Deterjen dan sabun dalam hubungannya dengan energi kimia

Bismillahirahmanirahim

Sekarang dengan semangat yang baru aku menuliskan experimentku kemarin. Hari ini stop dulu nggak ngelanjutin experiment lagi karena masih ada tanggungan nulis yang lain. Maklum lah banyak lomba yang mendesakku untuk aku ikuti. Wah sekarang aku lagi senang senangnya nulis dan experiment. Ini bukan tanpa sebab. Kemarin aku baca dan googling tips untuk bisa sukses ketika masa perkuliahan. Dan aku mendapati sebuah tips yang keren lho.. menulislah dan siapkanlah masa perkuliahan disaat liburan. Ini dia yang memotivasiku untuk giat menyiapkan semester depan. Bagiku sebuah start yang telah tercuri akan memudahkan aku memenangkan perlombaan.

Sayangnya aku sekarang lagi tidak memiliki hasrat untuk kuliah. Males ketemu temen temen disana. Aku sudah sangat terjerat dengan teman lamaku disini. Mereka semua easy going and never gap each other. Nah bagi temen temen kuliahku, jangan tersinggung lho.. nanti kalau aku udah akrab dengan kalian, akulah orang pertama yang membuat silaturahmi atara kita semua tetap terjaga. Yah sesuai banget dengan pengalamanku ketika SMA dulu. Ketika aku kelas XI aku udah sangat suka terhadap suasana kelasku itu. Dan ketika ada kabar kelas akan diacak kembali ketika naik kelas XII aku sangat sedih. Duh apalagi beberapa teman di kelas XII sangat membuatku males sekolah. Namun buktinya sekarang aku sangat senang bertemu dengan teman lamaku disini. Kesimpulannya adalah It is only waiting time to be best friends.

Loh loh kok malah curhat. Basa basinya berat banget deh. Aduh aduh. Sorry yee..

Sekarang balik lagi ke topik. Aku kemarin eksperiment lanjutan mengenai elektrolisis detergen dan sabun. Wah aku sangat gembira kemarin karena ada sesuatu yang amazing terjadi. Warna biru muda muncul di elektroda positifku. Itu tandanya mungkin ada logam logam yang terakumulasi di permukaannya. Sayangnya aku belum mampu untuk mengidentifikasinya karena memang aneh banget. Ilmuku masih belum sampek sana.

Well ini adalah gambaran terperincinya.

Percobaan I (detergen dengan elektrode tembaga dan seng)

Nah disini sesuai dengan percobaan sebelumnya, aku merangkai semua alat yang ada. Ada yang beda lho dari yang kemarin.

Alat baru :

26362_4547218697112_854011419_n

Aku sekarang merangkai alat yang benar2 membantu support jalannya reaksi semakin besar. Meskipun belum berjalan maksimal kemarin. Tapi aku setidaknya sudah bisa mengamati jalannya reaksi dengan lebih teliti. Ketika reaksi berlangsung, aku mendapati gas sebagai gelembung gelembung udara di elektrode negatifnnya. Aku memperkitakan itu adalah gas hidrogen karena air lah yang kemungkinan besar di eletrolisis. Aku sangat yakin itu. Tapi belum tentu juga. Bisa saja itu gas oksigen.

Ini dia alasannya : reaksi balik

996828_4547221337178_6088495_n

Alasannya adalah ketika aku balik reaksinya malah kedua elektrode memancarakan gelembung dengan ukuran yang berbeda. Ah ntah lah. Untuk sejauh ini aku lebih condong ke gas hidrogen. Dan di elektrode negatifnya terdapat akumulasi ion yang menjadi logam berwarna biru muda. Meskipun aku memperkirakan itu adalah logam Natrium tapi aku yakin kalau itu tidak hanya logam Natrium saja. Hal ini menilik dari literaturku selama SMA yang menyebutkan bahwa logam Na itu tidak berwarna dan agak keruh.

Ini gambarnya : ada yang bisa identifikasi nggak?

312422_4547219777139_800878009_n

Percobaan II (sabun dengan elektrode tembaga dan seng)

Disini masih sama dengan hasil percobaan satu. Terdapat gelembung di elektrode negatif dan terdapat logam berwarna biru muda di elektrode positif.

Air sabun :

526986_4547222857216_331118961_n

Dari dua percobaan diatas, aku bisa memperkirakan bahwa kedua jenis zat ini memiliki kandungan yang mirip. Dan aku yakin suatu saat aku akan bisa membalik reaksinya dan menjadikan zat tersebut sebagai energi kimia yang renewable.

Yeah sekian dulu ya penjelasan elektrolisisnya. Semoga bermanfaat.

Tunggu updatenya ada video menarik lho..

Lanjut percobaan berikutnya sel volta yang merupakan idamanku.

Stay here to continue reading.

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s