Opini tentang pariwisata di Lumajang

Opini tentang pariwisata di lumajang

Akhir akhir ini pariwisata di lumajang sedang dibanjiri pengunjung. Dinas pariwisata mungkin sudah menyiasati ini semua untuk meningkatkan devisa bagi kabupaten lumajang. Sudah menggelegar dimana mana mulai dari media sosial, plakat jalan, media cetak baliho jalan, dan media elektronik lain mengenai informasi wisata lumajang. Mereka, dinas pariwisata dan masyarakat peduli wisata lumajang, mungkin juga sudah mengetahui potensi besar wisata lumajang sehingga mereka sekarang berlomba lomba mempublikasikannya.

Oke aku sih sangat setuju dengan terkenalnya kabupaten lumajang menjadi kota wisata alam. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam agenda menyukseskan pariwisata di lumajang ini. Salah satunya masalah sampah. Implikasi dari ramainya wisatawan yang berkunjung ke lumajang adalah sampah yang ditinggalkan di tempat wisata tersebut. Sudah semestinya kita semua tahu ini sejak sebelum publikasi wisata dilakukan. Seharusnya kita semua tidak hanya mempromosikan wisata alam lumajang saja tetapi juga kita dituntut untuk melakukan ajakan melalui poster, kata ajakan, baliho, dan media publik lain terhadap pentingnya  menjaga kawasan wisata. Bolehlah kita bangga dengan terkenalnya lumajang dan banyaknya pengunjung wisata di lumajang namun jangan sampai lupa juga kewajiban kita menjaga alam itu perlu diperhatikan pula.

Menggemaskan memang melihat kondisi saat ini dimana resiko dan efek buruk dari sebuah kebijakan tidak lagi digubris. Mereka asyik menikmatinya dari sisi positif saja. Tapi coba kita rasakan pembangunan atas wisata sudah setarakah dengan pembangunan atas fasilitas pembuangan sampahnya? Sudah seimbangkah publikasi mengenai wisata dengan publikasi menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan? Tentu masih belum kita rasakan bersama.

Oleh karena itu, sebagai intelektual muda, masyarakat yang berbudi luhur, pecinta alam, sudah sepatutnya kita bersama melakukan aksi nyata untuk menjaga alam, merawat alam, melestarikan alam, dan mengeksplorasi alam sewajarnya agar wisata lumajang tetap asri dan tetap terjaga keindahannya. Kalau bukan kita, siapa lagi yang peduli?

Semoga bisa sedikit memberikan saran pembangunan wisata yang lebih baik lagi di lumajang.

WP_000288

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s