Sobyok: Air Terjun di Tengah Rimbanya Hutan

Sobyok: Air Terjun di Tengah Rimbanya Hutan
Rimba hutan di Indonesia tergolong hutan hujan tropis. Belantara hutan di Indonesia memiliki ciri khas yang unik yaitu curah hujan yang tinggi dan selalu basah serta mendapat asupan matahari sepanjang tahun. Hal ini menyebabkan keanekaragaman hayati yang ada di hutan-hutannya sangat lebat. Begitupula di Lumajang yang merupakan salah satu wilayah pelosok desa terpencil di Indonesia, Lumajang memiliki hutan yang lebat dan sangat indah.

WP_000242Sobyok merupakan air terjun yang berada di tengah hutan di kawasan Desa Burno, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Meskipun tidak berada di hutan yang lebat dan hutan lindung milik pemerintah, perjalanan menuju lokasinya mirip penjelajahan dalam hutan hujan tropis. Letaknya sekitar 20 Km dari pusat kota Lumajang. Untuk mencapai lokasi air terjun bisa menggunakan kendaraan bermotor hingga parkiran warga di Burno. Kemudian anda berjalan melewati jalur sawah warga dan melewati jalan setapak tangga yang sudah dibeton.
Sebenarnya keindahan air terjun ini terletak ketika kita berjalan menuju lokasi wisatanya. Selama perjalanan kita akan melewati ladang milik warga yang didominasi tanaman kacang, umbi, dan padi. Kita juga akan melewati pematang sawah dan berjalan diantara sawah hijau dengan view pemandangan landscape yang luas. Sebelum menuruni tangga beton kita akan bertemu gubuk di sawah. Kita bisa istirahat sejenak sebelum melakukan trekking jalur yang lebih ekstrem lagi. Kita akan menuruni tangga yang memiliki elevasi 25-30 derajat. Kita harus ekstra hati hati disini karena di kiri kita tebing dan kanan kita jurang yang bermuara pada lembah tempat sungai yang mengalir pada air terjun sobyok. Lelah tak terasa hingga kita sampai ke TKP karena pemandangan hutan ala pegunungan yang ditawarkan disana memang masih alami.

WP_000234
Hutan Bambu

Air terjun sobyok terdiri dari dua air terjun, yaitu: kecil dan besar. Air terjun kecil terletak di awal perjalanan dan jika ingin menuju air terjun besar kita harus berjalan lagi sekitar 100 meter. Ketinggian kedua air terjun ini juga berbeda sekitar 15 meter untuk yang tinggi dan 10 meter untuk yang rendah. View yang ada disana sangat indah. Kita bisa bermain air dan menikmati pijat refleksi dengan mandi di bawah air terjun itu secara langsung. Secara umum, air terjun besar lebih indah dari yang kecil karena tempatnya yang lebih luas dan air terjun yang lebih tinggi.

WP_000240
Sobyok Kecil dari Jauh
WP_000245
Jernih airnya

Tak ada salahnya anda mencoba keduanya. Jangan menggunakan alas kaki yang tipis untuk menuju tempat wisata ini. Disarankan untuk berkunjung ketika musim kemarau atau tidak hujan untuk menghindari terpeleset di tangga.
Aku tak pernah lelah menyusuri indahnya alam ciptaan Allah. Aku sangat suka menjelajahi luasnya rimba di hutan hujan tropis belantara Indonesia. Cinta tanah air ini aku maknai sebenar-benar artinya tanpa melihat kiasan yang terkandung didalamnya. – Me
Semoga bermanfaat dan menjadi itenary perjalanan yang akurat.
Let’s see my experiencce to go this place. Press this!

Advertisements

2 thoughts on “Sobyok: Air Terjun di Tengah Rimbanya Hutan

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s