Hijau Memukau Antrukan Kali Gedang

Hijau Memukau Antrukan Kali Gedang
Kesan pertama melihat Antrukan Kali Gedhang ini adalah terpukau dengan hijau lumut tebingnya. Tebing yang membatasi ketinggiannya membentuk tekstur bebatuan yang indah. Keindahan batuan dilengkapi dengan tekstur berlapis dan semak belukar yang hijau. Pesona kehijauannya menancap di mata fokus terhadap keindahannya saja. Airnya juga jernih dan kehijau hijauan mempertajam suasana hijau disana yang notabene warna itu mensugestikan kesejukan.

WP_002155
Mugilnya

Tak terlalu tinggi memang hanya sekitar 10 meter saja. Tetapi aliran air sungai yang memang deras dari awal mengalir membuat deras alirannya sangat terlihat jelas. Luas area sungai sangat lebar dibawah air terjun. Ketika tidak banjir, kita bisa berjalan melompat batu sana dan sini untuk bisa menikmati air terjun secara menyeluruh. Ditengah sungai sini kita bisa duduk santai sambil menikmati keindahan alam sekitar air terjunnya. Kita bisa juga bersantai dan menghirup udara segar atau bermain air dengan mencelupkan air ke dalam sungai dan merasakan sendiri dingin dan segarnya air disana.

WP_002164
Kesegaran dari dekat
WP_002154
Near

Sekilas terpintas pikiran kenapa kok namanya antrukan kali gedhang? Secara kamus bahasa jawa dapat dijelaskan bahwa antrukan berarti air terjun, kali berarti sungai, dan gedhang berarti pisang. Sehingga dapat dirangkai dalam bahasa indonesia menjadi air terjun sungai pisang. Memang selama perjalanan kita menemukan banyak pohon pisang disini. Oleh karenanya warga menamainya kali gedhang.

WP_002162
Other site

Antrukan kali gedhang dapat dicapai dengan mengendarai sepeda motor sejauh 21 Km dari pusat kota Luamajang. Jalur yang ditempuh bervariasi mulai dari aspal, makadam dan jalan sempit ala ladang pedesaan. Dari pabrik teh kertowono kita ambil jalan masuk menuju air terjun semingkir dan memotong kompas ke kiri di jembatan sungai pertama. Lalu kita melalui perkebunan pisang dan mengikuti sungai itu sejauh 500 meter kedalam. Atau secara umum kita bisa menempuh jalur yang sama dengan antrukan bedhug karena memang masih dalam satu kompleks air terjun.
Dalam menikmati alam air terjun kali gedhang kita perlu menyiapkan stamina ekstra dan kondisi sepeda motor yang prima.

WP_002157
Eits Tempat Wisata Bukan Tempat Maksiat

Semoga bermanfaat. Wonderful Lumajang. By Hafidh The Explorer

Kalau Pengen Tahu Ceritaku kesana, Let’s See This.

Atau Lihat juga Keindahan Gucialit yang lain, klik aja:

Antrukan Pawon

Antrukan Bedhug

Antrukan Kali Gedhang

Antrukan Semingkir

Semoga Bermanfaat

Advertisements

5 thoughts on “Hijau Memukau Antrukan Kali Gedang

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s