#35 Istirahat tepat bagi mahasiswa

#35 Istirahat tepat bagi mahasiswa

Siklus hidup manusia tak akan pernah lepas dari istirahat. Istirahat sudah menjadi sebuah kebutuhan yang wajib dipenuhi bagi manusia. Istirahat berarti menenangkan seluruh/sebagian tubuh yang telah lelah bekerja. Istirahat banyak macamnya, bisa saja tidur, duduk santai, rekreasi, dan lain sebagainya.

Bagitu pula mahasiswa. Mereka kuliah selama beberapa jam sehari. Disusul kegiatan ekstra lain. Belum lagi mengurus kehidupannya sendiri secara mandiri. Bahkan mereka sering tidur larut malam untuk bisa menyelsaikan semua tugasnya dengan baik. Tak heran, mereka sering mengeluh kecapekan. Berat badan mereka turun derastis. Beban fisik dan beban mental menurunkan daya tahan tubuh mereka.

Karena aku mahasiswa aku tahu permasalahan terbesar dari mahasiswa adalah manajemen waktu yang kurang bagus. Shock effect adanya kultur yang berbeda dari masa sekolah menuju pendewasaan ala perkuliahan sudah dapat dimaklumi sebagian kecil dari mereka. Namun, sebagian besar lainnya masih belum mampu adaptasi menghadapi seleksi alam ini. Mereka bisa disebut gagal.

Dalam manajemen waktu, waktu istirahat juga sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, tak mungkin kita melakukan semua aktivitas tanpa istirahat. Tidur harus dijaga, waktu makan, dan keteraturan hidup. Tantangannya adalah bagaimana kita bisa menyelipkan slot waktu yang sempit untuk hal-hal yang berbau istirahat itu sangat sulit. Kepadatan kegiatan adalah salah satu faktor mengapa mahasiswa enggan memikirkan hal sepele itu.

Biasanya ketika mahasiswa kecapekan, mereka akan istirahat ketika kuliah berlangsung. Ini adalah kesalaha yang seharusnya tak dilakukan. Kuliah kok tidur. Tidur ya pas waktu tak ada kegiatan (spare time). Ya jadi intinya sebisa mungkin kita memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengerjakan tugas dan aktivitas secara produktif. Dan tinggalkan aktivitas itu ketika kita sudah capek dan maksimal dalam mengerjakannya. Dalam kondisi seperti itulah kita bisa istirahat untuk sekedar duduk atau tertidur pulas sebentar saja.

Semoga bermanfaat

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s