Air Terjun Watu Lapis, Pasrujambe, Lumajang

Air Terjun Watu Lapis, Pasrujambe, Lumajang

Air terjun Watu Lapis terletak di Mbenciran, Dusun Tawonsongo, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang. Lokasi wisata air terjun ini dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor pribadi baik sepeda motor maupun mobil. Tak ada angkutan umum yang melewati kawasan ini. Jarak tempuh sekitar 35 Km dari pusat kota Lumajang dengan estimasi perjalanan sekitar 1.5 jam perjalanan. Wisata ini masih tergolong baru di kalangan wisatawan lokal maupun nonlokal. Awal tahun 2013 ditemukan dan sekitar bulan Mei 2013 baru diresmikan oleh Bupati Lumajang yang secara langsung mengunjungi tempat ini.

BeFunky_null_3.jpg
Banner Kawasan Wisata

Objek wisata air terjun Watu Lapis ini terletak ditengah hutan kopi milik warga sekitar. Perjalanan menuju tempat wisata sudah dapat dilalui sepeda motor sekitar 1 Km dari rumah warga dan sudah tersedia tempat parkir di area wisata. Namun jalan masih belum begitu baik karena masih dalam proses pembangunan. Bisa juga sepeda parkir dirumah warga dan berjalan menuju lokasi air terjun selama 20 menit. Pilihan untuk parkir di wumah warga sangat tepat ketika musim hujan seperti ini dan bukan musim libur sekolah karena tempat parkir belum ada penjaganya.

BeFunky_null_4.jpg
Kebun kopi di kanan kiri sepanjang perjalanan menuju Air Terjun

Berjalan menyusuri perkebunan warga lebih mengasyikkan daripada beradu adrenalin mengendarai motor dengan medan bergelombang seperti ini. Pemandangan lembah pegunungan nan indah di depan mata menggugah selera untuk berfoto. Wisatawan dapat menikmati sejuknnya hawa dingin pegunungan ditambah rimbunnya pohon kopi di kanan kiri jalan. Langkah kaki seolah didorong semangat seiring dengan kicauan burung silih berganti dan bunyi air mengalir di kanan kiri jalan. Terkadang dalam perjalanan juga dapat menikmati wahana air mancur dari pet bocor.

15 menit berjalan, sampailah sudah di tempat parkir dan pintu masuk kawasan wisata air terjun Watu Lapis ini. Jika musim liburan maka dikenakan karcis masuk 2000 per orang dan terdapat penjaga parkirnya. Derasnya air terjun dari ketinggian 20 meter seolah memanggil manggil wisatawan untuk segera kesana menikmati indahnya alam yang disuguhkan.

Air yang jernih jatuh dari ketinggian membentuk pola yang begitu indah. Derasnya aliran air melewati batuan yang berlapis lapis, sehingga orang menyebutnya watu lapis. Ornamen dinding baruan cadas hitam sangat memukau bagi siapa saja yang datang. Air yang jatuh membentur genangan air dibawah memberikan efek suara alam yang natural. Aliran air sepanjang sungai juga sangat bagus. Takjub akan indahnya alam semesta ini hanya bisa dilakukan dengan rasa syukur kepada Allah yang memberi nikmat yang begitu besar.

BeFunky_null_5.jpg
Air Terjun Watu Lapis from Lumia 510 *edited

BeFunky_WP_001695.jpg

BeFunky_null_7.jpg

BeFunky_null_8.jpg

Air terjun Watu Lapis ini sangat memiliki potensi wisata sangat besar. Nilai plus berupa taman berbagai macam bunga, undak undak bambu khas pegunungan, hutan bambu disekeliling air terjun menunjukkan wisata alam ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Terdapat jembatan bambu yang cocok untuk area berfoto, tempat duduk bambu, dan pondok bambu juga. Bagi anda pecinta alam juga bisa camping disini karena terdapat camping ground yang cukup luas cukup untuk 3 tenda. Tak perlu khawatir bagi yang belum pernah kesini plakat dan petunjuk jalan sudah sangat jelas memandu setiap wisatawan yang hendak berkunjung kesini.

BeFunky_null_6.jpg
Taman berbunga

Meskipun demikian, anda perlu menyiapkann makanan sendiri karena fasilitas masih belum memadai dan masih jarang pengunjung. Fasilitas MCK, ruang ganti, dan kantin memang belum ada. Sudah seharusnya dinas pariwisata memberikan dukungan maksimal untuk pembangunan wisata ini mengingat besarnya potensi yang bisa dikembangkan. Jangan biarkan wisata alam lumajang terbengkalai. Kita sebagai wisatawan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjagannya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Semoga Bermanfaat

Salam Lestari

Also see my adventure gowes Tour de Pasrujambe

Advertisements

9 thoughts on “Air Terjun Watu Lapis, Pasrujambe, Lumajang

    1. kalau dari penanggal, jangan ke jembatan gantung, sebelumnya kan ada pertigaan tuh, ambil kanan ke pasar pasru jambe, dan di pasar nanti ada pertigaan lagi ambil kiri. tepat di pertigaan itu ada plakatnya kok, arah barat 7 Km menuju watu lapis, 8 Km menuju watu klosot. Happy travelling ya

      1. Jalannya makadam apa beraspal?kira”kalu pakai sepeda metic ϐɪ̣̇S̤̥̈̊α̮ … Naik apa G̲̲̲̣̣̥∂̤̲̣̥̈∂∂∂̤̲̣̥̈k̲̲̲̣̣̥>:/ ?sebelumnya ({})♏αα º°˚ ˚°καcϊϊϊн…. Infonya Ƅя☺oº

    1. tidak kok, hanya saja jalannya berlumpur, akses sepeda motor sulit. mending dititipkan di rumah warga yang terakhir. dekat pintu masuk. semoga membantu, selamat berlibur. musim penghujan tak jadi penghalang kok 🙂

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s