Satu lagi cara melunakkan hati

Satu lagi cara melunakkan hati

Apa sih hati yang lunak itu? Apa hatinya sedang luluh, sakit hingga meleleh. Atau yang seperti apa?

Sebetulnya aku menyebut hati yang lunak itu sebagai bentuk tersirat, bukan sebernanya. Hati lunak itu hati yang mudah tersentuh dengan sekitar. Perasaannya mudah mencair seiring dengan kondisi lingkungan yang memburuk, mennyedihkan, atau menyentuh. Bukan berarti mudah galau. Keuntungan hati yang demikian adalah seseorang akan mudah menyerap ilmu, menerima kebenaran, dan menimba pelajaran tanpa kenal lelah. Bahkan sangking sukanya berbaur dengan kebaikan, orang berhati lunak ini menolak melakukan keburukan. Dan yang paling dinanti nanti pada saat hati seperti ini adalah tersipunya diri ini tertunduk dihadapan Allah ketika orang lain sedang sibuk dengan hidupnya, dia menangis karena takut pada Sang Pencipta Alam Semesta.

Bagaimana, ingin hatimu lunak pula atau memilih memiliki hati yang keras, jiwa yang kasar, emosi yang melunjak lunjak, meletup seperti bom yang siap dipicu untuk meledak? Tentu ingin lunak kan hati ini?

Dan hari ini, aku temukan lagi cara melunakkan. Alhamdulillah ku syukuri hari yang indah ini sebagai pemberian Allah padaku. Inspirasi ini sepenuhnya atas kehendak Allah, aku yakin itu. Dan tugasku adalah untuk tetap mempertahankan kebiasaan baik ini dan menyampaikan pada orang lain.

Bangunlah sepagi mungkin, sholat malam dahulu dan berdzikir mengingat Allah hingga waktu shubuh tiba, kemudian membaca al-qur’an hingga matahari menampakkan wajah cerahnya, dan selanjutnya keluarlah, hiruplah udara segar, rasakan embun pagi, tetes daun hijau, dan bekerjalah, kerjakan tugas rumah, tugas kuliah, atau bersih bersih, dan yang berikutnya sarapan pagi secukupnya, minum yang hangat, susu sangat dianjurkan, setelah itu mandi dan berangkatlah melakukan aktivitas sehari hari.

Rasakan bedanya, bangun pagi hari dan beraktivitas positif akan membuat harimu lebih cerah, berwarna dan terpaut akan kebaikan, mudah melakukan amar makruf dan nahi mungkar.

Baca juga: Kenali hati yang keras

Semoga bermanfaat.

Advertisements

2 thoughts on “Satu lagi cara melunakkan hati

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s