Puncak B-29 Argosari, Lumajang

Puncak B-29 Argosari, Lumajang

Puncak B-29 adalah puncak bukit tertinggi di daerah lereng Gunung Semeru, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Puncak B-29 tepat berada kawasan agronomi di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Kawasan wisata B-29 Argosari merupakan area perkebunan yang sangat luas di daerah perbukitan dengan ketinggian diatas 2000 Mdpl. Puncak tertingginya memiliki ketinggian 2900 Mdpl. Tidak berlebihan ketika Desa Argosari ini dijuluki “Negeri diatas awan” karena memang dari ketinggian itu terlihat berada diatas awan.

WP_001573
Bersama awan

Kawasan wisata Argosari menyuguhkan wisata alam yang sungguh indah. Perkebunan warga berupa tanaman sayur-sayuran seperti bawang pre, kubis, kentang, wortel, dan cabe membuat mata terpesona melihatnya. Perkebunan warga membentuk petak miring menyesuaikan kontur tanah perbukitan memang menjadi daya tarik tersendiri kawasan ini. Pada puncak B-29 terdapat dua view pemandangan yang sangat menakjubkan yaitu kawasan perkebunan Argosari yang membentuk barisan pegunungan Mahameru dengan puncaknya Semeru dan hamparan lautan pasir bromo dengan awan tebal yang bergerak seolah menyapa wisatawan. Tak ketinggalan pula sunrise dan sunset menjadi andalan wisata ketinggian diatas awan dapat dinikmati disini.

WP_001525
Lautan pasir dan sabana terlihat diselimuti kabut
WP_000863
Sunray

Wisatawan dimanjakan oleh perjalanan melewati pematang kebun sambil menikmati pemandangan dan hawa dingin. Kegiatan mendaki bukit menembus awan kabut dihadapan yang membuat jarak pandang semakin pendek memang sangat menantang dan mengasyikkan. Tak jauh dari tempat penitipan kendaraan, wisatawan juga akan disuguhkan jelajah religi berupa masjid dan pure Argosari serta puncak Arca di B-29. Bukan hanya itu, wisatawan akan menemui sambutan hangat dari warga setempat yang begitu ramah.

WP_001510
Selamat Datang Argosari
WP_001579
Pure Argosari
WP_001562
Perkebunan warga
NWP_140202_0015
Bersama 3 Arca

Wisata alam bebas seperti ini sangat cocok untuk kalangan muda mudi yang berjiwa petualang, keluarga, hingga anak kecil sekalipun. Tak heran jika setiap harinya pasti ada saja yang berkunjung kesana baik yang hanya sekedar melihat keindahan alam ataupun camping for several days. Jadi tunggu apa lagi untuk berkunjung kesana? Bukitkan sendiri keindahan B-29 dan kawasan agrosari yang memukau dengan mata kepala anda sendiri!

Wisata ini memang masih baru terdengar di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Namun jangan khawatir tentang aksesabilisnya. Akses menuju wisata ini sangat mudah dengan menggunakan kendaraan bermotor baik motor maupun mobil. 40 Km dari pusat kota Lumajang dapat ditempuh kendaraan bermotor sekitar 2 jam perjalanan. Dari pusat kota ambil arah Senduro kemudian belok kiri kearah Kandangtepus dan mengikut jalan hingga Desa Argosari. Jalur didominasi oleh tanjakan 10 hingga 40 derajat dan tikungan tajam khas jalur pegunungan pada umumnya. Jalan sudah beraspal mulus tanpa ada lubang. Setelah sampai di lokasi maka wisatawan akan disambut Selamat Datang di Kawasan Wisata B-29 Desa Argosari Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Bisa meneruskan perjalanan menggunakan sepeda motor ekstra atau parkir dan mendaki sekitar 2 jam menuju puncak B-29. Pada musim hujan wisatawan disarankan untuk tidak membawa sepeda motor ke puncak karena jalan licin dan berbahaya.

WP_001569
Akses jalan selama di Argosari

Akses jalannya memang tanah liat yang licin kala penghujan dan berdebu kala kemarau, ala pegunungan begitu. Tetapi terdapat beberapa alternatif yang dapat diambil sebelah kanan atau timur. Jalan sudah berbeton. Lumayan bagus daripada jalur yang umum.

