Menghadapi Kotak-Kotak Kehidupan

Menghadapi Kotak-Kotak Kehidupan

Hidup. Berbicara tentang hidup memang tak akan pernah habisnya. Dan aku suka menguaknya rahasia di balik kehidupan sedikit demi sedikit. Seiring kehidupanku yang berjalan, aku semakin mengerti apa itu hidup, seberapa penting, dan untuk apa hidup itu.

Dalam menjalani hidup, hari demi hari, aktivitas keseharian tak terasa sudah dilalui. Kadang manusia juga lupa, apa yang sedang dilakukan. Untuk apa kegiatan itu dilakukan. Seperti lupa. Mabuk ditelan aktivitas keseharian yang melalaikan. Hanya mengikuti arus kehidupan, tanpa pikir dulu manfaatnya apa.

Dalam sehari, selalu ada hal beda yang dilakukan. Misalnya sebagai pelajar, pagi hari pergi ke sekolah, siang hari tidur, sore hari bermain, petang belajar, dan malam hari tidur. Hidup yang terkotak kotak dalam rangkaian perjalanan hidup. Rutinitas tersebut terkadang membuat pekerjaan dilakukan ala kadarnya. Atas dasar kebiasaan saja.

Kotak kotak perjalanan hidup dapat dilihat dengan jelas. Terdapat pembatas yang terang benderang terlihat. Batas itu berupa waktu dan perpindahan peristiwa satu menuju dua. Hal ini tak dapat dipungkiri akan terjadi di setiap orang. Pasalnya tak mungkin ada manusia yang mengerjakan satu hal saja dalam hidupnya. Tentu ada panas, hujan, dingin, berawan, dan bahkan mendung badai besar.

Permasalahannya adalah kita kadang tak menyadari akan hal yang membuat kita terlena. Apa itu? Menggabungkan dua pikiran dalam satu momen. Misal ketika kita makan, kita kepikiran putus sama pacar. Ketika belajar, malah kepikiran pacar lagi ngapain. Ketika sholat, malah kepikiran kunci hilang. Pikiran kita tak bisa fokus, dan konsentrasi pada satu hal. Ini yang membuat hidup tak produktif. Kita tak akan dapat dua duanya. Belajar nggak dapet ilmu, sama pacar juga malah semakin panas, tak membaik, sia sia lah semuanya.. Andai kita bisa fokus, kalau makan ya makan, belajar ya belajjar yang sungguh sungguh, kalau sholat ya berdoa pada Allah saja, pasti kita mendapat predikat maksimal dalam aktivitas tersebut. Hasil yang didapat pun akan memuaskan. Sesuai yang diharapkan. Useful.

So, dalam melakukan apapun aktivitasnya, usahakan konsentrasi penuh, fokus, sorot tujuannya, raih manfaat yang maksimal setelahnya.

Semangat! Semoga bermanfaat for better life, and bright future!

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s