Mustahil! Teori mengenai energi bebas

Bismillahirahmanirahim

Kemarin ketika awal masuk ke MTC HMMT FTI ITS. Aku sempat berdiskusi dengan salah satu mas yang sudah lama bekerja di MTC. Kebetulan mas naufal menjadi partner kerjaku selama 1 tahun kedepan.

Ketika aku menghadiri brainstorming yanng diadakan untuk menyambut raker, aku sangat kaget. Ada sebuah gagasan mengenai pengembangan free energi. Mas naufal mengusulkan sebuah gagasan itu. Awalnya mas naufal bilang kalau free energi yang berasal dari momen pada gerak melingkar benda pejal.

Awalnya aku sangat kaget dengan usulan itu. Aku yang dari dahulu tidak pernah percaya bahwa suatu benda dapat bergerak abadi di dunia ini sangat terkejut dengan pernyataan ini muncul lagi. Aku sangat tidak setuju karena pasti tidak akan berhasil. Aku yakin tidak akan pernah berhasil karena di dunia ini tidak ada yang mutlak. Semua tidak ada yang absolut pasti semua ini relatif dan berada di antara nol dan satu. Apa artinya? artinnya tidak ada satupun materi yang benar benar tetap. Misalnya ada benda bergerak dengan kecepatan x tidak akan bergerak terus dengan kecepatan x tanpa adanya gaya luar yang senantiasa berpengaruh. Kenapa tidak bisa tanpa adanya gaya luar karena sejatinya dialam itu selalu ada gaya luar yang bekerja. Apa gaya tersebut? gaya tersebut adalah gaya gesek. Benda bergerak selalu bergesekan dengan udara.

Sudah sudah kita tinggalkan masalah mengenai gaya gesek karena yang dibahas bukan itu. Tetapi bermula dari itulah aku bisa berbicara seperti ini bahwa free energi tidak mungkin.

Dan berdasarkan itulah aku sangat ragu dengan gagasan itu. Dan keraguanku memuncak ketika aku kemarin berpikir keras mengenai energi. Sampailah aku pada ingatan diskusi dengan mas naufal kemarin. Aku teringat akan teori momen pada gerak melingkar. Kemarin aku sempat ingin membuktikan bahwa ada atau tidak sebenarnya free energy itu. Dan akhirnya semua itu tidak jadi karena aku telah memikirkannya dan menemui jalan terang yang meyakinkanku lebih dalam lagi mengenai ketidakmmungkinan free energy diciptakan.

Ini adalah sedikit penjelasan terkonyolku mengenai free energy. Pada video youtube mengenai gerak abadi atau perpetual motion yang aku lihat dan pernah didiskusikan juga ketika brainstorming, aku sangat yakin itu tidak akan terjadi. Bagaimana mungkin ada benda yang telah jatuh dari ketinggian tertentu akan bisa naik lagi keatas tanpa adannya gaya luar yang mengangkatnya. Tentu saja tidak mungkin kan? malah di video tersebut akan dapat berputar terus. Sangat tidak mungkin.

Dan kalaupun ada benda lain memiliki energy potensial terhadap ketinggian x maka energi tersebut tidak akan bisa sepenuhnya mengangkat benda dari tanah ke ketinggian x.

Aku sangat percaya dengan hukum kekekalan energi yang sering disubut Em. Em diatas dan dibawah selalu sama untuk tidak adannya gaya lain yanng bekerja. Nah di bumi akan ada selalu gaya gesek, dan gaya panas atau gaya yang lain yang aku belum banyak paham. Aku sangat yakin bahwa hukum kekekalan energi tidak akan berjalan di bumi. Karena sejatinya pasti akan ada energi yang tidak diubah menjadi energi yang diharapkan. Dengan kata lain energi tidak akan mampu mengubah dirinya menjadi energi lain dengan efisiensi 100%. Ketika itu terjadi maka benda yang ada diatas tidak mungkin bisa mengubah benda yang dibawah menjadi berada di keadaan yang sama pada benda yang diatas tadi. Selalu akan berada dibawahnya dan nantinya akan berhenti. Ini mengacu pada hukum kekekalan momentum yang sejatinya tidak akan ada di bumi. Karena apa? benda tidak ada yang lenting sempurna.

Maka dari itu diatas sudah aku sebutkan bahwa tidak ada yang mutlak di dunia ini.

Kalau belum jelas nanti akan aku upload penjelasan berdasar gambar.

Semoga bisa menjadi bahan referensi untuk masyarakat awam yang ingin berandai andai mengenai free energi.

Semoga bermanfaat

2 thoughts on “Mustahil! Teori mengenai energi bebas

  1. Sangat setuju aku fidh, walaupun aku belum bisa membuktikan dengan rumus, tapi menurutku efisiensi tidak bisa 100%, gak masuk akal untuk saat ini… bahkan mungkin untuk selamanya…

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