WP_000861
Wit Gede, Pos pemberhentian menuju gerbang Argosari, Disana sudah ramai, panorama Pegunungan Semeru indah sekali

Nah mungkin ini yang dicari cari teman-teman semua setelah tahu betapa indahnya pemandangan disana. Apa yang anda cari? Tentu Peta menuju Argosari atau itenary perjalanan ke sana. Ya kan? Ini peta wisata yang aku buat sendiri untuk memudahkan kalian menuju Tempat wisata alam andalan Lumajang tahun ini, 2014.

Peta Argosari1

Ada kabar burung kalau Dinas Pariwisata akan membentuk sanggar seni berupa ketrampilan menggambar, melukis, seni tari, seni rupa dll di kawasan wisata ini. Ini kebijakan baik, pak! Kita sebagai warga Lumajang akan mendukung kebijakan yang membuat lumajang lebih baik kok. Yuk bareng bareng melestarikan wisata alam Lumajang dengan tidak mencoret-coret fasilitas wisata yang ada dan membuang sampah pada tempatnya.

Kalau berkunjung kesini jangan lupa mampir ke wisata di sekitarnya yang tidak kalah seru ya.

WP_001474
Pure Mandhara Giri Semeru Agung Senduro

atau ke Air Terjun Sobyok

dan yang sedang blooming juga Air terjun Manggisan

Semoga Lumajang semakin terkenal dan eksis di mata masyarakat luas. Sehingga kita percaya diri sebagai rakyat Lumajang dengan segala keindahan alam yang dianugrahkan Allah kepada kita semua. Salam Lestari.

Don’t leave your rubbish everywhere!

Take care our earth!

Semoga bermanfaat.

Ingin membaca lebih dalam tourku menuju puncak B-29? Let’s see this!

Gowes to the Top of Land in Lumajang, B-29 Argosari

Puncak B-29 “Desa Tertinggi di Jawa” jilid 1

Advertisements

78 thoughts on “Puncak B-29 Argosari, Lumajang

  1. saya berencana ke b29 bulan mei …saya rencan solo touring dari lombok…apa jalan kesana aman…apa ada hotel yang murah meriah disekitar sana mas…mohon balasannya mas…thanks…

    1. Ya, jalan aman, mulus, dan tak ada lubang. Pemandangan kiri kanan pegunungan yang indah mas, hotel terdekat berada di Senduro, sekitar 20 Km dari Lumajang kota, Namanya hotel Somanake, berada tepat diatas pure Mandhara Giri Senduro. Kalau di desa Argosari kayaknya masih belum ada karena memang desanya masih asri dan alami sekali, fasilitas pariwisata pun belum banyak disana.
      Terima kasih. Good Luck Tripnya ya 🙂

  2. wah kukira desa tertinggi itu, desa sembungan dieng .. etdah ternyata b29 lebih tinggi hehe .. josslah ..

    1. hhe, kayaknya sih ini lebih tinggi, 2900 mdpl, setara arcopodo dan hampir mendekati lawu malah, makanya kalau pulkamp main kesini 🙂 rasakan sendiri sensasinya

    1. wah kalau hotel terdekat sekitar 10 Km dari lokasi mas, namanya somanake, harganya tidak tau, untuk pom bensin terdekat ya di kota mas, 40 Km dari lokasi. nama lokasi pomnya yaitu pom serbet

    1. Makasih gan udah mampir dimari.
      Angkutan umum ada dari kota lumajang hingga ke pasar senduro. Dari senduro menuju puncak b29 bisa ditempuh dg ojek sekitar 15 km dg harga kisaran 30rb. Pemandangan indah sempurna adalah jam 5-8 pagi sunrise dan sunset sore hari. Saran ane sih camping di hari weekend aja

      1. wah, ekspress bener reply-nya 😀 sangat terbantu oleh infonya 🙂
        Iya, weekend mantaph tuh (y)
        Nanya lagi nih, gan. ojek ada di senduro sampai jam berapa, gan?

