#11 Tulisan Berita Pertamaku yang Akan Dimuat di Media

Tim Antasena Ikuti SEM 2014 di Filipina

Surabaya – Tim antasena telah berlaga di ajang bergengsi kompetisi inovasi mobil, Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2014 di Filipina, 6-9 Februari kemarin. Kesempatan emas ini tak disia-siakan tim antasena untuk unjuk gigi performa rakitan barunya. Performa Antasena PX sudah maksimal meskipun belum mampu finish race.

Persiapan Antasena PX sudah sangat matang karena selama satu tahun, pasca dibatalkannya SEM 2013 di Malaysia, tim antasena aktif melakukan trial and error guna menghasilkan mobil hidrogen yang sempurna. ”Selama satu tahun, kami fokus pada sistem driver, rangkaian elektrik, dan uji coba fuel cell”, ujar Yasfi, salah satu tim antasena, Rabu (19/2/2014). Secara teknik, Mobil Antasena PX seri kedua ini sudah jauh lebih baik daripada mobil keluaran pertama mereka.

”Meskipun terkendala pada roll bar yang kurang tinggi, akhirnya Antasena PX lolos technical inspection yang merupakan syarat mobil bisa race keesokan harinya”, Jelas mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi angkatan 2011 ini. Sedikit lega karena bisa lolos technical inspection di hari pertama, bukan berarti keesokan harinya bisa race dengan mulus. Dua kali diberi kesempatan race, nyatanya antasena masih belum mampu mencapai target finish race.

”Sampai saat ini, indikasi error terkuat terletak pada sensitivitas fuel cell terhadap temperatur tinggi dan sistem kontrol elektriknya”, Ungkap Dr. Lukman selaku pembimbing Antasena di SEM 2014 ini.

”Memang perlu banyak perbaikan untuk kedepannya dalam mengebangkan mobil berbahan hidrogen ini. Mengenali mekanisme dan karakteristik fuel cell serta perbaikan sistem kontrol merupakan evaluasi antasena untuk kedepannya”, Tambahnya.

Kedepan, Antasena PX ini diproyeksikan pada kompetisi lokal dan internasional lagi dengan kondisi yang lebih baik tentunya. Jauh dari itu, ”Harapannya, kita bisa membuat dan merakit semuanya mulai dari fuel cell, sistem kontrol, dan sistem mekaniknya secara mandiri”, Tegas Pak Lukman dengan mantab.

Memang tidak mudah mewujudkan impian besar itu, namun dengan komitmen yang tinggi serta kerja keras yang ditunjang kesolidan tim maka bukan tidak mungkin semuanya akan tercapai.

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s