Birunya Ranu Klakah

Ranu klakah adalah objek wisata danau yang berada diketinggian 900 mdpl tepatnya di Desa Tegalrandu, Klakah, Lumajang. Letaknya tak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 20 Km saja atau sekitar 45 menit berkendara motor. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat untuk mencapai lokasi ini. Atau anda dapat menikmati perjalanan dari pasar klakah menuju lokasi wisata dengan dokar bertenaga kuda. Akses jalan sudah beraspal dalam kondisi baik.
Pesona keindahan alam yang ditawarkan sungguh membuat kita ingin berlama lama disana. Danau yang memiliki luas 22 Ha dan kedalaman 28 m ini berwarna biru berkilau oleh sinar matahari. Angin yang bertiup pelan menambah kesan sejuk dan segar daerah pegunungan. Apalagi background gn. Lamongan 1669 mdpl yang ada di sebelah timur menambah nilai eksotika kawasan wisata alam ini.

WP_000194
Kilau biru dengan background gn. Lemongan

Disini juga banyak dijumpai warga yang sedang memancing ikan. Ikan yang ada di danau ini bermacam macam dan biasanya di dominasi oleh ikan nila. Banyak penangkaran ikan yang dibuat warga untuk budidaya ikan tawar disana.

WP_000187

Ketika momen tepat biasanya kita akan mendapati orang sedang mendayung rakit dari bambu untuk menjala ikan di tengah danau. Lengkaplah sudah keindahan yang ditawarkan di tempat ini.

WP_000182

WP_000186

Wisata ini cocok untuk wisata sendiri, dengan teman atau juga bersama sanak keluarga terdekat. Fasilitas yang ada berupa mini boat untuk berkeliling danau, mainan anak, dan lengkap dengan toiletnya. Bagi anda yang berasal dari luar kota dan memutuskan untuk menginap, jangan khawatir disini juga disediakan penginapan kok. Ada juga lapangan tenis untuk olahraga bagi anda pecinta olahraga. Tidak ada salahnya mencoba gowes atau jogging disini ketika pagi hari. Keindahan sunrise berlatar belakang gn. Lamongan memberikan kesan tersendiri bagi anda penikmat alam sejati.

WP_000193

Ranu klakah merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Lumajang. Bagi warga Lumajang, jangan ngaku anak Lumajang kalau belum pernah melihat keindahan ranu klakah ini. Bagi wisatawan luar yang melintasi jalur propinsi menuju atau dari jember surabaya tak ada salahnya mampir menikmati kesejukan alam yang ada di danau ini. Masalah oleh oleh tidak sulit kok. Klakah terkeal dengan buah buahannya. Setiap musim buah pasti banyak buah yang ditawarkan di pasar atau di pinggir jalan. kualitas buahnya tak kalah dengan buah impor lho. Jangan salah kalakah juga merupakan salah satu penghasil nangka yang sangat enak dan terbukti sampai keluar kabupaten.
Ranu klakah juga merupakan satu diantara tiga ranu lain yang membentuk segitiga ranu, ranu pakis dan ranu bedali. Sehabis dari ranu klakah jangan sampai melewatkan keindahann yang ditawarkan ranunnya yang lain. Lihat disini ranu pakis dan disini ranu bedali.

Semoga Bermanfaat 🙂

Eits, ada yang ketinggalan nih aku punya rangkaian catatan perjalanan ke sini lho, baca juga deh! disini atau disini juga sama.

Advertisements

2 thoughts on “Birunya Ranu Klakah

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s