Kebakaran di Pasar Tempeh Hari Ini

Pasar baru tempeh terlalap si jago merah, Minggu (17/8). Api muncul pertama kali pukul 20.00 malam dan diduga berasal dari salah satu toko di jantung pasar yang menjadi pusat jual beli di Kecamatan Tempeh ini. Hanya 10 menit berselang, api sudah sangat besar menjalar ke toko lain. Api sangat mudah meluas akibat bahan bakar minyak pada ruko yang kebanyakan warung makan dan menjual barang yang mudah terbakar.

DSCN0903Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Lumajang diturunkan untuk mengatasi ganasnya api. Sayangnya, ketidaksiapan dan keterbatasan kapasitas air menyebabkan lamanya proses pemadaman titik titik api. Setidaknya selama 30 menit sudah tiga kali pengisian ulang air. 1 buah unit pemadam kebakaran dari salah satu perusahaan terbesar di kabupaten Lumajang, PMK Mustikatama Group, ikut serta memadamkan api. Itupun masih kesulitan memadamkan api yang semakin cepat membakar toko di sekitarnya.

Hingga kini, sekitar 20 ruko yang terbakar. Dari tengah pasar yaitu toko buah hingga toko daging sapi murni dan barisan belakang toko toko tersebut. Api di 10 baris ruko bagian paling depan pasar sudah dapat dijinakkan oleh tim pemadam kebakaran 60 menit dari awal munculnya api. Hingga pukul 21.00 WIB. Bagian belakang ruko masih dalam proses pemadaman dan mungkin butuh waktu yang agak lama karena mobil pemadam kebakaran tidak bisa menjangkau lokasi dalam pasar. Sulitnya medan memperlambat proses pemadaman.

DSCN0905Pemilik ruko terlihat emosi dalam hal ini karena kerja tim pemadam kebakaran dan polisi sangat lambat. Warga juga panik. Pemilik toko yang barangnya masih bisa diamankan berusaha secepatnya mengevakuasi barang mereka sendiri. Pasar yang semula sepi, kini ramai pengunjung yang sekedar ingin melihat dan menjepret gambar di kamera ponsel mereka. Rakyat sekitar berbondong bondong melihat TKP. Pengunjung yang mendekat pada titik api memancing emosi para pemilik ruko yang merasa mereka hanya merepotkan saja, tak membantu, malah foto sana dan foto sini.

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s