      2. Hahah mumpung lagi online,
        ojeknya kalo malem aja nggak ada, kalau beruntung ikut truk sayur lebih menghemat biaya lagi. sampai di gapura selamat datang di desa argosari barulah naik ojek ke puncak sekitar 5 km dengan harga 15rb. lebih dari itu jangan mau deh. kemahalan. 😀

  3. Wahhh… Jd gk sbar pgen maen ksna gan, oiyaa slaen B29 d lumajang ada wisata alam ap lg gan?? Aku ad rncana maen ksna gan, mohon info nya yaakk

    1. Wah nice, kapan rencana mau ke lumajang, wisata lumajang didominasi oleh wisata alam mbak.
      Altrnatif lain bisa ke air terjun manggisan yg tak jauh dg jalur ke b29.
      Kalau pingin ke danau ada segitiga ranu yaitu klakah, bedali, sama pakis, itu buaguuss banget pemandangannya mbak.
      Mau ke pantai bisa ke tpi tempursari bisa makan ikan bakar segar dg panorama pantai yg anginnya sepoi sepoi,
      Atau gunung sawur sbg pos pantau gunung semeru, disana ada hutan bambu yg masih asri dan bisa bermain dg kera yg jinak.
      Serta kalau lewat jalur selatan bisa mampir ke wisata goa tetes yg terkenal itu.
      Dan masih banyak lagi yg lain, mau tau tentang semua wisata wisata tersebut silakan buka daftar tulisanku di sisi kanan atas blog ini mbak.
      Have a nice trip 🙂

    1. ya coba main kesini lah mas, keren, nggak bakal kecewa deh.. pengen balik. pemandangan keren sih pagi hari sama sore. kalo ramenya tiap hari. soalnya udah terkenal banget nih tempat. tp tetep yg paling rame ya weekend.

  4. mau nanya nich,..kalo naik mobil jalannya aman gak? trus pos terakhir utk parkir mobil dimana? apakah tempat parkir aman juga?setelah parkir mobil apa seperti G.Bromo yg hrs naek jep/ojek? trus kalo camp.lokasi deket parkir mobil atau jauh? mohon infonya, terimakasih

    1. Thanks kak nadya udah mampir kesini.
      1. Kalau naik mobil, aman kok selama perjalanan lepas dari perumahan warga memang sepi, jalanan perbukitan. Tetapi aman kok. Warga daerah sana ramah kok.
      2. Pos terakhir untuk parkir mobil terletak di dekat gapura B29. kalau punya hobby mendaki, mending mendaki karena pemandangan disana keren, 30 menit saja. Lereng bukit dengan vegetasi perkebunan sayur warga argosari,
      3. Kalau tak ingin bercapek2 mending ngojek 15rb sudah sampai punyak, perjalanan sekitar 20 menit saja.
      4. Kalau camping ada di puncak B29 kak, 1.5 Km dari parkiran.
      Sekian, semoga membantu, have a nice trip ^_^

  5. terimakasih infonya. Aku juga baca artikel kamu, Tour de Eastern Java Ring. ternyata libur lebaran kemarin keliling naik sepeda ya..hebat & salut buat kamu. Kalo aku libur lebaran tgl 1-3 Sept 2014 pergi ke segitiga ranu (bedali, klakah, pakis) dilanjut ke watu ulo & papuma malam nginap di Gumitir pagi tgl 2 keliling Cafe & Rest Gumitir trus ke kolam renang taman suruh, wisata osing dilanjut sore camp di kawah ijen malam berburu blue fire pagi tgl 3 turun dilanjut ke Baluran snorkling di pantai bama lalu pulang ke surabaya

  6. kepengen kesini banget, tapi rekan udah pada sibuk, hmmm….mudah2an masih berkesempataan kesini dan ngecamp! #mupeng beraaaaattt……

    1. Wah sayang sekali, segerakan deh, weekend adalh waktu yg tepat, hahah
      have a nice trip dah, semoga kesampaian ke B29 secepatnya. beneran nggak akan nyesel kesana, nagih banget pengen kesana lagi 🙂

  7. gan,,klo dri sby ke goa tetes brgkt malem kira” aman gk ya? dnger” akhir” ini lumajang raean..biasa qt klo touring brgkt mlem jm10-11 gt. kira” brp jam prjlanannya?

