Deretan Pantai Malang yang Eksotis

Petualangan di garis pantai selatan Kabupaten Malang

WP_001908
Perjalanan Kami Menembus Tapal Batas

Sebuah perjalanan mendadak menuju bagian paling selatan kabupaten malang. Rabu, 19 Maret 2014, aku melancarkan serangan fajar terhadap teman seangkatanku. Hahah bisa dibilang begitu sih.

Aku dari awal memang nggak pengen ikut temen2 se-angkatanku yang mau berwisata ke WBL Lamongan. Udah tau kan WBL kek gimana? Panas, garing, dan wahannanya kurang greget. Karena aku nggak ikut temen2 tapi aku dapat ijin libur pada hari itu gara2 dispensasi acara KI.
Ya awalnya pagi itu aku tak ada rencara mau keluar kontrakan. Aku pengen istirahat dulu. eh malah ada temenku satu kontrakan yang ngajakin maen ke malang. Ya jelas lah aku mau aja. Lha diajakin main kok nggak mau. Rugi lah. Pagi itu kami langusng segera mempersiapkan diri setelah 2 teman 1 kontrakan kami berangkat ke WBL. So, komposisi touring kali ini adalah aku, ucup, lilo, lisa yang sama sama nggak ikut ke WBL.
Set plan and go! Jam 9 am kami berangkat dengan mengendarai yamaha mode, vixion vs mx. Kedua temanku ini memang hobi dalam dunia motor yang satunya spesialis touring dan satunya lagi racing. Klop dah. Satu kontrakan sama temen2 yang sehobi. Perjalanan menuju malang tak ada hambatan berarti. Nggak macet juga. Alhammdulillah. Kemudian masuk ke jalur selatan malang, kami sudah capek dan jalanan membosankan karena mulai terasa panas. Setelah melewati turen dan naik bukit barulah kami sangat menikmati perjalanan dengan keindahan perbukitan tepi pantai.
Sesampainya di garis pantai selatan malang, kami langusng mengunjungi pantai paling ujung barat dan mengunjungi satu per satu sampai ke timur sendang biru. Meskipun nggak sampai pantai tamban sih. Aku awalnya mengunjungi pantai bajul mati. Karena masih siang akhirnya kami berada di gubuk tepi pantai berbincang melepas lelah dan menikmati indahnya deruan ombak pantai selatan yang besar. Kemudian kami susur pantainya.

Pantai Bajul Mati

WP_001795

Pantai bajul mati adalah salah satu pantai di malang selatan yang memiliki garis pantai putih. Ombaknya besar dan merupakan pantai yang luas dengan warna laut yang hijau muda kecoklatan. Terdapat karang disebelah barat dan tebing besar tepi pantainya. Gubuk, playground, warung, dan toilet lengkap dengan mushola ada disini. Tempatnya lumayan sejuk dengan angin sepoi-sepoi lautnya. Tempat ini ramai ketika hari libur dan berbayar.
Setelah berpuas disini, kami melanjutkan perjalan menuju pantai lain seperti pantai jelangkung dan bengkung yang berada di sebelah barat pantai bajul mati.

Pantai Jelangkung

WP_001867

Pantai jelangkung merupakan pantai dengan rerumputan hijau di tepiannya. Tah kenapa kok diberi nama jelangkung. Pasirnya juga putih dan lebih lembut di kaki. Terdapat banyak pohon kelapa disini. Pohon kelapa yang melambai lambai oleh tiupan angin laut menambah nilai eksotis kawasan ini. Romantisme berada dibawah pohon kelapa dan menikmati landscape view pantai biru nan luas disana memang sangat terasa.

Pantai Bengkung

WP_001890

Pantai bengkung berada tepat di barat pantai jelangkung. Pantainya mirip teluk bay/teluk hijaunya banyu wangi. Disini sangat terlihat cekungan lautan yang menjorok ke daratan. Sisi kanan dan kirinya adalah tebing tinggi. Terdapat banyak terumbu karang disini lengkap dengan keanekaragaman hayati berupa fauna dan flora khas laut selatan. Bermain air disana merupakan hal yang menyenangkan. Belum lagi pasirnya yang sangat lembut membuat kita betah berlama lama disana.

Sayangnya kami hanya berfoto saja disana karena kami mengejar istirahat lama di gua cina dan sendang biru untuk makan siang. Kami segera melanjutkan perjalanan ke pantai ungapan yang merupakan pantai paling timur dari kompleks barat kali bajul mati. Perbatasan kompleks timur dan barat dibatasi oleh jembatan dengan arsitektur yang indah yang menghubungkan jalan yang terpisah karena adanya sungai bajul mati.

