Curhat hati tentang minat wisata alam lumajang di dunia maya

Curhat hati tentang minat wisata alam lumajang di dunia maya

Aku bukan orang yang muluk ingin disanjung dan dipuji. Aku sudah bosan diagung-agungkan orang. Sudah banyak yang bilang apa yang aku lakukan itu luar biasa gila. Dan kini sudah sampai pada titik terjenuh dari semua yang berbau membesarkan kepala itu. Sudah bukan saatnya lagi untuk menyombongkan itu semua.

Namun, ada sedikit keluh hati. Lebih tepat curhat. Ternyata, minat turis lokal maupun luar kabupaten masih sedikit terhadap potensi alam lumajang. Terbukti aktivitas google terhadap keyword wisata alam lumajang masih tergolong rendah. Aku sebagai salah satu pemilik blog yang memuat deskribsi wisata alam lumajang tak dapat menerima ini semua. Harusnya aku paling tidak mendapati statistik blog yang konstan untuk term wisata alam lumajang. Nyatanya apa? Semua itu belum cukup untuk menaikkan page rank di google.

Tak dapat dipungkiri memang lumajang masih dalam tahap pengembangan pariwisata secara besar besaran untuk mendongkrak pamornya di jawa timur bahkan juga di indonesia.

Lihat negeri tetangga. Probolinggo sudah punya tata kota berbasis lingkungan. Taman jalan keren dengan ornamen logo kelembagaannya. Belum lagi jember yang sudah selangkah lebih maju dari kita. Mereka sudah terkenal oleh sederetan artis papan atas indonesia. Kotanya juga sangat ramai. Apalagi kabupaten perbatasan barat daya, Malang. Kabupaten ini sudah jauh meninggalkan peradaban kita yang masih ’primitif’.

Berkaca dari perkembangan internet dari tahun ke tahun yang semakin meningkat, harusnya pariwisata lumajang harus memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang promosi yang tepat. Bukan sekedar lewat expo, pamflet, rute jalan, plakat, dan banner saja. Sudah saatnya bangkit bersama teknologi terkini. Cara ini juga digadang sebagai ajang promosi yang paling berhasil saat ini.

Semoga pihak terkait segera paham dan mengerti kondisi dan situasi. Kini, saatnya kita bangun lumajang dengan akses pariwisata yang lebih baik sehingga kedepan lumajang semakin dikenal peradaban luar sana.

Semoga bermanfaat

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s