Pabrik Kayu Kaji Seng, Lumajang

Kepulanganku sudah dekat. Bukan pulang ke Rahmatullah, tapi pulang ke negeri perantauan dimana yang harus aku lakukan adalah makan sendiri, mandi sendiri, tidur sendiri, dan belajar semauku sendiri. Semua serba mandiri.

Tapi bukan itu yang ingin aku ceritakan. Kepulanganku kali ini begitu berkesan ditengah selimut debu perbaikan jalan, aku dan ayahku menuju terminal yang berjarak 20 Km dari rumahku. Sampai di persimpangan jalan aku akhirnya berbelok menuju pabrik Kaji seng.

WP_003068
Kebetulan ada truk masuk gerbang pabrik

Kaji Seng? Pasti orang lumajang taulah ya siapa dia. Bukan haji yang rupanya mirip Seng loh ya? Ahahah Pemilik pabri kayu terbesar di Lumajang. Tapi ketenarannya sudah mulai luntur seiring meningkatnya pamor usaha Pasir Pak Halim. Entah siapa juga itu, pemilik usaha pasir tersukses di Lumajang yang merusak alam Lumajang.

WP_003069
Jalan menuju keluar pabrik

Inilah potret kaji seng. Pabriknya besar dan memanjang. Dan pintu masuknya yang dijaga ketat oleh satpam. Terpampang jelas asas dari perusahaan ini yang menginginkan karyawan disiplin. Tertempel semboyan penggenjot semangat di tembok pabriknya.

Baca juga Perjalananku menuju kota perantauan selanjutnya

Pengamen yang itulagi

Senja di bus Banyuwangi-Surabaya

Advertisements

7 thoughts on “Pabrik Kayu Kaji Seng, Lumajang

  1. yalah,spa yg d’ th ma kaji Seng?.untuk membantu perekonomian didaerah lumajang,sebaiknya kaji Seng membuat pabrik lg tp dibidang pengolahan kayu menjadi bahan kertas.dengan begitu akan byk pengangguran yg tertolong.hidup kali Seng!MERDEKA!

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s