Perjalanan Penuh Petualang ke TPI Tempursari

Tempursari. Ya Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang. Kawasan ini menyimpan berjuta potensi alam yang belum sempat tergali oleh kebanyakan orang. Lokasinya yang berada di batas paling barat daya Lumajang menjadikan jarang pengunjungnya. Tetapi sejak akses jalannya sudah diperbaiki. Tempat ini sangat ramai pengunjung karena dapat dikunjungi dengan kendaraan pribadi motor maupun mobil.
Di Tempursari, terdapat salah satu objek wisata yang orang lumajang pasti tahu yaitu TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Berwisata ke tempat ini memang sangat menakjubkan. Dari pertigaan kecamatan Pasirian kita ambil arah kiri. Perjalanan kita didominasi rawa dan tambak warga di awal awal perjalanan. Perwasahan yang hijau dan sejuk menjadikan kita lupa bahwa panas matahari sedang menyengat.

WP_000128

Kemudian kita memasuki daerah perkebunan kopi dan coklat yang semakin sejuk. Kalau musim coklat kita boleh meminta warga sekitar untuk memetiknya langsung untuk bekal makanan selama perjalanan. Coklat disini terasa lezat dan masih alami karena memang baru saja memetik dari pohonnya langsung. Kemudian perjalanan menuju bukit dengan tipikal jalur yang berkelok dan tanjakan serta turunan yang curam. Jangan sampai terlena menikmati alam disaat seperti ini karena memang sangat berbahaya. Butuh konsentrasi tinggi dan handling yang handal dalam melewati perjalanan seperti ini. Kita lebih baik memilih turun sebentar dan menikmati indahnya lautan biru luas di selatan dari ketinggian bukit. Sensainya berkendara di perbukitan dengan pemandangan samudra lepas pantai memang sangat memacu jiwa petualang kita. Sangat asyik dan menyenangkan.

WP_000123
Pantai watu godeg

Tak lama kemudian kita akan menjumpai bibir pantai. Kita berkendara tepat disamping pantai. Kita dapat melihat perkebunan buah naga di kanan dan kiri kita. Berjalan menjauhi bukit dan menuju ke pantai. Dan akhirnya kita akan sampai pada pantai watu godek. Salah satu wisata terbaik di Lumajang. Watu godek adalah pantai dimana disana dapat dijumpai batu besar yang godek godek seperti bergerak akibat ombak laut yang menabrak deras pada batu ini. Keindahan tebing tepi pantai akibat kikisan abrasi air laut yang alami terbentuk sangat menakjubkan.

WP_000125
Tebing yang indah dan ramai dikunjungi muda mudi

Selanjutnya kita melanjutkan perjalanan sekitar 10 Km lagi untuk sampai di TPI. Sesampianya di Tempursari kita harus berganti jalur dari aspal menjadi makadam. Kita harus berjalan sekitar 500 meter menuju TPI. TPI ini sangat ramai dikunjungi setiap harinya. Fasilitas yang ditawarkan cukup baik seperti mushola, toilet, kamar mandi, warung, kapal, playground, dan karaoke serta camping ground.
Sesampainya disana anda jangan sampai melewatkan wisata kulinernya. Disana terdapat ikan bakar segar dari hasil tangkapan nelayang yang melaut. Masakan khas lumajang, sambal lalapan ikan bakar pedas dapat dinikmati digubuk kecil tepi pantai. Sambil makan, kita dapat menikmati panorama pantai yang indah. Pantainya tenang karena berbatasan dengan sungai daerah delta sehingga cocok untuk melaut. Angin laut yang sepoi sepoi dapat menambah selera makan kita semakin meningkat.
Panorama alam yang ditawarkan sangat berbeda dengan pantai selatan lain di Lumajang. Disini kita bisa menikmati birunya laut dari kejauhan. Ombaknya silih berganti.

WP_000130

Nah uniknya disini kita bisa menyewa kapal laut milik nelayan. Kita dapat berputar putar mengelilingi delta sungai yang berbatasan dengan laut secara langsung. Biayanya pun tak mahal hanya 5 ribu per orang dengan asumsi kapal penuh.

WP_000134

Di dalam kapal kita bisa menikmati alunan musik yang memang disediakan untuk menghibur pengunjung yang menumpang kapal mereka. wih menyenangkan dah pokoknya berlayar di laut dengan ditemani alunan musik.

WP_000137
Berlayar di delta perairan air payau bareng teman

Berwisata ke daerah Tempursari tak lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi agrowisatanya. Tempursari terkenal dengan produksi salaknya yang sudah bersklala nasional. Sepanjang perjalanan pulang kita dapat mengunjungi perkebunan warga dan memetik salak langsung dari kebun. Ini sangat berkesan. Benar benar menjadi pengalaman hidup yang tak terlupakan ketika kita bisa bersama pemilik ladang memetik salak untuk dijadikann oleh oleh sanak keluarga dirumah.

WP_000142
Berburu salak

Untuk perjalanan pulang disarankan melewati akses jalur menuju pronojiwo karena kita akan bisa menikmati pemandangan sore hari di perbukitan. Indahnya bukan main. Mengendarai motor ditemani sunset senja sinar matahari sore di arah barat. Jalur yang dilewati juga menantang dan memacu adrenalin berdegub kencang karena jalan pegunungnan berkelok tajam.
This all about Tempursari. Semoga bermanfaat dan Happy travelling.. Oiya baca juga pengalamanku berpetualang di Tempursari.

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s