Motto Belajar: Sedikit Usaha, Hasil Maksimal

Kewajiban seorang pelajar itu hanya belajar. Belajar belajar, dan terus belajar. Belajar apapun itu. Belajar ilmu pengetahuan, belajar tentang kecenderungan sesuatu, belajar arti hidup dengan segala interaksi di dalamnya, belajar menempatkan diri dalam masyarakat, dan banyak lagi yang lain. Belajar memang membutuhkan pengorbanan berupa usaha, waktu, dan tak jarang pula keringat. Semua pengorbanan itu tak lain untuk membuahkan hasil yang diharapkan. Itulah inti dari proses pembelajaran.

Biasanya, para pelajar sering kali menggunakan kata motivasi (red: motto) dalam proses belajarnya. Sebagai pelajar, tentu saja aku juga memiliki motto belajar. Entah muncul dari mana motto belajarku ini, ‘sedikit usaha hasil maksimal’. Tak hanya cocok untuk berdagang aja motto seperti ini. Efektif dan efisien mungkin menjadi keyword yang paling cocok untuk menyederhanakannya.

Efektif

Belajar dilakukan dengan banyak cara, seperti: membaca, mendengar, menelaah, mengkaji ulang, meneliti, menyoroti, dsb. Tentu saja dalam penggalian informasi dan ilmu dibalik pelajaran diharapkan dapat semua terserap otak. Apa guna belajar tanpa mengerti apa yang dipelajari? Seperti misalnya membaca materi kuliah sudah 2 jam tapi tidak mengerti apa yang dibacanya tadi. Useless. Efektif disini sangat perlu. Belajar itu harus memiliki efek atau berdampak dari sebelum dan sesudah belajar. Jadi, ketahuilah cara belajar yang tepat untukmu agar dalam proses belajar, kamu tidak menyia nyiakan waktu yang ada untuk memahami sepatah dua patah ilmu.

Efisien

Belajar itu tak perlu banyak waktu. Berlama lama dalam sebuah materi belajar hingga materi pelajaran lain terabaikan karenanya adalah hal yang tidak diinginkan, bukan? Memang terkadang dalam belajar perlu penyesuaian, menghabiskan waktu dengan belajar itu secara intensif, dan berulang ulang. Tetapi apakah tidak ingin waktu itu habis tak terlalu lama dengan hasil yang sama bahkan lebih baik. Itulah efisien. Efisien waktu. Dengan waktu yang lebih singkat tapi hasilnya tetap baik atau bahkan lebih baik.

Ups, ini rahasia kesuksesan dibalik semua yang aku dapatkan selama aku berkecimpung dalam dunia pendidikan. Semoga bermanfaat. Belajar itu harus efektif dan efisien whatever motto you have.

Semangat belajar.

Kuliah kuliah, besok ujian #eh

Advertisements

6 thoughts on “Motto Belajar: Sedikit Usaha, Hasil Maksimal

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s