Jembatan dan Sungai Bajul Mati

WP_001789

WP_001788
Jembatan Bajul Mati

Pantai Ungapan

WP_001919
Ungapan

Pantai ungapan adalah pantai dengan gubuk tepi pantai yang banyak dan indah untuk dilihat. Gubuk terbuat dari kayu dan bambu dengan atap dedaunan menambah kesan tradisional sekali. Berjajar gubuk dari timur ke barat pantai seolah tak ada habisnya. Kita bisa menikmati makanan ringan, berat, dan minuman dingin dengan memesannya di warung terdekat. Disekitaran gubuk merupakan rumput hijau dengan pohon pinggir laut dan beberapa kelapa. Menikmati udara sejuk, makanan dan minuman di gubuk tepi pantai dengan view pantai membuat otak kita fresh dan terbebas dari stress.
Disini kami hanya duduk sebentar dan mengambil gambar dan segera melanjutkan ke pantai goa cina. Nah dipantai ini kami ingin berlama lama karena katanya pemandangannya paling indah. Kesan masuk area ini begitu buruk. Jalanan berbatu kapur yang panjang sekitar 1.5 Km menyiksa sekali. Tapi setelah masuk ke kawasan pantainya, kami langsung tercengang dengan pesona pemandangan yang ditawarkan.

Goa Cina

WP_001954
Pantai Goa Cina

Pantai goa cina merupakan pantai yang sangat mempesona. Hijau tebingnya dan kerasnya karangnya membuat setiap pengunjungnya terlena dengannya. Pasirnya putih merona dengan kilau logam yang terkandung didalamnya. Ombaknya tak terlalu besar karena dihadang oleh kerasnya terumbu karangnya. Terumbu karang disini sangat luas sepanjang bibir pantai dan tebing tebingnya pula paling banyak dan besar. Kita bisa melihat laut biru dan kehijauan sejauh kita memadang. Pemandangan akan lebih terlihat indah lagi dengan ornamen letak tebing yang jauh di lepas pantai. Katanya sih di salah satu tebing tepi pantainya ada goa. Mungkin goanya orang cina sehingga dinamai goa cina. Mungkin.
Kami kesorean disini karena kami terlalu molor disetiap sesi pantai yang kita kunjungi. Kami keluar dari gua cina sekitar jam 5. Itu dalam keadaan belum makan siang. Teman temanku sudah aku ingatkan untuk makan di sendang biru dulu malah nggak mau. Ya udah sekarang kelaparan bareng hahaha.

Sendang Biru

WP_001973
Sunset Sendang Biru

Sendang Biru merupakan tempat pelelangan ikan yang juga berada satu kompleks dengan pantai selatan malang yang lain. Disini banyak ikan dijual. Ikannya masih segar karena memang merupakan hasil tangkapan laut nelayan sana. Disini juga merupakan tempat penyebrangan menuju pulau sempu yang indah dan terkena dengan pantai segara anakannya. Ombaknya tidak ada cocok untuk melaut dan penyebrangan. Hal ini wajar karena tempat ini merupaakan teluk besar dan tak ada karang disini jadi sangat cocok untuk perahu yang menepi ke galangan kapalnnya.
Sesampainya di sendang biru kami mendapati keapesan (baca: ketidakberuntungan). Warungnya tutup semua dan tak ada ikan bakar disini. Huh. Menyebalkan akhirnya kita hanya sholat maghrib disini dan kemudian cabut dari pantai sekitar 6 pm. Berjalan ditengah hutan dengan jalan yang berliku membuat kami harus ekstra hati hati dari kecelakaan dan juga perampokan.
Alhamdulillah akhirnya sampai malang kota sekitar jam 10 malam dan kami makan di pujasera belakang um dan ngopi dulu di stmj sob malang. Sambil menikmati malam, melepas lelah, dan transit sebelum pulang ke surabaya lagi. Satu jam berlalu di malang kota. Kita akhirnya puas dengan semuanya dan memacu sepeda kami agar segera sampai di kota menjenuhkan ini lagi.

WP_001822
Aku ketika itu

Menikmati indahnya pantai, luasnya samudra membuat kita berpikir kita adalah makhluk kecil di dunia ini yang tidak ada apa-apanya dibandingkan Maha Besar Allah SWT. – Me
Its all about my journey. Semoga bermanfaat dan menginspirasi kita untuk bisa menikmati dan mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada kita. Meskipun kita berwisata tetap jangan lupakan sholat sebagai kewajiban utama kita. Dan tempat wisata bukanlah tempat untuk maksiat.

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami