#6 Hal yang Sering Terlupakan oleh Mahasiswa

#6 Hal yang Sering Terlupakan oleh Mahasiswa

ilustrasi_101010192657

Tak dapat dipungkiri mahasiswa adalah salah satu masa remaja yang indah. Dibalik keindahan yang ditawarkan, mahasiswa ini bisa dikatakan fase remaja paling akhir menuju dewasa. Tak jarang memang mahasiswa ini masih bersifat labil. Tiba tiba emosi naik kadang pula turun tanpa mereka sadari. Itu gambaran ego mereka.

Kalau soal ambisi, jangan ditanya deh. Mereka memiliki ambisi tinggi. Bahkan mereka memiliki semangat berapi api untuk mewujidkan cita citanya. Wajar saja. Biasanya mereka malah sampai menulis di dinding kamar mereka, apa yang ingin mereka capai. Mereka berusaha dan berdoa setiap hari untuk kesuksesannya. Stress ketika satu atau bahkan lebih apa yang ditulis di dinding kamar tidak tercapai. Sedih dan stress itu manusiawi. Tapi jangan berlarut larut juga. Itu sebenarnya yang tidak seharusnya dilakukan. Cari alasan untuk dirimu sendiri tentang kegagalan yang pahit itu. Misalnya, belum waktunya, kegagalan itu sukses yang tertunda, atau curhat dengan teman yang setidaknya bisa mengurangi bebanmu menahan pedihnya kegagalan itu. Percayalah bahwa kesuksesan tidak ada yang mudah, semua perlu dilalui dengan jalan yang tak hanya lurus dan mulus.

Eits tapi bukan masalah itu yang ingin aku ulas disini. Bicara soal ambisi seorang mahasiswa pasti tidak jauh dari ini :

  1. Mendapatkan ip cumlaude lulus cepat
  2. Agamis seperti target sholat, ngaji, dan ikuti kajian
  3. Dapat kerja yang mapan di perusahaan atau instansi pemerintahan
  4. Pengusaha muda
  5. Aktif di Organisasi, ekstrakulikuler, ukm, perkumpulan tertentu
  6. Manajemen waktu misal belajar 3 jam/hari, kuliah 24 sks
  7. Membahagiakan orang tua
  8. Kuliah di luar negeri
  9. Jalan jalan menyusuri indonesia atau dunia
  10. Dll.

Itu sekelumit ambisi yang biasanya aku tahu dari mahasiswa lain. Boleh saja punya ambisi dan cita cita selangit. Tapi jangan lupakan hal kecil ini. Hal yang jarang sekaali dipikirkan oleh seorang mahasiswa. Apa ya?

Kesehatan

Kesehatanlah yang jarang diperhatikan mahasiswa. Banyak mahasiswa lebih mementingkan kuliah kuliah kuliah, belajar hingga larut malam, organisasi, rapat tanpa mengenal waktu sehingga lupa makan. Sebenarnya makan itu hal kecil dari kehidupan kita, tapi dampaknya besar sekali lho. Makana teratur buat badan fit. Kalau makan sudah tidak teratur maka badan tidak akan fit dan cenderung sakit sakitan. Kalau sadah sakit mana bisa kuliah? Mana bisa belajar? Mana bisa dapat nilai maksimal? Mana bisa belajar jadi pengusaha? Mana bisa rapat lagi? Mana bisa berkarya untuk negeri? Mana bisa kuliah diluar negeri? Mana bisa membahagiakan orang tua? Kita akan lebih banyak butuh orang lain ketika kita sakit. Ya kan?

Tuh lihat banyak mahasiswa sakit sakitan mulai dari sakit pusing, migrain, mag, tifus, hepatitis, kangker, dan darah tinggi atau yang lain. Itu gambaran bahwa mereka sering lupa akan masalah kesehatan mereka.

Cobalah berfikir realistis. Tuliskan itu pada kamarmu. Cita cita untuk senantiasa terjaga dalam kesehatan lahir maupun batin. Targetkan bukan hanya ip tapi targetkan untuk makan tepat waktu, tidur tepat waktu, sholat tepat waktu, olahraga dikala ada spare time. Maka dengan demikian, temukan hidupmu yang baru dengan ritme yang lebih indah dari biasanya.

Salam mahasiswa!

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar

Advertisements

One thought on “#6 Hal yang Sering Terlupakan oleh Mahasiswa

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s