Damai Terasa di Ranu Bedali

Damai Terasa di Ranu Bedali

Hijau, rimbun, dan rindang adalah kesan pertama datang di salah satu dari tiga segitiga ranu di Lumajang. Pepohonan yang banyak menghijaukan kawasan wisata alam satu ini. Danau yang berwarna hijau seolah menambah kesejukan mata seiring dengan angin daerah pegunungan yang mengalir sepoi-sepoi. Berada di ketinggian bukit dengan melihat air yang tenang berwarna kehijauan alga dibawah memberikan kesan tersendiri dalam mengunjungi destinasi wisata Lumajang.

WP_000227
Berkendara ke Ranu Bedali. Nggak maksud untuk promosi lho hehe

Ranu bedali terletak di desa Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang. Ranu bedali merupakan danau terjauh dari rekan rekan danau yang lain seperti ranu klakah lihat keindahannya juga dan ranu pakis ini juga. Lokasinya dapat dijangkau sekitar 30 Km dari arah kota Lumajang. Dari pasar Ranuyoso hanya sekitar 5 Km masuk. Tetapi kalau kita memilih start dari ranu pakis atau klakah hanya berjarak 7 Km kearah utara.

WP_000229
Ini lho tanda masuk ke dalam kawasan wisata segitiga ranu. Disini aja udah keren. hhe

Jalan yang dilewati cukup sulit, jalan beraspal sampai Ranuyoso saja. Menjangkau masuk kawasannya harus melewati hutan bambu dengan kondisi jalan yang masih makadam. Tapi santai. insyaAllah aman kok. Banyak perumahan warga dikanan dan kiri. Sesekali beberapa meter berjalan kita akan melewati ladang milik warga yang banyak ditanami tanaman jenis kacang kacangan dan umbi umbian seperti ketela pohon dan ketela rambat.

Well setelah kita sampai di kawasan ranu bedali, kita disambut oleh tugu yang baru saja jadi. Ranu bedali selamat datang. Ya dari kejauhan terlihat cekungan besar diantara bukit disekitarnya. Semakin mendekat kita akan bisa melihat danau hijau dibawah. Ketinggian tempat ini 700 mdpl cukup sejuk ketika siang hari meskipun matahari menyengat kulit. Estmasi Kedalaman dari atas bukit sehitar 100 meter. Tapi kedalaman ranunya sendiri hanya berkisar 28 meter saja. Pemandangan yang disuguhkan disana memang sangat indah.

Anda bisa juga turun kebawah dengan melewati tebing curam. Dibawah kita bisa mendekat ke airnya yang berwarna kehijauan. Airnya yang tenang merupakan ciri khas ranu bedali. Biasanya warga sering mencari kerang dan ikan disini.

WP_000215
Warga nyari kerang dan ada yang mancing juga

Tak jarang pula anak kecil yang pulang dari sekolah menyempatkan mandi di ranu yang airnya segar dan dingin ini. Kalau kita beruntung kita bisa menumpang rakit untuk berlayar menuju tengah danau.

WP_000222
Naik Sampan

Namun, bagi anda yang tak biasa naik turun bukit jangan sekali kali mencoba ya. Hal ini dikarenakan curamnya tebing dan sangat menguras tenaga. Pasti anda akan kapok untuk menuruni dan menaiki bukit dengan elevasi 60 derajat ini. Diatas bukit saja sudah bagus kok pemandangannya.

WP_000207
Pemandangan dari atas juga udah top markotop kok.

Tapi bagi anda yang berjiwa adventure tak ada salahnya kebawah untuk menyaksikan langsung keindahan ranu bedali dari dekat.

WP_000224

WP_000208

WP_000209

WP_000217

Namun, ranu bedali merupakan wisata yanng masih belum banyak dikembangkan. Saat ini, perkembangan yang paling menonjol dari dinas pariwisata lumajang yang terlihat adalah terdapat pos perijinan masuk, parkir dan sepertinya sudah ada toiletnya. Jadi jangan heran kalau bukan musim liburan kita tak akan banyak menemui aktivitas berwisata disini selain warga sekitar yang melakukan keseharian aktivitasnya.

NB : untuk mendapatkan keindahann alam yang maksimal dari wisata danau di Lumajang sangat disarankan mengunjungi ketika hari cerah, tidak mendung, siang hari, dan dengan kendaraan pribadi.

WP_000225

WP_000218

Ntar bisa ketemu momen keindahan seperti ini
Semoga bermanfaat dan keep travelling to refresh our brains 

Ada versi inggrisnya lho kalau ingin tahu lebih dalam tentang segitiga ranu di lumajang. Let’s go

atau bisa juga lihat ini

Advertisements

2 thoughts on “Damai Terasa di Ranu Bedali

  1. […] Ranu pakis adalah objek wisata yang tak kalah keren dengan ranu klakah, sang rival. Ranu pakis memiliki luas sekitar 50 Ha dengan kedalaman 26 meter. Ranu pakis berada di daerah Desa Ranu Pakis, Klakah, Lumajang. Masih dalam satu kompleks segitiga ranu Lumajang. Dari ranu klakah kita hanya butuh waktu 5 menit untuk sampai di ranu ini. Tetapi dari pusat kota perlu menempuh jarak 20.5 Km atau sekitar 45 menit perjalanan motor. Ranu pakis memiliki keindahan alam yang unik. Berbeda dengan ranu klakah #kalau belum tahu ranu klakah ini lho yang airnya biru berkilau, ranu pakis memiliki warna biru kehijauan.Mau ranu yang lebih hijau dan sejuk, ya ini ranu bedali. […]

  2. […] Ranu klakah merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Lumajang. Bagi warga Lumajang, jangan ngaku anak Lumajang kalau belum pernah melihat keindahan ranu klakah ini. Bagi wisatawan luar yang melintasi jalur propinsi menuju atau dari jember surabaya tak ada salahnya mampir menikmati kesejukan alam yang ada di danau ini. Masalah oleh oleh tidak sulit kok. Klakah terkeal dengan buah buahannya. Setiap musim buah pasti banyak buah yang ditawarkan di pasar atau di pinggir jalan. kualitas buahnya tak kalah dengan buah impor lho. Jangan salah kalakah juga merupakan salah satu penghasil nangka yang sangat enak dan terbukti sampai keluar kabupaten. Ranu klakah juga merupakan satu diantara tiga ranu lain yang membentuk segitiga ranu, ranu pakis dan ranu bedali. Sehabis dari ranu klakah jangan sampai melewatkan keindahann yang ditawarkan ranunnya yang lain. Lihat disini ranu pakis dan disini ranu bedali. […]

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s