Ukiran Jejak

Day 2

”Allahu Akbar Allahu Akbar”, suara adzan berkumandang di Jantung Kota Malang. Suaranya menggema hingga seluruh penjuru kota yang sepi ditinggal tidur pemiliknya. Aku berkedip-kedip mengumpulkan nyawa untuk berjalan ke masjid. Tubuh menggigil karena udara dingin. Air wudhu meresap hingga ke tulang belulang. Sungguh dingin sekali air disana kala itu. Jama’ah sholat shubuh di masjid besar ini sangatlah banyak. Senang rasanya sholat bersama mereka yang sedang berjihad menaklukan setan pagi itu.

Matahari 6 Agustus 2014 menyingsing tanpa aku gubris lagi. Aku kelelahan dan mengantuk. Tidur lagi di pos polisi hingga tak terasa fajar merah sudah tak lagi aku lihat. Ternyata kota ini sudah padat manusia yang sibuk dengan kegiatannya masing masing. Beginilah hiruk pikuk Kota Malang saat jam kerja.

DSCN0298
Let’s go!

Aku langsung cabut untuk mengelilingi kota yang terkenal dengan buah apel dan wisatanya ini. Niat hati tuk mengunjungi salah satu wisata di Malang. Namun, apa daya tangan tak sampai. Hari sudah siang aku hanya bisa mengunjungi universitas terbesarnya UM dan UB saja. Sarapanku dengan soto babon belakang ITN Malang. Langganan sejak SMA dulu.

DSCN0308
Soto Babon ITN Malang

Aku menjadi pusat perhatian karena berkeliling di dalam wilayah kampus dengan gaya ala bikepacker. Dandananku memang kumal, seperti bukan seorang akademisi kampus. Tapi ku kukuhkan hatiku untuk menjamah lebih dekat kampus terbaik di Malang itu. Rindang memang. Tak seperti di kampusku yang panas habis, disini udaranya sejuk dan airnya dingin.

DSCN0300
Universitas Negeri Malang

Sempat terbesit,”andai aku kuliah disini, pasti aku akan nyaman belajar”.

”Huh tak bolehlah harusnya aku berbicara seperti itu”

DSCN0320
Universitas Brawijaya

Dingin pepohonan kawasan kampus tak banyak mengobati panas dalam yang aku alami ini. Aku tak ingin kehilangan momen. Aku keluar dari kampus dan memilih berkeliling kota. Ternyata berkeliling kota sungguh membosankan. Aku tak tahan berlama lama panas, macet, dan polusi. Lampu merah kota sibuk ini sudah banyak membuatku jengkel.

DSCN0325
Suhat, jalan menuju terminal Arjosari

Aku putuskan untuk segera ke Surabaya sekarang juga. Aku ke surabaya untuk mengambil alat outdoorku. Aku ingin segera keluar kota dan menikmati alam liar lagi. Hasrat ini mencuat dan meletup letup dalam pikiran.

Aku berbegas ke terminal terdekat sekaligus terbesar di Malang, Terminal Arjosari. Ku tinggalkan kota ini dan berharap kutemukan segera suasana alam liar. Ku tinggalkan juga sepeda dan temanku sendiri di kota yang keras ini. Aku berlari tatkala Bus Restu jurusan Surabaya mulai bergerak menjauhi terminal. Aku duduk di dalamnya merenungi kehidupan diluar jendela bus. Aku juga sangat memperhatikan medan yang akan aku lewati keesokan hari. Ini sangat penting untuk kelancaran perjalanan esok hari.

Tak lebih dari 8 jam aku habiskan waktuku dalam perjalanan PP Malang-Surabaya. Aku hampiri temanku yang sepertinya sudah bosan juga menunggu. Malam gelap, aku masih diliputi pertanyaan demi pertanyaan, ’dimana mau tidur?’. Ini adalah tantangan tersendiri bagi kaum musafir. Selalu sulit untuk kebutuhan primer seperti tidur, makan, dan sandang.

DSCN0341
Malam di SPBU

Temanku mengajakku tidur di pom yang tak jauh dari kota malang. Malam aku habiskan untuk bersenda gurau dan bermain catur dengan teman seperjalananku. Hoaam.. ngantuk juga. Lelah tubuh ini seusai perjalanan jauh tadi. 22.00 aku menutup mata di rest area SPBU dekat terminal.

Bersambung..

Advertisements

3 thoughts on “Ukiran Jejak

    1. Wah terima kasih lho mbak sudah mampir dimari. Salam kenal juga dari Lumajang. Polinema keren ^_^ Oiya, Kalau ke Lumajang jangan lupa mampir, Lumajang mengisahkan banyak keindahan alam yang tak kalah sama malang lho, masih asri dan alami semua.

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s