    1. Wah gan, jangan malem, selain sulit medan, tak ada camping ground tanah datar disana. Penginapan pun tak ada sepertinya. Mending pagi. Kalau terpaksa harus camp mending ke daerah penanggal candipuro. Ada gunung wayang, panorama keren. Ini selengkapnya https://hafidhmind.wordpress.com/tag/gunung-wayang-lumajang/
      Untuk perjalanan dari sby lmj sekitar 3.5 jam normal. Lumajang Guo tetes sekitar 2.5 jam normal. Selengkapnya https://hafidhmind.wordpress.com/2014/01/31/air-jatuh-dari-ketinggian-200-m-di-gua-tetes/
      Semoga bermanfaat gan. Selamat weekend. 🙂 Semoga selamat

    1. kalau malem aman. kalau tak mau camping ya alternatif berangkat malem, temanku kemarin berangkat jam 12 dari sidoarjo sampek disana pas waktu sunrise. Ya sampeyan boleh kisaran jam sekian lah berangkatnya. 🙂

  8. klo dri kota stlh lwt jl semeru lwat mana lgi gan,,,,,,,soalnya sudah lupa gan jarang pulang.,,,,,,,,rncnanya mau lburn ksna,,gan sm tmen,,

    ente lmjang mana gan,,,?

  9. mas rencananya besok q mau kelumajang dari banyuwangi jam 13.00 siang kira” nyampek parkiran B29 jam berapa ya? aman gak disana mas jalannya kalau malam? cz q cuma ber2 aja sama suami niatnya pngen lihat sunrise sih

    1. Aman, kira ke lumajang 5 jam lah. Dari Lumajang menuju B29 paling se jam dilanjut ojek 30 menit. Mending transit di kota Lumajang dulu, berangkat dari kota subuh jam 3an. Daripada di argosari nggak ada penginapan disana. Dingin pula. Kalau bawa tenda sih oke saja naik ke puncak abis isya’. Jalan mulus jelas dan aman insyaAllah.

  10. halo salam kenal. blog tentang eksplor Lumajang sangat bagus sekali 🙂 Mas asli Lumajang? jika berkenan saya ingin bertanya-tanya sedikit mengenai pariwisata Lumajang untuk suatu keperluan. mohon hubungi saya via email yang telah saya cantumkan ya. terimakasih sebelumnya

  11. salam kenal mas hafidh; membaca semua coment jawaban semua oke banget ,kita dari komunitas bikers kediri mohon info kalo mau ke puncak B29 apakah ada lahan parkir untuk /- 30 kendaraan roda 2 di puncaknya? tks infonya

  12. keren gan
    pengen kesana via kendaraan umum
    boleh minta dibantu arahkan kalo saya naek kereta / pesawat dari jakarta?
    terima kasih

    1. Kalo kereta/pesawat turun malang aja, ntar naik angkutan ke terminal arjosari. Dari sana naik bus arah dampit dan Lumajang via jalur selatan. Ntar minta turun di perbatasan Lumajang – Malang, tepatnya di desa sidomulyo pronojiwo, lokasi coban sewu di pinggir jalan kok. Jadi jangan khawatir, aksesability cukup mdah. 🙂

    2. Maaf bro, tadi salah respon. Kalau ke b29, sangat sulit angkot. Bisanya ojek. Lebih kalau kereta/pesawat turun malang, terus naik bus ambil arah Kota Lumajang, nanti dari kota ada angkutan ke senduro, nanti dari pasar ke b29 bisa ngeteng atau ngojek sampek puncak.
      Begitu, kalau ada yg ditanyain lebih lanjut bisa kontak via WA 082312448105

  13. Welcome to Paradisot…
    Semuanya yang dilihat n dirasakan sangatlah nyaman menyejukkan tempat ini. Akan lebih berkesan n selalu ingin datang lagi kalo dipromokan dengan berbagai acara terutama dihari liburan rutin semacam agenda bulanan yg bisa dikelola oleh EO atau dari instansi setempat. Semogacepatdikenal mancanegara dan menjadikan inkam buat kota kecil LUMAJANG.

  14. Tanya gan,kalau parkir mobil mau ke b29 dmn,trs ojek dari tempat parkir mobil ke b29 skr brapa?itu PP apa gmn,soale ada planing mau ngecamp di b29 sama anak kecil.
    Kira2 mobil xenia kuat g sampai desa argosari y?

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s