Electrolysis : Percobaan di rumah

Bismillahirahmanirahim

I’m busy but I’m very happy, friend. Hmm I have big research. This will occur for long period. I have conducting since yesterday. This research deliver me to big minds that I have.

Now I’m on electrochemistry project. Yesterday I conducted some experiment. I try to get fact about electrolysis in saltwater. And it is curently work. And I will give you the light in this first experiment.

But I’m so sorry can write it in english because, my english for chemistry is too bad. I’m embrassing to show the badness.

Yah kita mulai saja pembahasannya.

Barusan saja aku selesaian semua project awal ini. Aku awalnya hanya ingin mengetahui apakah memang bisa air laut itu dielektrolisis. Dan aku menemui jawabannya kemarin. Ternyata memang bisa.

Lihat persamaannya :

972329_4539335580039_1540167297_n

Aku menggunakan peralatan sederhana yaitu : batang karbon, seng, kabel, baterai 9 volt, lampu, dan wadah. Dan asal perlu diketahui aja aku melakukannya menggunakan barang bekas semmua lho.. Jadi ramah lingkungan.

Percobaan I (elektroda inert pada NaCl). Awalnya aku merangkai alat alat yang ada sesuai dengan rangkaian elektrolisis. Setelah terpasang semua kemudian aku mulai menyalakan baterai dan mengalirkan aru listrik pada rangkaian. Kemudian kejadian sangat menakjubkan aku lihat. Aku mendapatkan energi kimia baru yaitu gas hidrogen yang sekarang sedang ditunggu tunggu keberadaannya. Dan aku berhasil mendapatkannya di elektrode negatifnya. Dan di elektrode positifnya aku mendapati rontokan sisa elektrolis pada baterai bekas yanng aku rusak dan aku ambil batang karbonnya.

1004668_4539359580639_1506820978_n

Percobaan II (anode inert dan katoda seng pada NaCl). Yah seperti biasalah ternyata aku mendapati pada elektroda negatifnya (katoda seng) terdapat gas hidrogen dan elektroda positifnya rontokan elektrolit.

30971_4539338700117_4060058_n

Percobaan III (anode tembaga dan katoda seng pada NaCl). Yah masih sama gas hidrogen muncul di elektrode negatifnya. Namun ada yang beda di elektrode positifnya. Di anoda tembaga yang merupakan lilitan sisa transformator mmuncul gas warna biru. Warna biru yang muncul agak kental dan menyatu seperti minnyak dalam air. Aku yakin benar itu adalah gas chlorin yang banyak digunakan orang untuk pembersih lantai. Aku sangat senang bisa bertemu langsung dengan gas ini. Meskipun dalam jumlah sedikit, aku tetap sangat menghargainya.

1002136_4539341340183_276151826_n

Percobaab IV (anode tembaga dan katoda seng pada Ca(OH)2).  Ini yang sangat menarik untuk didiskusikan. Betapa tidak? Semua elektrode baik positif maupun negatif memancarkan gelembung udara. Ini sangat unik. Dan seperti biasa itu aku yakin benar bahwa yang ada di eletrode negatif tetap saja gas hidrogen dan yang aku sangat senang adalah gas oksigen di elektrode positifnya. Wah kalau aku bisa menggabungkan keduanya maka aku bisa embuat bom hidrogen seperti yang ada di hirosima dan nagasaki. Ahahah dengan produksi yang kecil ini annganku sudah ingin buat reaktor hidrogen.

946704_4539344780269_716203575_n

Percobaan V (water + limestone)

You know what the phenomena that occur in this experiment? Its was like blast of atmic bom. It really work.

no picts 😛

Semoga bermanfaat

Sekian dulu percobaan sampai hari ini. Lain waktu ada percobaan lanjutan.

One thought on “Electrolysis : Percobaan di rumah

  1. percobaan III : elektrode seng dan tembaga
    warna biru yang terbentuk di anode tembaga bukan ion Cu2+ kah??
    elektrode tembaga bukan elektrode inert, jadi ikut bereaksi mengalami oksidasi di dalam elektrolisis,,
    coba di cek lagi apa benar gas klorin atau ion Cu2+…
    mohon penjelasannya ya…..
    thanks,,

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

