Bagaimana Aku Menemukan Ide yang Brilian?

Bagaimana Aku Menemukan Ide yang Brilian?

Akhir-akhir ini banyak temanku yang tanyakan bagaimana aku mendapatkan sebuah gagasan yang luar biasa diluar kerangka pikir kebanyakan orang. Mereka ribut, berebut, dan saling sahut menyahut memaksaku menjelaskan secara rinci step by step terangkainya ide yang brilian. Bahkan, mereka pun merayu rayu, seolah olah penjelasanku ini merupakan resep makanan ala koki masak restoran bintang lima atau juga resep Kentucky, McD, dan Ayam Bakar Mas Mono yang rahasia pembuatan produknya dicari cari banyak orang itu.

Actually, aku tak sehebat yang kalian pikirkan. Aku hanya menyederhanakan segala kekompleksan memori, pemikiran, juga pikiranku dalam otak. Dalam proses berpikir, aku selalu berpikir keras memutar otak bagaimana penjelasan termudah yang dapat dipahami orang lain. Latar belakang kulakukannya cara ini adalah kesulitanku menyampaikan pendapat ditengah forum baik ilmiah, penting, sampai yang ringan.

Penjelasan mengenai penggalian ide yang baik itu sebenarnya sangat rumit dan didasari oleh banyak teknik ataupun cara berpikir tergantung pada individu masing masing. Namun, terdapat benang merah yang pasti dilalui oleh seorang yang ingin berinovasi dalam segala hal tak terkecuali. Secara sederhana, keyword prosedur step by step adalah sebagai berikut:

  1. Search the problems

Cari masalah! Bukan buat masalah! Patut ditanamkan dalam otak sejak dini jauh sebelum kamu ingin menemukan ide brilian. Ini menyangkut kebergunaan idemu nanti, buat apa mencari cari ide baru yang brilian kalau nantinya masalah yang diatasi tidak urgent sama sekali. Teknisnya, buka jendela dunia, berselancarlah di dunia informasi, lihat sekitarmu, keluarlah, rasakan sendiri masalah yang hadir di tengah tengah masyarakat, serta ikutilah perasaanmu melihat masalah yang benar benar ada dan membuat kekacauan besar itu.

Easy keyword: existing problem, not yet solved problem, urgent, feel the problem impact

  1. List and sort

Setelah kamu tahu masalah yang ada baik di dalam dirimu, lingkungan sekitar, masyarakat, maupun dunia luar, kini saatnya membuat daftar masalah dari semua yang telah engkau temukan. Daftarlah masalah masalah itu dalam bentuk draft. Kemudian saring masalah yang sekiranya kamu berkapasitas untuk mengatasinya. Ingat! Jangan memaksakan diri menyelsaikan semua masalah yang kamu list! Solusi yang muncul akan berada dipuncak kedigdayaan dan puncak dari segala solusi yang ada ketika ditangani oleh orang yang benar mastering in.

Keyword: list the draft, choose relevant project

  1. Find existing solution

Langkah selanjutnya cari dan temukan solusi yang telah ada. Solusi yang sudah ditawarkan orang untuk mengatasi masalah tersebut. Pelajari secara mendalam dan mendetail agar mengetahui secara kaffah teknik penyelsaian masalahnya menyangkut kelebihan dan kekurangannya. Setiap solusi pasti mengandung dua unsur tersebut. Jadi selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menutupi, menambal, memperbaiki kekurangan dari solusi yang telah ada.

Keyword: maintenance the existing solution

  1. Solve it by your own solution

Langkah terakhir adalah perumusan gagasanmu sendiri. Ini adalah tahap akhir sekaligus penentuan kemunculan ide yang brilian. Mudahnya, yang harus kamu lakukan adalah mencari solusi yang tak terlintas bagi kebannyakan orang, cari udang dibalik batu, cari juga barang apa saja yang ada dibalikpapan, cari semut dibalik meja, cari kunci yang hilang ditempat yang sama sekali tak terjamah sebelumnya, atau kamu juga bisa mengambil alternatif modifikasi solusi yang sudah ada dengan improvisasi ala gayamu sendiri, dengan bahasamu sendiri, dengan inovasi tambalan atas kekurangan solusi yang sudah ada, dan tentu saja ada hal yang paling mudah dilakukan yaitu menggabungkan kelebihan dari solusi solusi yang sudah ada dimana yang diambil hanyalah kelebihannya saja dengan harapan tingkat kelebihan semakin meningkat serta tingkat kekurangannya semakin turun atau mengurangi bagian dari solusi yang sudah ada dan dimodifikasi ulang sesuai dengan karaktermu. Dan masih banyak lagi teknik yang dapat digunakan untuk memunculkan ide brilian itu.

Take more tips here.

Keyword: secret thing behind the thing technique, modification method, and combining concept

Mereka terlihat antusias sekali menggali pengetahuanku dalam bidang kepenulisan yang memerlukan kreativitas mengolah, memutar, dan memadukan yang sudah ada menjadi sebuah inovasi besar.

Grab it to your note. Write the keyword. Learn and understand slowly. The most important thing is applying it by your own art to produce your best maximum idea quality. Finally, wish useful for you, aamiin.

Catatan seorang pemikir yang dalam, sedalam samudra.

Advertisements

2 thoughts on “Bagaimana Aku Menemukan Ide yang Brilian?

    1. Menurut ane pribadi ya beda banget. Mencari berarti anda berusaha mengetahui masalah apa saja yang ada. Membuat berarti anda menambah atau bahasa kerennya itu create yang artinya menciptakan masalah. Jadi secara gampangnya itu mencari masalah itu menelaah masalah masalah yang memang sebelumnya sudah ada, dan jika membuat masalah itu kita menciptakan masalah baru yang sebelumnya belum ada. Sudah jelas kan? 🙂

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s