Tour de Eastern Java Ring

Alhamdulillah, tuk kesekian kalinya perjalanan pengembaraanku di negeri timur berjalan dengan lancar. Perjuangan, pengorbanan, dan kesabaran tercurahkan dalam setiap kucuran keringat. Kayuhan pedal menjadi energi pemacu sepeda buntut. Jejak ban sepeda menjadi saksi bisu keganasan jalan yang begitu terjal. Simfoni alam yang indah dibarengi dengan bunyi ’kriek kriek’ sepeda tua menjadi alunan pengantar perjalanan panjang ini.

Pelajaran demi pembelajaran hidup kudapati disini, di alam liar ini. Berjalan melintasi wilayah paling luar pulau jawa, hutan, bukit dan kaki gunung memberikan pengalaman berharga. Bertemu orang baru, tetangga baru, teman baru, warga sekitar, teman lama, turis asing akan berujung pada semakin panjangnya tali silaturahmi. Rangkaian cita, asa, angan yang menjadi kenyataan tak akan manis tanpa pahitnya perjalanan, medan rusak, jalur potong kompas yang meliuk liuk menanjak, dan juga kesenjangan antara rencana dan kenyataan.

Sesuai dengan judul tulisan, judul perjalanan ini bernama Tour de Eastern Java Ring. Perjalanan yang menyadur kata Tour de yang berarti perjalanan menuju tempat tujuan tertentu yang juga tour yang dihadiri oleh pesepeda elite tingkat dunia di Perancis, Eastern yang berarti bagian timur suatu wilayah, Java adalah tanah jawa, dan Ring berarti cincin yang bundar tak pejal. Sehingga Tour de Eastern Java Ring merupakan perjalanan musafir seorang diri melintasi lingkar timur pulau Jawa dan Kawah Ijen sebagai tujuan utama, melewati 4 Kabupaten, yaitu: Lumajang, Jember, Banyuwangi, dan Bondowoso sejauh 380 Km dengan waktu tempuh bersih 27 jam selama 5 hari, 30 Agustus hingga 3 September 2014.

DSCN12183

Ada saat dimana dirimu butuh waktu untuk sendiri, mengenal siapa dirimu, dan mengendalikan emosi serta hawa nafsu yang kamu punya. Itulah pintu menuju pribadi pemimpin dalam hidup berdampingan dengan sesama manusia. – haf quote

Tak lupa ucapan terima kasih sebesar besarnya pada Allah, Segala puji bagi-Mu, Ya Rabb, yang telah menciptakan keindahan alam yang sangking indahnya tak akan cukup deskribsi tentangnya, keselamatan selama perjalanan, dan memberikan kelancaran dalam setiap urusan. Salam spesial untuk sahabat gila, terima kasih telah menampung dan merawatku selama masa transisi di Jember. Teruntuk kolega kuliahku yang rela bersusah payah mengurusi aku yang serba merepotkan ini, maaf. Tetangga baru yang ramah, baik, dan menyenangkan, kalian memang teman baru yang sangat baik, terima kasih banyak atas makanan, mobil, penerangan, dan semuanya. Aku salut pada kalian. Dan semua orang, petugas KSDA, petugas kehutanan, penjaga pintu masuk, para guide, para turis spesial for you Lacey and Brett, I want to meet you again, someday, semua orang yang aku temui di jalan, tanpa kalian perjalanan ini tak mungkin aku selesaikan seorang diri, pun ketika aku sukses melakukannya, perjalanan ini akan sangat hambar rasanya. Karena kalian semua adalah pelangi perjalananku.

Dan serangkaian liburan Tour de Eastern Java Ring terbagi atas cerita bersambung berikut:

Etape 1: Terlambat

Etape 2: Gumitir yang Melintir-lintir

Etape 3: Tour de Ijen

Etape 4: Bayang Semu

Etape 5: Kegamangan Jalan

Selamat menikmati.

Jika kamu ingin menggapai impianmu, hal yang harus kamu lakukan adalah melangkah menuju tujuan itu. Cepat atau lambat impianmu kan terwujud. – haf quote

If you want to reach your dream, term you must do is walking to your aim, sSow or fast, your dream will come true. – haf quote

Sepenggal kata itulah yang aku rangkai saat perjalanan ini aku lakukan. Semoga mencerahkan dan berbagialah, bersyukurlah, bersenanglah karena kasih sayang Allah pada kita hingga kini tak pernah terputus sedikitpun. Yakinlah itu. Kau bisa bernafas dan membaca tulisan yang berantakan ini pun adalah bentuk uraian kasih sayang Allah pada kita.

Have a nice reading, and

See you next trip.

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s