External Engine: Pelajaran dari matakuliah termodinamika universitas

Di waktu luang, sela liburan panjang, aku teringat pada salah satu mata kuliah yaitu Pesawat Tenaga dan Termodinamika. Mata kuliah tersebut mengajarkanku tentang hidup. Entah kenapa ingatan ini terbesit dalam fatamorgana warna liburanku saat ini. Yang jelas, pelajarannya seperti berikut:

Dalam siklus mesin yang mengubah energi menjadi energi lain yang lebih mudah dimanfaatkan bagi umat manusia, terdapat sebuah hal yang menarik. Mesin pembangkit listrik contohnya. Ada kala mesin tersebut malah membutuhkan energi listrik untuk menjalankan siklusnya. Loh kok mesin pembangkit listrik malah butuh listrik? Iya contoh kongkretnya adalah mesin pembangkit listrik tenaga uap. Turbin uap ini membutuhkan listrik untuk memberikan energi dalam bentuk tekanan ke saturated water. Setelah itu masih pula butuh energi panas yang biasanya dari batu bara. Ini tidak masalah. Asalkan hasilnya lebih besar daripada input yang diberikan. Nah, hasil dari pemanasan saturated water bertekanan tinggi ini adalah superheated water yang memiliki energi sangat besar untuk membutar turbin. Ya, Syarat mutlaknya adalah keuntungan untuk hasilkan energi yang sangat besar meskipun harus dikurangi dengan input energi tersebut. Yang jelas secara hitungan hasilnya jauh lebih banyak daripada inputnya.

Dari sedikit penjelasanku diatas, aku harap kalian mengerti bahasanya. Ulasan tersebut sudah aku buat semudah mungkin untuk dimengerti semua taraf pendidikan.

Lantas, apa kaitannya dengan ilmu tentang hidup.?

Tentu saja, tidaklah apa kita berkorban untuk sesuatu hingga terkesan rugi manakala kita melakukannya. Namun perlu dicamkan baik baik bahwa rugi itu terkadang perlu untuk menuju titik paling berhasil dalam hidup kita. Jadi jangan pernah merasa mengeluh ketika mengusahakan sesuatu, jangan berkecil hati, jangan bersedih akan datangnya waktu yang tak pernah membuatmu santai! Karena semua itu perlu kau lakukan, kau investasikan untuk keberhasilanmu di masa mendatang yang menakjubkan.

Karena itu pula, ambil resiko terbesarmu, karena resiko berbanding lurus dengan pencapaian yang akan kamu dapat.

Ketika kamu tak berani dengan tantangan, memilih pada zona nyaman dan aman serta terhindar dari resiko maka apa yang kamu dapat ya keamanan itu bukan pencapaian tertinggi.

Layaknya pengusaha yang akan memulai usaha, akan berhutang dengan nilai yang besar. Karena investasi awal akan berpengaruh terhadap jalan kedepan perusahaan yang kamu rintis.

Tapi, jangan lupakan persiapan ya! Nanti cuma ambil resiko tapi tak punyai persiapan sama sekali. Sama saja ikut perang tak membawa senjata, mati sia sia di tengah jalan. Tak ingin yang demikian kan?

Let’s take a risk!

Semoga dapat membangkitkan semangatmu tuk gapai cita citamu kelak.

Baca juga tentang matakuliah kehidupan lain

Have a nice try!

Advertisements

One thought on “External Engine: Pelajaran dari matakuliah termodinamika universitas

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s