One Day Trip in Semarang Town

One Day Trip in Semarang Town

Minggu kemarin, aku habiskan waktu di Semarang. Semua begitu berkesan. Terlalu cepat tuk diusaikan. Tapi mau bagaimana lagi? kenyataan berkata lain. Senin pagi sudah menanti kuis termodinamika, matkul seram di semester 4 ini. Aku harus cepat pulang ke kota Surabaya.

Masih dalam rangkaian acara LKTI, Lomba Karya Tulis Ilmiah, yang diadakan Uness Semarang. Hari ini agendanya bersenang senang. Bangun tidur jam 5 bersiap tuk meluncur ke daerah Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Semarang, yang kebetulan jadi objek penelitianku, daerah rawan rob. Tak lama. Dan tak terasa sekali perjalanan dari kawasan ungaran yang merupakan dataran tinggi menuju pantai utara. Tak terasa memang karena tak tinggal tidur. Heheh..

Sampai disana acara yang dinanti pun tiba. Pengumuman hasil presentasi kemarin. Hatiku berdebar. Dag dig dug deeerrr. Meletup letup seperti potasium dalam air. huh. Tapi Allah berkata lain, takdir ini belum mengantarkanku sebagai pemenang. Ya faktanya seperti itu. Tapi aku dapat pengalaman berharga disana. Jadi nevermind. Meskipun agak kecewa sih. Tapi enjoy aja.

Selanjutnya nanem mangroov. Aku bersemangat. Secara aku sangat suka kegiatan outdoor berbau alam seperti ini. menyusuri pematang tambak. Kanan kiri tambak air laut. Berjajar mangroov kecil disepanjang jalan yang aku rasa itu juga masih beberapa hari ditanam. Jauh nan disana, terlihat hutan mangroov yang tidak terlalu lebat. Hijau. Air yang tenang. Segar angin laut. Panasnya suhu disana. Menyenangkan. Asyik lhoo menanam mangroov itu. Nanemnya tak seperti nanem tanaman biasa. Musti becek becek dulu di atas lumpur yang sepertinya hidup, menghisap kakiku masuk. Untung aku sudah biasa. Jadi tak terlalu kotor deh. Lihat peserta lain kakinya masuk setinggi lutut, aku tertawa sendiri. Bagus, berani kotor. Hhe

IMG_2702
Ikutan nanem mangroov di pantai Semarang

Setelah lama di melakukan penghijauann pantai. Kini siap bergegas ke Lawang Sewu sebagai icon kota tua semarang. Ini adalah peninggalan belanda dulu. Bangunan kuno yang dijadikan sebagai stasiun kereta pertama di Indonesia. Bangunannya kuat terbuat dari beton, batu, dan campuran yang didatangkan langsung dari belanda. Ada sistem drainase bawah tanah yang juga digunakan sebagai penjara bagi pekerja yang nakal. Air dalam sumur di depan lawang sewu di pompa keatas menara. Menaranya mirip lonceng. Seperti gereja kuno. Tapi entahlah tak tahu persisi aku. Aku lebih suka berfoto, menceritakan setiap langkah yang aku tempuh daripada harus mendengarkan guide ngoceh. Hhe.

WP_002704
Dari lt 2 Lawang Sewu

Puas di lawang sewu. Rombongan menuju MAJT, Masjid Agung Jawa Tengah. Kami berdua, saya dan nur, yang jadi satu timku yang sama sama dari lumajang, kami memilih berpisah dengan rombongan. Ada teman yang jauh jauh dari poltekes menghampiriku disini. Teman lama. Ya kami habiskan waktu bersama. Berfoto ria. Mengagumi setiap lukisan arsitektur masjid besar ini. Bangunannya luas dan gagah. Ada kaligrafi di dindingnya.

WP_002789
Masjid Agung Jawa Tengah

Ada payung yang siap mengepakkan sayapnya untuk memperbesar kapasitasnya. Katanya sih mampu nampung 5000 jamaah lebih lho. Super sekali.

WP_002793
Menara dengan pose terindah

Trek terakhir yaitu di simpang lima. Aku sangat menantikan tempat ini. Aku kira tempat ini sangat wah. Tapi sore ini udara panas. Dan tidak ada acara apapun. Sudah dibilang panitia kalau disana tidak ada apa apa. Dan aku tidak percaya itu. Aku meminta panitia lewat sini. Panitia sempat menolak tapi lebih berpihak pada peserta rupanya.

WP_002806
Simpang lima semarang, view dari masjid darussalam

Dan semua peserta akhirnya kecewa. Karena disana memang hanya ada alun alun, lapangan luas, dan jalan setapak. Tak ada apa apa. Ternyata simpang lima akan keren ketika malam hari. Lain kali kalau ada waktu kesana lagi ah. Pengen tau indahnya malam di simpang lima.

Dan akhirnya aku harus pulang. 8 jam di bus dari terboyo hingga bungurasih.

WP_002809
Senja di kepulanganku menuju tanah perantauan, Surabaya

See you next trip.

Advertisements

2 thoughts on “One Day Trip in Semarang Town

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s