Kenapa Sebaiknya Anda Naik Angkutan Umum

Bismillah,

Kita tentu tidak asing dengan namanya angkutan umum. Dari desa hingga tingkat elit perkotaan ramai lalu lalang angkutan umum. Angkutan umum beserta awaknya siap mengantarkan penumpang yang sedang melakukan aktivitas pada jarak pendek, menengah, hingga jauh. Cocok untuk menghemat waktu. Biayanya pun cukup terjangkau.

75PolusiLaluLintas-SH-DonPeter

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita mau sedikit bersabar menahan ego, mengorbankan sedikit tenaga, dan menahan nafsu keegoisan untuk mengendarai kendaraan pribadi.

  1. Nyaman untuk istirahat

Angkutan umum memang didesain untuk kenyamanan para penumpangnya. Penumpang angkutan umum bisa bersantai ria di dalam kendaraan. Terutama untuk perjalanan jarak jauh, kita bisa istirahat, makan, tidur, dan merebahkan tubuh diatas kursi tanpa repot fokus pada perjalanan. Tak perlu berlelah lelah mengendarai kendaraan pribadi, panas, dingin, angin, lalu lintas yang padat, dan bensin. Kita tinggal bayar saja angkot, kita sudah dapat full service. Dan bahkan lebih baik dari plan yang kita lakukan saat berkendara pribadi. Berangkat naik istirahat, tiba-tiba sudah sampai di tempat tujuan. Easy banget deh pokoknya.

  1. Resiko kecelakaan akibat lelah dan kantuk semakin kecil

Apapun yang terjadi kita serahkan pada Allah. Supir dan kru yang bertugas termasuk kondektur dan kernet bertanggung jawab terhadap keselamatan kita. Asalkan kita, penumpang, tak berbuat yang aneh aneh, insyaAllah tak akan ada apa-apa.

Kita pun tak perlu takut lelah, kantuk, dan letih layaknya mengendarai kendaraan pribadi. Resiko kecelakaan semakin besar. Supir tentu memiliki energi lebih prima karena sudah sesuai jadwal dan direncanakan secara matang oleh pihak P.O perusahaan angkotnya. Kita tinggal menikmati perjalanan. Lebih bisa berinteraksi dengan rekan penumpang, atau penumpang lain, dan pemandangan sekitar. Kalau naik mobil sendiri kan nggak boleh ngobrol, terlalu menoleh terus terusan menikmati pemandangan, sangat beresiko kecelakaan.

  1. Harga yang lebih murah

Lebih murah karena beban pembiayaan transportasi akan dibagi per banyak penumpang. Daripada naik sepeda motor sendiri, bensin akan kita tanggung sendiri bukan?

  1. Menghemat bahan bakar fosil

Harga lebih murah karena bahan bakarnya tak terlalu banyak diperlukan. So, dengan naik angkot, kita juga ikutan memperlambat laju krisis energi. Ikut melestarikan bahan bakar fosil. Ikutan aksi go green.

  1. Mengurangi polusi udara

Nah yang satu ini sudah tentu adanya. Polusi udara akan semakin ganas terasa akibat knalpot kendaraan bermesin berbahan bakar fosil yang secara masif mengeluarkan polusi udara berupa gas COx, NOx, dan SOx yang merusak lingkungan. Gas tersebut dapat merusak ozon pelindung bumi dari sinar ultraviolet matahari, melindungi kita dari hujan asam.

  1. Mengurangi penyebab macet

Semakin hari, manusia berlomba lomba membeli kendaraan bermotor. Terlalu banyak uang. Gengsi. Akibatnya mobil dan motor membanjiri jalan. Macet pun tak terelakkan lagi. Jalan-jalan sudah tak lagi mampu menampung laju kendaraan yang masif ini.

  1. Kalau beruntung bisa ketemu jodoh

Nah yang ini yang dai dulu saya impikan. Kapan ya terwujud. Sampai sekarang hingga tahun ketiga berkecimpung dalam dunia angkot masih saja belum ketemu sama si dia.

Tetapi bukan itu sih yang penting. Kadang rekan, teman, dan sahabat akan ditemukan disana melalui perkenalana yang kebetulan. Kebetulan di atas angkot lebih ’nyata’ akan berdampak pada terciptanya pertemanan bukan yang seperti ada di media sosial dimana perkenalan hanya sebatas chatting saja. Ya kan?

Hanya saja, transportasi publik di Indonesia masih rendah kualitasnya. Misalnya:

  1. Was was terhadap aksi kejahatan di angkutan umum
  2. Berdesak desakan di dalam kendaraan hingga overload
  3. Kondisi kendaraan yang tidak layak pakai
  4. Kumuh, panas, dan tak nyaman
  5. Pedagang, pengamen, anak jalanan, dan pengemis naik angkutan
  6. Tarif tak menentu
  7. Supir ugal ugalan di jalan

Namun, terlepas dari ketakutan tersebut, manfaat yang akan kita dapatkan jauh lebih banyak kok. Seiring bertambahnya umur Negeri ini, pelayanan angkot semakin baik kok. Optimis dan mulai membiasakan diri naik angkot. Better life!

Advertisements

Kritik, saran, dan masukan anda sangat berharga bagi kami

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s