Beban Berat di Pundak Anak yang Diramalkan

Beban Berat di Pundak Anak yang Diramalkan

Setiap kali pulang kerumah selalu ada perasaan berat dipundakku ini. Aku selalu mendapat pesan dari saudara-saudaraku:

Le, kamu jangan lupa dengan kami ya, yang mengasuhmu dulu, yang membersihkan kotoranmu kala kau masih tak mengerti, yang memberiku makan tanpa ku perintah, yang membahagiakan masa kecilku, yang memberiku pelajaran hidup tiada tandingan meskipun kau bukan lulusan S3, yang paling bingung ketika aku sedang sakit dan menangis, dan semua kasih sayang yang kau dapat dari kami. Jangan lupa kalau sukses nanti, berikan sedikit yang kau punya pada kami yang kau tau sendiri susahnya bagaimana menyambung hidup di keseharian yanng tak pasti ini.

Huh aku selalu bersyukur pada Allah telah memberikanku kecukupan. Aku tahu aku tak mudah puas selalu ada hasrat untuk tambah hidupku terlalu mewah dibandingkan saudaraku yang lain. Aku merinding selalu mendengarkan kata itu. ku renungkan dalam dalam, apa yang sudah aku lakukan untuk mereka ya? Jawabku dalam hati tak ada. Tak ada sedikitpun. Kau tahu fidh? Yang kau berikan hanya kesulitan dan beban hidupmu pada mereka.

Aku tak tahu jawaban pasti dari pertanyaanku ini, apakah kau tak tahu seberapa sulit menghasilkan uang 10.000 dikehidupan saudara saudaraku? Apakah kau tak sadar bahwa akulah penambah beban hidup mereka?

Memang aku sadari keluarga besarku sedang menuai krisis keuangan dimana mana, ada saudaraku yang hanya berjualan cilot, ada penambal ban, guru, honorer, karyawan, dan serampungan saja pengangguran. Entahlah bagaimana mereka menyambung hidup. Dan aku sebagai satu satunya anak yang dikuliahkan jauh jauh ke negeri seberang, aku harus bisa dan tekadku sudah bulat untuk meng-iyakan bahwa akulah yang akan meningkatkan tingkat ekonomi mereka, akulah yang akan menyejahterakan mereka, secepat cepatnya aku harus bisa menghasilkan uang untuk membahagiakan mereka dengan uang yang kualirkan pada saudara saudaraku. Aku yakin akulah orang yang diramalkan oleh jiraya sensei, shinobi yang akan mengubah dunia di serial komik naruto. Ya aku yakin aku bisa.

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s