntut ilmu agama sampai meninggal nanti.

Semoga rencanaku ini sesuai dengan rencana Allah. Aku akan bekerja keras semaksimal mungkin.

Ya Allah berikan aku kekuatan menghadapi tantangan yang memang pasti ada didepanku saat ini. Fokus dan fokus adalah kuncinya.

Semoga menginspirasi

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

