Hutan Bambu, Pemandangan alam yang masih asri

Hutan Bambu, Pemandangan alam yang masih asri
Hutan bambu merupakan wisata alam yang berada di daerah Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Lokasinya dapat dijangkau sekitar 30 Km arah barat daya kota Lumajang. Untuk menuju lokasi wisata alam satu ini dapat ditempuh dengan menuju arah Kecamatan Tempeh dan ambil ke barat arah ke Pasrujambe/ Penanggal. Jalur yang dilewati cukup mudah dengan panorama alam pedesaan yang masih sejuk.

WP_002001

Tak jarang sawah yang hijau, kerbau, pak Tani, dan kabut menemani perjalanan kita. Perjalanan ala pegunungan yang berkelok kelok dan melewati hutan pinus/mahoni yang rimbun sering kita temui disana sini. Selain itu juga banyak ditemui pepohonan jenis kelengkeng disini. Di pinggir jalan juga tak jarang orang menjualnya. Tak ada salahnya kita membeli dan menikmatinya sesampainya di hutan bambu. Dijamin nggak mengandung bahan pengawet karena baru diambil dari pohonnya langsung.

WP_001995

Hutan bambu merupakan salah satu wisata alam yang wajib dikunjungi ketika sedang mampir ke Kabupaten Lumajang. Sebelum mencapai hutan bambu, kita akan disambut oleh keramahan orang disana yang sering kali menyapa kita atau sekedar tersenyum tanda ’welcome’ mereka terhadap pengunjung. Selain itu, kita akan melihat kegagahan Gunung Semeru di sebelah barat dan 2 anak gunungnya yaitu Gununh Sawur dan Gunung Wayang di arah selatan (sayangnya pas aku kesana lagi kabut jadi nggak kelihatan deh -_-). Jaraknya tak jauh dari pertigaan menuju Hutan Bambu. Disana tempat pemantauan aktivitas gunung semeru. Lihat juga gunung sawur. Dan gunung wayang yang sempat boleh didaki dan akan menjadi salah satu objek wisata lumajang yang kini sudah ditutup tanpa alasan yang jelas. Untung sekali aku masih bisa kesana kapan hari. Jadi aku bisa menjadi saksi keindahan yang ditawarkan gunung ini. Baca keindahannya disini.

WP_002005

Wisata alam satu ini menyuguhkan keasrian hutan yang masih sangat alami.

WP_002009

Tugu selamat datang di kawasan hutan lindung bambu menyambut kita. Memasuki area wisata sudah terasa sejuknya alam pegunungannya. Rimbun hutan yang didominasi oleh jenis bambu hijau ini seolah melindungi kita dari sengat panasnya matahari siang. Kalau kesini rasanya itu serasa berada di ketenangan hidup tanpa keriuh penatan perkotaan dengan segala kesibukan disana. Disini rasanya damai dan tentram. Suara kelelawar dan monyet juga menambah kesan alami kawasan wisata alam ini. Kita juga bisa memberi makan dan bermain bersama monyet-monyet disana. Tenang nggak bahaya kok. Hhe.

Sayangnya aku nggak dapet momen bersama kera. Sedih deh T_T

WP_002043

WP_002053

 

WP_002013

Sekedar duduk di tepi sungai di dalam kawasan ini sungguh menyegarkan pikiran yang sedang stress. Aliran air deras mampu menghipotis kita untuk tetap disini. Alunan merdu alam memang tak dapat tertandingi oleh genre musik apapun. Karena disana kawasan hutan, maka airnya pun sangat jernih.

WP_002060

Bisa juga kita mandi melepas lelah selama perjalanan menuju wisata ini. Airnya dingin menusuk tulang. Maklum air yang dialirkan memang berasal dari sumber air hutan bambu yang ada disini. Ada tempat seperti danau yang mengalirkan air bersihnya ke bawah menuju area persawahan dan permukiman warga. Warga sering memanfaatkan air jernih ini untuk mandi, cuci, mancing dan bahkan aku menemui salah seorang warga yang mencuci motornya disini.

WP_002055

Ikan hias pun sepertinya ada disini. Sinar matahari tidak sampai tembus ke dalam hutan. Hanya seberkas cahaya disana sini yang indah membentuk pola celah tertentu menambah keeksotisan wisata ini.

WP_002023

Didalam hutan bambu juga terdapat fasilitas yang memadai kok. Tempat gubuk untuk sekedar bersantai disana.

WP_002020

WP_002046

Berwisata keluarga kesini adalah pilihan yang tepat. Ada toilet, warung dan tempat beli makanan. Santai. Tidak akan menyesal deh kalau kesini. Setelah puas bermain dengan monyet, menikmatai keindahan sungai, air, ikan, dan pemandangan hutan bambu yang rapat nan hijaun atau sekedar bercengkrama dengan teman, kerabat, ataupun keluarga digubuk kita akan merasa puas dan ingin kembali kesana lagi.

WP_002064

WP_002048

Pemandangan pulang juga sangat indah persawahan warga yang didominasi padi dan cabai serta kacang kacangan juga siap menemani perjalanan pulang kita. Selama Perjalanan pulang kita juga bisa mampir di pemandian alam Tirtosari, Penanggal untuk sekedar refleksi dan menikmati kesejukan pegunungan lebih lama lagi 🙂 Lihat ini
Semoga Bermanfaat. Salam Traveller ^_^

Advertisements

5 thoughts on “Hutan Bambu, Pemandangan alam yang masih asri

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s