Jangan menyendiri, Keluarlah! Lihatlah sekelilingmu!

Jangan menyendiri, Keluarlah! Lihatlah sekelilingmu!

Sepi sunyi senyap kadang bisa menjadikan hati tentram bagi sebagian orang namun bisa terasa menyiksa bagi sebagian lainnya. Kadang ada orang yang merasa nyaman dengan merenung ditempat yang sepi tanpa hiruk pikuk orang lain yang sibuk dengan urusannya. Tetapi ada pula yang merasa tersiksa ketika dia sendiri tanpa teman yang menemani.

Termasuk manakah anda?

Beruntunglah anda ketika anda merasa bahwa anda akan tersiksa tanpa teman. Karena memang itulah sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa ingin selalu berinteraksi dengan orang lain. Namun jangan lupa hati hati juga ketika berteman. Pentingnya memilih teman ada disini.

Namun apa daya ketika seseorang itu tercipta dalam hasrat ingin menyendiri? Ini sangat buruk. Mengurung diri di kamar, belajar sendiri, berangkat kerja atau kuliah sendiri, tak mau interaksi dengan teman atau kaku dalam berinteraksi adalah sedikit hal yang biasa orang penyendiri lakukan. Termasuk saya sendiri. Hhe

Biasanya orang penyendiri ini membenarkan perasaan ini. Maksudnya adalah mereka membenarkan bahwa menyendiri akan memberikan kenyamanan tersendiri seperti merenung, memikirkan ide, mencari jawaban atas permasalahan sendiri di dalam suasanya hening. Memang biasanya ide cemerlang muncul dari pemikiran panjang yang tidak ada putusnya. Tetapi ini sebenarnya kurang bagus. Karena akan lebih baik lagi ketika kita merenung ditemani dengan teman dekat yang nantinya bisa kita aja untuk diskusi lebih lanjut. Betapa brilian pemmikiran seseorang ketika alur berpikirnya didiskusikan dengan orang lain yang notabene memiliki alur berpikir yang berbeda. Semakin banyak teman yang kita ajak diskusi maka semakin baik pula ide yang keluar karena pemikiran yang saling melengkapi.

Apalagi bagi sebagian kaum adam. Berdiam diri di sebuah tempat sangatlah berbahaya. Orang laki laki biasanya berimajinasi dan berpikir tanpa arah ketika mereka berlama lama berpikir dalam kesendirian. Oke awalnya bagus mereka memikirkan hal yang baik tentang masa depan, agama, akademik, atau kerja namun ketika sudah lama mereka akan cepat jenuh dan akan berpikir kearah yang negatif. Ya nggak?

Maka dari itu keluarlah dari kandang! Lihatlah sekitar kita, pastilah banyak hal yang bisa kita lakukan. Hanya untuk sekedar berinteraksi dengan orang, mengamati sekitar kita, melihat indahnya alam itu akan melatih kepekaan kita terhadap alam dan sosial kita.

Be initiative! And touch arround you!

Advertisements

One thought on “Jangan menyendiri, Keluarlah! Lihatlah sekelilingmu!

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s