#37 Kesalahan cara bangun pagi

#37 Kesalahan cara bangun pagi

Aku adalah seorang pemikir yang dalam. Aku ingin memperbaiki setiap lini dalam hidupku. Termasuk waktu sholat. Aku targetkan sholat tepat waktu da selalu berjamaah. Namun, bagiki dan bagi kebanyakan umat muslim mendapati kesulitan melakukannya ketika sholat shubuh tiba. Ya tantangan terberat sholat terletak pada waktu shubuh.

Dulu aku berpikir bahwa tidur lebih awal akan membuat kita mudah bangun pagi. Sederhana saja, ketika kita tidur lebih lama maka kita akan mudah untuk bangun. Aku berpikir bahwa tetap saja kalau tidur terlalu malam maka kita jarang bisa bangun karena terlelap dalam capek.

Setelah berlama lama berprinsip demikian dan tak jarang melesetnya. Aku masih sering bangun kesiangan. Dan sekarang aku tahu penyebabnya. Aku ternyata salah berpegang teguh pada prinsip itu. Ternnyata tidur lebih awal bukan fungsi dari bangun lebih pagi. Hal yang paling berpengaruh adalah energi kita sendiri. Ketika energi kita maksimal, maka kita akan bisa bangun pagi buta meskipun kita tidur larut malam. Sedangkan ketika energi kita lagi sedikit seberapapun dan jam berapapun kita tidur maka tetap saja kesiangan. Tapi kenyataan mungkin bisa sedikit menyimpang. Tapi aku yakin ini persepsi ini lebih baik dari yang lalu. Pasalnya ketika kita capek meskipun kita dibangunkan alarm pukul 3 pagi maka kita matikan alarm dan tetap saja tidur lagi. Berbeda ketika badan kita sedang fit, segar bugar, ketika alarm jam 3 kita akan bangun.

Jadi, energi yang saya maksudkan disini adalah tingkat kebugaran tubuh. Bugar itu berhubungan dengan capek, kondisi tubuh, dan kesehatan tubuh. Analoginya seperti serial komik naruto. Dalam dunia ninja naruto, dikenal cakra. Ketika cakra itu sedang banyak kita akan bisa bangun jam 3 pagi meskipun tidur jam 2 pagi. Alarm akan berbunyi dan kita akn terbangun tanpa tidur lagi setelahnya. Begitu pula sebaliknya.

Semoga bermanfaat

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

