Gunung Sawur Lumajang: Pos Pemantauan Aktivitas Gn. Semeru

Gunung Sawur Lumajang: Pos Pemantauan Aktivitas Gn. Semeru

  WP_000290

Gunung sawur memang masih agak asing di telinga warga kabupaten Lumajang. Apalagi bagi para wisatawan luar Lumajang, pasti masih bertanya tanya, Gunung apa itu? Bisa didaki tidak? Padahal ketika kita bicara Semeru semua pasti tahu itu gunung yang terkenal di Lumajang itu ya.

WP_002005

Well, Gunung Sawur adalah pos pemantauan geologi dan vulkanologi Gunung Semeru. Disini terdapat kantor Badan Geologi sebagai pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi milik departemen ESDM. Gunung sawur terletak di Desa Sumbermujur, Candipuro, Lumajang.

Letaknya sekitar 40 Km arah barat daya kota Lumajang. Mencapai lokasi ini tidaklah susah. Cukup mengendarai motor sekitar 1.5 jam dari kota melewati kecamatan Tempeh atau kecamatan Senduro. Perjalanannya juga tidak seekstrim perjalanan menuju gunung gunung lain. Jalannya cenderung lurus dengan sedikit kelokan. Namun jangan khawatir. Pemandangan persawahan desa amat menyejukkan mata. Hijau dan embun tumbuhan di kanan kiri perjalanan cukup membius kita menuju kawasan wisata pegunungan alam ini. Tak jarang kita menemui hutan pinus, mahoni, dan pepohonan kelengkeng. Bisa juga beli buah satu ini dipinggir jalan ketika lagi musim kelengkeng.
Dari kejauhan ketika kita sampai di desa Sumbermujur sudah terlihat gunung semeru di barat dan gunung sawur di sebelah selatan bersama gunung wayang. Ingin tahu lebih dalam tentang keindahan gunung semeru dan gunung wayang klik saja linknya Lihat keindahan gunung wayang juga.. Hhe.

WP_000284

WP_000280

Sesampainya dipertigaan kita ambil arah kiri menuju gunung sawur. Dari sini kita tinggalkan jalan beraspal dan berganti jalan beton ala pegunungan. Jalur akan didominasi tanjakan berkelok yang curam. Harus ekstra hati hati dalam mengendarai kendaraan disini agar tidak terpeleset. Tak lama sekitar 5 menit kita akan sampai di lokasi pos pantau yang berada tepat di atas gunung wasur ini. Maklum gunung ini tak terlalu tinggi sekitar 800 mdpl. Sehingga kendaraan roda dua dan roda empat pun bisa sampai di atas.

Sesampainya puncak, kita bisa menikmati panorama alam lumajang secara utuh. Bahkan ketika cuaca baik dan tak berkabut kita bisa menikmati indahnya gunung semeru di barat dan gunung wayang yang tepat bersebelahan arah selatan gunung sawur ini. Kini, kita juga bisa menikmati segelas kopi, dan berbagai makanan ringan atau gorengan yang bisa menemani kita menikmati indahnya alam lumajang karena memang mulai menjamurnya warung di puncak gunung sawur ini.

WP_000288

WP_000289

Kesini ketika matahari mulai tenggelam akan sangat menyenangkan karena sunset di barat sangat indah. Atau alternatif lain kesini ketika malam hari akan melihat bukit bintang yang mana kita bisa melihat kelap kelip lampu seluruh lumajang dan indahnya bintang di langit.

Dan bisa juga dilanjutkan mendaki gunung wayang sekitar 30 menit dari gunung sawur dan berkemah diatas gunung wayang. Akan sangat indah.

WP_000299

Tak ada salahnya mampir dikawasan ini untuk sekedar mengetahui aktivitas pos pantau gunung semeru ini ketika berwisata ke hutan bambu dan menikmati keindahan alam yang ditawarkan disana bersama teman terdekat kita. Pasti dijamin romantis dan tak basi dah.

WP_000296

Untuk menikmati serangkaian wisata penanggal alternatif lain juga bisa diambil karena wisata alam disini lokasinya tak berjauhan kok hanya 1 Km saja. Berwisata paket ke Hutan Bambu baca disini dan Ke pemandian Tirtosari disini.

Semoga Bermanfaat. Salam traveller ^_^

Yuk baca juga ceritaku ke gunung sawur bareng teman2 gokil itu. Take deeper story here!

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s