IP oh IP (Indeks Prestasi)

27 Januari 2014 adalah tanggal dimana mahasiswa se-ITS sedang melihat kerja kerasnya selama satu semester yang lalu. IP (Indeks Prestasi) menjadi hal yang satu satunya dielu-elukan di kalangan mahasiswa sebagai tolak ukur intelegensi seseorang. Ya memang tidak berlebihan jika memang inilah satu satunya pemetaan terhadap kemampuan akademik di perguruan tinggi. Tak salah jika mereka berbangga memiliki IP cumlaude. Tak salah pula jika banyak diantara mereka yang menangis menahan pilu IP turun derastis dan bernasib IP dibawah 3.

Namun disisi lain, tak pernah terlintaskah pemikiran bahwa IP bukan segalannya? Well, sekarang apapun pekerjaannya nanti pasti IP adalah persyaratan utama. Memang benar seperti itu adanya. Dan itu terasa sangat adil ketika IP didapat dari kesamaan parameter. Tetapi akan terasa tidak adil ketika cara mendapatkan nilai itu tidak sama dari setiap pemberi nilai (dosen). Lantas bisakah dikatakan di kebanyakan perguruan tinggi negeri ini sudah sesuai parameter penilaiannya? No. Tegas dibilang no karena beda dosen beda pula cara menilainya. So dapat disimpulkan siapa tepat dia dapat. Yang tidak tepat silakan terima tuh susahnya cari nilai. Sehingga tidak bisa dijadikan parameter suatu IP tersebut ketika cara mendapatkan nilai itu tidak sama setiap mahasiswa.

Lantas apa yang harus dikerjakan dan diperhatikan dengan kondisi yang seperti ini? Ya jangan terpaut pada IP dong. IP boleh saja dibawah rata-rata tetapi ilmu harus diatas rata-rata. Karena itulah satu satunya yang dapat dilakukan selaku mahasiswa. Kalau bisa menyamakan parameter diantar pemberi nilai, itu akan lebih baik. But this is impossible.

Keep Fight!

Go Ahead!

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s